Bekerja memang sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, entah dia Hidup Untuk Bekerja atau Bekerja Untuk Hidup. Setiap pekerjaan yang dilakukan pastilah membawa dampak atau hasil dari kehidupan orang itu sendiri, baik pada segi ekonomi, sosial, maupun penampilan orang tersebut. Seperti yang aku ketahui, dunia pekerjaan itu terbagi dalam dua posisi, yaitu pencipta (bos) atau pekerja (karyawan).

Dalam Artikel kali ini aku akan mengupas dua sisi hal tersebut secara sederhananya, terutama dalam aspek ekonomi dan sosial. Saat memasuki dalam dunia kerja seringkali kita dengar istilah tanggal tua - tanggal muda, itu adalah gambaran akan kondisi keuangan seorang karyawan. Saat tanggal muda (tgl.1-15) adalah saat masih bisa menikmati uang gajian yang masih tersisa banyak. Sedangkan saat menjelang akhir bulan/atau tanggal tua (tgl.16-30) kondisi keuangan terkadang dalam masa kritis di mana uang mulai menipis. Namun Terkadang hal tersebut jarang sekali terjadi pada seorang yang memiliki wirausaha atau pekerjaan sampingan yang dikelola sendiri.

1. Meski memerlukan banyak uang untuk modal, pada akhirnya uang itu akan kembali

Modal itu perlu via http://kahaba.net

Seringkali dalam memulai usaha sebuah pribahasa yang berbunyi ‘Berak​it-rakit ke hulu berenang-renag ketepian, bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian’ menjadi prinsip utama. Seiring berjalannya waktu pengorabanan di awal akan terbayarkan dengan penghasilan yang didapatkan.

2. Setiap Hari Dapat Pemasukan, meski itu tak sebanyak gaji bulanan

Pengasilan harian via http://kabarupdate.com

Inilah sisi yang menguntungkan saat jadi pengusaha, setiap hari akan selalu dapat pemasukan meski itu jumlahnya tak seberapa. Namun terkadang ada juga saat kondisi tidak mendukung, dalam satu hari tak dapat pemasukan sama sekali. Namanya juga usaha, bisa saja berjalan lancar dan perlu juga bersabar.

3. Semangat Kerjamu, menentukan pengasilanmu

Advertisement

Jika sudah terjun menjadi seorang pengusaha, tinggi rendahnya kerja kerasmu untuk mengembangkan usaha tersebut akan berpengaruh pada hasil yang kamu dapatkan. Misalnya dalam usaha jual beli makanan atau pakaian, semakin sering dan rajin menawarkan barang dagangan semakin besar pula kemungkinan meningkatkan penjualan.

4. Tanpa kamu sadari, kamu bisa menabung setiap hari

Ngmpulin uang jangan lupa via http://www.bayuwin.com

Untuk yang satu ini cocok sekali menggunakan peribahasa yang berbunyi ‘sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit’, tanpa aku jelaskan kamu pasti sudah tau artinya. Penghasilan yang kamu dapatkan setiap harinya akan memberi kesempatan untuk mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. Karena pada dasarnya setiap hari kamu tidak perlu terlalu keluar banyak uang, kecuali kamu boros untuk kepentingan usaha itu sendiri.

5. Kadar kebahagiaan dan kesejahteraan hidupmu akan meningkat

Jangan lupa bahagia via http://teguh-mario.blogspot.co.id

Bagaimana tidak, hampir setiap hari dompetmu akan terus terisi tanpa khawatir lagi yang namanya tanggal tua. Saat teman-temanmu yang mungkin masih jadi karyawan dan mengeluhkan krisis keuangan di tanggal tua, kamu masih bisa santai dan bahkan masih belanja. Hmmm, mengasikkan bukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya