Fengshui, Patokan Orang Tionghoa yang Sebenarnya Membahas Luck or Misfortune?

Siapa di sini yang sering sekali mengulik Fengshui?

Fengshui banyak dipercayai masyarakat Tionghua terutama pada saat ingin membangun rumah. Beberapa Fengshui dipercaya dapat membawa rezeki, membawa hoki yang melimpah, dan menjauhkan dari malapetaka dan hal-hal negatif lainnya. Walaupun terdengar seperti mitos, tidak ada salahnya mencoba menerapkan Fengshui dalam rumah yang ingin dibangun.

Advertisement

1. Arah Hadap Rumah

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://id.pinterest.com

Arah hadap rumah terbaik menurut Fengshui adalah menghadap Selatan karena membelakangi gunung dan menghadap ke perairan. Rumah yang menghadap perairan dipercaya dapat membawa keberuntungan seperti aliran air yang selalu mengalir – rejeki yang selalu mengalir. Hal yang lebih simple dapat menggunakan air mancur dan diletakkan di bagian depan seperti ruang tamu atau dekat pintu utama.

2. Pintu Utama

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via http://id.pinterest.com

Pintu utama sebagai akses untuk masuk ke dalam rumah didesain dengan posisi membuka ke dalam karena energi positif atau Qi dapat masuk. Ukuran dari pintu juga harus proposional dengan rumah yang dibangun.

Advertisement

Perlu diperhatikan, pintu belakang sebaiknya juga tidak berhadapan langsung dengan pintu utama agar Qi atau energi positif sempat mengitari rumah, tidak langsung keluar melalui pintu belakang. Selain itu, pintu kamar mandi juga tidak boleh langsung mengarah ke pintu utama karena membawa energi yang buruk.

3. Peletakkan Tangga

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via http://id.pinterest.com

Tangga sebaiknya tidak menghadap pada arah pintu utama karena dipercayai rejeki yang dimiliki dapat mengalir keluar. Hindari peletakan pada tengah ruangan karena tidak akan menjadi seimbang.

4. Dapur

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via http://id.pinterest.com

Dapur dipercayai menjadi pusat kemakmuran dalam rumah, sebaiknya jangan diletakkan berhadapan atau berdekatan dengan kamar mandi. Secara logika peletakan kamar mandi yang dekat dengan dapur akan memberikan aroma-aroma tidak sedap yang sangat bertolak belakang dengan makanan, secara fengshui dengan adanya kamar mandi yang berhadapan dapat menyerap energi positif yang berada di dapur. Jangan meletakkan dapur di area tengah ruangan karena dapat mempengaruhi mood penghuni rumah.

Advertisement

5. Hindari Peletakan Rumah di Persimpangan T

Photo by Pinterest

Photo by Pinterest via https://id.pinterest.com

Biasa dikatakan dengan istilah “rumah tusuk sate” adalah peletakan rumah yang terletak di simpangan T pada jalan. Dipercaya bahwa peletakan rumah ini dapat terkena energi negatif dari arah yang berlawanan dan mempengaruhi energi setiap orang yang ada di dalamnya. Energi negatif tersebut dalam jangka panjang juga bisa mempengaruhi kondisi hubungan antar keluarga dan membuat situasi menjadi memburuk. Maka dari itu kebanyakan orang yang percaya fengshui tidak ingin membeli rumah yang terletak tusuk sate.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo! Namaku Felicia Monica, mahasiswi jurusan Desain Interior di Universitas Kristen Petra Surabaya. Saya lahir di Surabaya, 15 Juni 2000. Saya menyukai kesenian terutama bidang desain karena menurut saya kesenian melatih kreativitas dalam diri saya.

CLOSE