Nama kerap akrab ditelinga sebagai puding, makanan penutup yang manis dan segar dinikmati seringkali dalam acara pernikahan sahabat kita adalah custard, hidangan yang berasal dari Romawi -- dalam perkembangannya seolah menyatu menjadi puding. Dulu puding berbahan dasar sosis yang terasa gurih dan legit. Sesuai arti namanya "puding" berarti "sosis darah".

Berikut beberapa jenisnya yang tentu segar dan simpel untuk kamu coba bikin di rumah menemani senggangmu. Yuk intip!

1. Puding Kelapa Muda

www.google.com

www.google.com via https://www.google.com

Kamu bisa dong merasakan kesegaran suwir-suwir kelapa muda melewati panasnya kerongkonganmu? Apalagi kalau buah itu dijadikan puding, uwuwuwuwu!

Cara untuk membuat puding Kelapa Muda sederhana, tinggal memasukan bahan-bahan campuran puding: gula dan air kelapa muda, ke dalam air yang tercampur puding instan lalu rebus. Setelah matang (wangi) angkat dari api kompor. Campurkan daging kelapa muda dan diamkan di dalam kulkas hingga mengenyal. Puding siap dinikmati.

2. Puding Manuk Nom

kuliner.panduanwisata.id

kuliner.panduanwisata.id via http://kuliner.panduanwisata.id

Advertisement

Dessert satu ini merupakan makanan penutup khas Keraton Yogyakarta, yang sudah dinikmati oleh Sri Sultan Hamengkubuwono ke – VII tahun 1877.

Cara membuatnya cukup mudah dengan mencampurkan seluruh bahan: telur (yang sudah dikocok), gula, garam, susu kental manis, vanila, serta ketan hijau ke dalam wadah di atas perapian bergejolak sedang, lalu aduk merata hingga matang. Setelah matang diamkan sekitar 20 menit, puding pun siap tersaji.

Tentu makanan tradisional ini terjamin kesehatannya karena puding tanpa menggunakan bahan instan yang belum tentu tahu asal-muasal pembuatannya.

3. Puding Coklat Lava

merahputih.com

merahputih.com via https://merahputih.com

Advertisement

Puding ini tengah naik daun, kita bisa menemukannya di kafe-kafe kota. Untuk resep homemade ada cara pembuatan yang enggak ribet, kita bisa buat dua adonan untuk puding dan lava-nya.

  • Untuk lava: gula, telur, susu, ekstrak vanila, tepung jagung, dengan takaran secukupnya, lalu didihkan.
  • Untuk puding: gula, telur, susu, puding instan, coklat bubuk, aduk dan didihkan juga hingga mengental.

Puding ditaruh di wadah cekung tak penuh, setelah mengenyal timpal dengan bahan lava, dan tutup dengan adonan puding lagi. Maka puding Coklat Lava siap meletus.

4. Puding Green Tea

30seconds.com

30seconds.com via https://30seconds.com

Puding ini cara bikinnya paling simpel, produk green tea instan sesuai kualitas pilihan dapat langsung kita direbus dengan air hingga mendidih dan langsung bisa disajikan. Bisa ditambah topping buah-buahan untuk menambah kesegaran pada rasa. Dapat juga ditambah lumeran krim produk apa saja sesuai kualitas pilihan kita seperti krim rasa coklat atau vanila atau pakai susu kental manis.

5. Puding Buah

www.google.com

www.google.com via https://www.google.com

Untuk membuat puding buahmu, dapat pakai buah yang menyeimbangi rasa bahan pudingnya. Apabila rasa bahan puding lebih hambar, dapat menggunakan buah yang lebih manis, atau asam yang lebih kuat untuk menambah cita rasa. Apabila rasa bahan puding lebih manis, dapat ditambah rasa berbeda juga untuk menambah cita rasa.

Cara pembuatan sama dengan mencampurkan buah pada produk instan puding yang telah mendidih. Untuk lebih berwarna buah dapat bervariasi dipotong dadu kecil-kecil tanpa harus berlebihan. Atau kamu dapat mencampur sisa es buah yang kurang selera lagi dengan puding dengan tanpa perlu takaran gula lagi.

Selamat mencoba dan cek produk puding kepercayaan masing-masing 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya