Mungkin berawal dari pepatah kuno, “tidak ada rotan, akar pun jadi”, inilah yang menjadikan beberapa orang secara tidak langsung mengizinkan penggunaan hal yang tidak seharusnya justru malah menjadi lumrah. Sebagai contoh adalah Toilet Paper atau Tisu Toilet sebagai pengganti tisu napkin atau bahkan tisu untuk wajah.

Padahal kalau ditelisik lebih jauh, ada beberapa efek yang bisa ditimbulkan meski tingkat bahayanya masih rendah. Penasaran apa saja?

1. Tahukah kamu kalau jenis tisu ini nggak bisa menyerap minyak dengan sempurna? Yang ada, muka atau kulitmu akan jadi sarang kuman setelahnya

Tisu Untuk Wajah

Tisu Untuk Wajah via https://doktersehat.com

Tujuan utama dari tisu untuk makan adalah tisu yang efektif untuk membersihkan sisa makanan terutama makanan- makanan berminyak. Beda dengan tisu toilet yang dirancang untuk dipakai sedikit saja karena lebih menyerap air di banding minyak.

2. Maudah hancur jika terkena air dan meninggalkan residu di kulit, terutama kulit wajah. Imbasnya, kamu bisa iritasi karenanya

Tisu Toilet

Tisu Toilet via http://www.inc.com

Advertisement

Tisu toilet dirancang agar hancur saat terkena air, karena bertujuan agar ketika dibuang melalui saluran air tidak menyebabkan mampet. hal ini yang tidak cocok dengan penggunaan di tempat makan.

Mungkin kita pernah ketika membersihkan mulut, keringat, atau tumpahan air minum di meja menggunakan tisu toilet dan akhirnya tisu toilet menjadi hancur kan?

3. Memakan banyak waktu dan kurang efisien kalau untuk perawatan sehari-hari

Tisu di tempat makan

Tisu di tempat makan via http://www.kompasiana.com

Tisu wajah seperti sudah memiliki porsi dalam setiap pemakaian. Kita bisa mengambil satu per satu tanpa harus khawatir terambil sekaligus banyak. Tetapi berbeda pula dengan tisu toilet yang harus kita sobek dahulu. Ribet kan?

Advertisement

Jadi, tisu jenis ini sangat nggak fleksibel kalau kamu gunakan untuk perawatan wajah sehari-hari.

4. Permukaannya yang kasar bisa menimbulkan luka atau iritasi jangka panjang buat kulit. Yaelah, kan udah dibilang ini bukan buat kulit apalagi kulit muka 🙁

Tisu toilet menangis

Tisu toilet menangis via http://pccvets.com

Kita semua sudah tahu bahwa kuliat muka merupakan bagian kulit yang lebih sensitif dibandingkan dengan kulit di area lain. Contohnya saja seperti sabun untuk tubuh dan untuk muka memiliki kandungan yang berbeda agar tidak merusak kulit wajah.

Sama halnya seperti tisu. Tisu toilet bisa dikatakan tidak ramah untuk area wajah terutama untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif dan dapat menyebabkan alergi bahkan hingga terluka, lho.

5. Tahu nggak sih kalau tisu toilet itu terbuat dari bahan-bahan daur ulang? Yes, masih mau pakai ini buat kulit halusmu?

daur ulang

daur ulang via https://www.carigold.com

Dari beberapa sumber mengatakan bahwa terdapat tisu toilet atau toilet paper yang menggunakan bahan daur ulang. Hal ini dapat menjelaskan poin sebelumnya bahwa tisu toilet tidak ramah untuk kulit wajah.

Jadi sebagai saran, mungkin kita dapat membawa tisu sendiri saat mendapati tempat makan yang masih menggunakan tisu toilet, ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya