Saat ini, sarapan sering disepelekan oleh sebagian besar orang. Apalagi kamu yang sering bangun kesiangan, pasti akan langsung berangkat sekolah, kuliah, ataupun kerja tanpa sempat sarapan. Dan lama-kelamaan kebiasaan kamu yang tidak sarapan ini membuat tubuhmu lemas, tidak konsentrasi saat belajar, bahkan malas untuk bekerja.

Perlu kamu ketahui bahwa sarapan merupakan sumber energi pertama setelah semalaman tubuh tertidur. Saat tidur, tubuh mengalami penurunan darah sehingga tubuh pun terasa lemas saat bangun. Oleh karena itu,agar tubuhmu tetap sehat jangan lupa untuk sarapan sebelum jam 9 pagi. Tetapi ingat ya sarapan tidak perlu makanan yang berat-berat.

1. Telur Rebus yang Kaya akan Selenium dan Protein

Telur Rebus

Telur Rebus via https://www.pexels.com

Telur mengandung banyak zat kimia yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah "Selenium". Selenium inilah zat yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Jadi, telur rebus good buat dijadikan sumber energi di pagi harimu.

Advertisement

Selain itu, zat kimia yang sudah jelas kita tahu yaitu bahwa telur kaya akan protein sehingga protein yang dibutuhkan kulit kita akan terpenuhi. Dan dengan terpenuhinya protein kulit, kulit pun tidak akan mudah keriput.

2. Talas Kukus Pengganti Nasi

Umbi-umbian

Umbi-umbian via https://www.google.com

Talas mengandung 108 kkal kalori; 1,4 gram protein; 25 gram karbohidrat; dan 0,4 gram lemak untuk setiap 100 gramnya. Kandungan ini cukup mencukupi untuk kebutuhan sarapan pengganti nasi kita. Rasanya yang gurih tentu juga akan menambah nafsu makan kita di pagi hari, apa lagi harganya pas di kantong, cocok sekali lah.

Advertisement

Hanya saja kita perlu benar-benar bersih mencucinya sebelum direbus agar lidah tidak gatal saat menyantapnya.

3. Buah Pepaya yang Menyegarkan

Pepaya kaya akan vitamin

Pepaya kaya akan vitamin via https://www.pexels.com

Seperti yang kita ketahui, pepaya memang sering diselipkan pada menu diet. Pepaya memang kaya akan vitamin dan mineral, kawan, sehingga dapat membantu tubuh kita untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Apalagi bila dikonsumsi di pagi hari, pepaya yang kaya akan memperlancar BAB kita serta menjaga agar teratur.

4. Hijaunya Brokoli di Pagi Hari

Broccoli Smoothie

Broccoli Smoothie via https://www.pexels.com

Apakah teman-teman merasa haus ketika bangun di pagi hari? AAtau merasa ingin buang air kecil? Atau mungkin pandangan menjadi kabur? Hal tersebut memang wajar dialami saat bangun pagi karena kadar gula darah kita yang tinggi.Gula ini berasal dari makanan yang kita konsumsi di malam hari.

Tapi tenang, gula darah ini dapat distabilkan dengan mengonsumsi sayuran yang mengandung serat, salah satunya yaitu brokoli. Brokoli ini dapat kita jadikan teman dengan lauk lain, misal telur rebus tadi. Bisa juga membuatnya menjadi jus atau smoothie.

5. Campuran Madu dan Air Hangat

Perpaduan Madu dan Air Hangat

Perpaduan Madu dan Air Hangat via https://www.pexels.com

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memberi tubuh asupan yang sehat. Salah satu minuman yang disarankan untuk teman sarapan yaitu air madu hangat. Mengapa diminum dengan air hangat? Karena agar lebih cepat dicerna oleh perut kita.

Apakah teman-teman tahu? Gula yang terkandung dalam madu murni merupakan gula asli sehingga teman tidak perlu khawatir. Asupan gula alami ini malahan dapat menjadikan tubuh lebih budar dan berenergi. Selain itu, dengan ditambahkannya air hangat, maka tubuh akan lebih banyak terhidrasi sehingga aliran darah ke otak menjadi lancar jaya. Yuk, konsumsi madu air di pagi hari!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya