#DiIndonesiaAja-Berwisata di Pacitan Siap Berburu Kuliner Khas Daerahnya.

Kuliner khas pacitan

Saat berwisata di kota Pacitan kalian bisa berburu kuliner khasnya. Saat berlibur ditempat wisatanya kalian bisa membeli makanan khas daerah pacitan yang memiliki cita rasa khas lokal yang wajib kalian cicipi. Adanya banyak sekali jenis makanan atau jajanan yang bisa kalian temukan saat berlibur di Pacitan ini.

Tentunya makanan itu sangat enak dan lezat meskipun makanan lokal. Nah, bagi kamu yang berkunjung ke kota Pacitan kalian wajib mencoba 5 makanan khas daerah Pacitan ini!

Advertisement

1. Sego thiwul

Daerah pacitan kaya akan sumber pangannya terutama umbi-umbian. Dari hasil umbi itu masyarakat mengolahnya menjadi makanan pokok yang menjadi makanan khas daerah Pacitan. Makanan itu adalah sego thiwul.

Sego thiwul adalah makanan yang terbuat dari gaplek atau ketela pohon yang telah dikeringkan. Sego thiwul biasanya disajikan dengan urap, sambal dan juga ikan. Wah, pasti kenikmatannya tiada tara Sohip. Jadi jangan lupa beli sego thiwul kalau kalian berkunjung ke Pacitan.

Advertisement

2. Tahu tuna

Kalau kamu berkunjung ke Pacitan kamu wajib membeli oleh-oleh khas Pacitan yang bernama tahu tuna. Tahu tuna hampir mirip dengan tahu bakso hanya saja pada tahu tuna diisi dengan daging ikan tuna giling. Nah, tahu tuna ini juga tersedia dalam bentuk beku jadi kita bisa membelinya untuk diolah kembali setelah pulang dari liburan di Pacitan.

3. Sale pisang anggur

Sale pisang anggur

Sale pisang anggur via https://halopacitan.com

Daerah pacitan memiliki buah pisang yang melimpah karena kondisi alamnya yang cocok untuk pertumbuhan buah ini. Salah satu olahan dari buah pisang yang terkenal adalah sale pisang. Sale pisang terbuat dari buah pisang yang dikeringkan tanpa bahan pengawet namun sale pisang ini bisa bertahan lama.

Sale pisang di Pacitan dikemas dengan menarik mulai dari kemasan biasa sampai kemasan berbentuk anggur yang menambah keunikan sale pisang ini. Sale pisang sudah menjadi oleh-oleh yang banyak digemari oleh orang yang berkunjung ke Pacitan.

Advertisement

4. Kolong klethik

Kolong klethik

Kolong klethik via https://beritamadani.co.id

Kolong klethik adalah jajanan khas Pacitan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Jajanan ini bisa kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Pacitan. Tekstur kolong klethik yang renyah dengan cita rasa yang gurih sangat cocok untuk dijadikan camilan saat berkumpul bersama keluarga atau saat bersantai.

5. Sego godhong jati

Sego godhong jati

Sego godhong jati via https://kulinerkota.com

Sego godong jati yang dalam bahasa Indonesia berarti nasi daun jati adalah makanan yang saat ini menjadi makanan yang banyak diburu di kota pacitan. Biasanya sego godong jati ini berisi nasi, urap, tumis tempe serta lauk pauk seperti ikan asin dan peyek. Cita rasa yang berbeda dari makanan ini adalah aroma khas dari daun jati yang begitu menggugah selera. Nah, kamu wajib mencoba sensasi makan dari daun jati ini.

Nah, itu dia 5 makanan khas pacitan yang bisa kamu cicipi atau pun kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Pacitan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo,namaku rizki indah pertiwi. Aku hobi masak dan juga menulis.

CLOSE