Animo masyarakat sudah mulai tumbuh untuk menyambut hari penting dalam sejarah bangsa ini. Yaps hari kemerdekaan kita tepatnya, yang akan jatuh pada Rabu tanggal 17 Agustus yang akan menghampiri kita beberapa hari lagi. Untuk kamu para pekerja yang dahulu pernah mengikuti lomba 17-an pada masa kanak-kanak. Ternyata dibalik lomba yang sederhana seperti itu. Tersimpan filosofi-filosofi menarik didalamnya yang berguna dalam dunia kerja kita. Berikut ulasannya

1. Lomba Memindahkan Kelereng dengan Sendok

lomba balap kelereng via https://www.google.co.id

Lomba yang satu ini adalah sebuah lomba yang mengandalkan. Keseimbangan, kecepatan dan juga fokus yang luar biasa. Dan bila ketiga aspek itu tidak kita dapatkan sudah tentu kita akan kalah dalam permainannya. Entah itu kelereng yang kita bawa terjatuh atau kita finish di urutan belakang. Dan dalam dunia kerja, terutama dalam mencari lowongan kerja. Kita membutuhkan sebuah keseimbangan agar tidak goyah, keseimbangan yang seperti apa? Keseimbangan yang dimaksud kali ini ialah seimbangnya kemampuan yang kita miliki dengan pekerjaan yang kita ingini. Keduanya harus berbanding lurus dan sejajar. Bila hal seperti itu tidak mampu kita penuhi maka sudah dapat dipastikan pekerjaan yang kita ingini itu akan semakin sulit untuk kita dapati.

Nah selanjutnya ialah kecepatan. Bila kamu bergerak terlalu lamban dalam mengambil keputusan, maka kamu akan mudah tersalip dan tertinggal oleh kandidat lainnya yang menginginkan posisi yang serupa. Kamu juga membutuhkan sebuah fokus dalam mencari kerja. Karena bila kamu tidak fokus pada sebuah tujuan yang kamu ingin segerakan dalam mencapainya. Maka kamu akan goyah dan lambat dalam mencapainya. Karena bila kamu menginginkan sebuah pekerjaan/profesi. Kamu harus fokus dalam mencapainya. Seperti mempersiapkan sesuatu yang dibutuhkan hingga meningkatkan kualitas diri agar langkahmu tidak melenceng dari jalur yang seharusnya.

2. Lomba Makan Kerupuk

Lomba Makan Kerupuk via https://www.google.co.id

Advertisement

Lomba yang satu ini cukup unik. Karena kamu harus memakan kerupuk yang menggantung di depan kepalamu ini tanpa menggunakan kedua tangan. Tapi jangan salah, lomba yang satu ini mempunyai filosofi yang menarik loh untuk kamu para pencari nafkah. Bila kita melihat lomba ini. Seseorang harus terlebih dahulu untuk memakan kerupuk yang menggantung di angkasa. Ini menandakan kamu harus bangun terlebih dahulu dan meninggalkan zona nyamanmu untuk memenangkan persaingan di dunia kerja yang semakin meningkat setiap harinya. Lalu tanganmu juga harus dalam keadaan terikat saat memakannya. Ini juga memiliki arti yang cukup berguna untukmu kedepannya. Karena lebih dari sekedar tangan. Kamu juga harus memanfaatkan segala hal yang tersedia. Dan menuntutmu tetap beraksi walau berbagai macam halangan dan rintangan sering kali menghampiri.

Dalam lomba ini juga ada unsur kecepatan. Bila kamu menghabiskan kerupuk mu namun ada orang lain yang terlebih dahulu darimu. Maka kamu juga tidak akan jadi juara bukan? Karena itu kamu juga dituntut untuk memakannya lebih cepat. Dan di dalam dunia kerja, kamu juga harus memiliki kecepatan dalam bertindak. Kamu tidak boleh setengah-setengah dalam melangkah. Ambil dan habiskanlah semua peluang yang ada didepan mata dan jadilah juara di antara pekerja lainnya.

3. Tarik Tambang

Tarik Tambang via https://www.google.co.id

Dalam lomba ini, kekuatan bukanlah menjadi satu-satunya alasan untuk menang. Kamu juga harus bekerja sama dan dalam ritme yang serentak untuk memenangkan lomba. Dalam dunia kerja, kerja sama adalah salah satu aspek yang mampu membuatmu sukses kedepannya. Dengan koordinasi yang baik dan juga saling menutupi kekurangan antara satu dengan yang lain. Maka kesuksesan sebuah perusahaan bukanlah sekedar mimpi. Karena kerja itu juga butuh rekan untuk saling melengkapi dan juga saling memperbaiki kekurangan yang ada.

4. Lomba menangkap belut

Lomba menangkap belut via https://www.google.co.id

Cabang lomba ini memang sedikit agak sulit bagi seseorang yang belum mengetahui trik dan cara yang tepat untuk menangkap hewan licin yang sekilas mirip ular ini. Seperti dalam bekerja, kita juga harus tahu tips dan trik yang tepat dalam menyelesaikan masalah pekerjaan yang kita miliki. Jangan asal bekerja, karena bekerja dengan efektif adalah salah satu cara agar dapat mengerjakan sesuatu dengan cepat dan tepat

5. Panjat pinang

Panjat pinang via https://www.google.co.id

Wah untuk lomba yang satu ini pasti kebanyakan orang sudah mengetahui apa saja yang terjadi dan harus dilakukan untuk mendapatkan hadiah yang menggantung diatas batang pinang yang menjulang tinggi itu. Kita harus siap menghadapi tubuh kita akan kotor nantinya dan harus tetap bangkit tidak peduli berapa kali gagal, bahkan ada yang bekerja sama dalam mengerjakannya.

Seperti itu pula hasil yang ingin kita raih dalam pekerjaan kita, kita harus siap bangkit, tidak peduli beerapa kali kita jatuh untuk menggapai hasil yang ingin kita gapai itu. Bahkan terkadang kita tidak sendiri. Akan selalu ada rekan yang siap membantu kita dalam menjalani hari-hari yang penuh perjuangan itu agar dapat menikmati hasil dari keberhasilan yang indah nantinya.

Sedikitnya , lomba-lomba diatas telah mengajarkan kita tentang beberapa aspek yang dapat dibutuhkan kita di masa yang akan datang. Untuk menjadi seorang pekerja yang baik serta mampu untuk diandalkan pastinya.