Hidup di perantauan dan tuntutan kuliah di luar kota yang jauh dari rumah, apalagi bagi mahasiswa baru yang belum bisa mengelola uang dengan bijak. Namun jangan salah jurus ini juga bisa berlaku bagi seluruh mahasiswa karena bagi mahasiswa tua hal ini bisa digunakan untuk membiayai tugas-tugas yang membutuhkan biaya besar. Dengan jurus ini keperluan mendadak pun juga bisa terhendel dengan mudah.

Langsung saja simak jurus-jurus sederhana yang bisa menyelamatkan hidup kamu di akhir bulan.

1. Jangan terlalu boros di awal bulan

hidup hemat via http://laperbro.com

Tinggalkan kebiasaan hidup bermewah-mewahan di awal bulan dan hidup menderita di akhir bulan. Apalagi sampai mengutang dengan teman. Tinggalkan kebiasaan ini lebih baik hidup sederhana dan menghemat pengeluaran di awal bulan agar bisa cukup di akhir bulan. Tinggalkan juga sikap hedonisme bagi mahasiswa. Karena dengan sikap ini pengeluaran kita menjadi lebih banyak dan boros. Ada falsafah baru yang cocok buat orang-orang yang seperti ini “kenapa harus makan di MCD jika makan di warteg pun kenyang”.

2. Mulailah dengan menabung dari uang bulanan

Advertisement

Jurus inilah yang sangat penting dilakukan karena kita hidup jauh dari orang tua dan tidak ada yang mengatur keuangan kita sehingga uang cepat habis karena sifat manusia yang selalu kurang puas yang sudah kita miliki. Jika kita tidak bisa mengelola tabungan yang jadi satu dengan rekening kebutuhan harian kita, cara membuat rekening baru untuk khusus tabungan bisa kalian dicoba.

Bisa juga dengan memakai celengan ayam, koin demi koin bisa dikumpulkan dan lama-kelamaan menjadi banyak. Jurus ini wajib kalian coba!

3. Sering-seringlah cari wifi gratis

Internet adalah salah satu hal pokok yang dibutuhkan oleh setiap orang, apalagi mahasiswa dan didukung dengan pola perilaku manusia saat ini yang cenderung tidakbisa hidup tanpa gadget.

Advertisement

Maka dari itu, untuk menekan biaya kalian dalam membeli kuota internet sering-seringlah kalian mencari tempat umum yang menyediakan wifi gratis. Misalkan di kampus, rumah makan, mini market, perpustakaan, dll. Tugas kalian kelar tanpa menghabiskan uang buat beli kuota.

4. Buatlah skala prioritas dalam membeli barang

skala prioritas via http://bisnisukm.com

Selain internet, kebutuhan pribadi hidup sehari-hari pun juga diperlukan bagi anak kos. Bagi kalian para mahasiswa yang kos, dilema antara membeli kebutuhan pribadi untuk hidup atau biaya untuk tugas sering terjadi. Maka kalian harus membuat skala prioritas dalam membeli barang.

5. Jangan merokok

Hal inilah salah satu factor yang bikin kalian boros. Khususnya bagi kaum adam, karena di kalangan mahasiswa terdapat paham jika tidak merokok tidak keren. Namun paham itu sangatlah salah, karena merokok bisa menyebabkan banyak penyakit dan dompet menangis, namun mahasiswa sekarang tidak memikirkan akan hal itu, yang dipikirkan hanyalah enaknya sekarang.

So, kalian mahasiswa kaum adam mulailah tinggalkan kebiasaan merokok ini dan mulailah hidup sehat karena kesehatan itu mahal.

6. Menggunakan aplikasi pengelola uang

Dengan kehidupan mahasiswa saat ini yang tidak terlepaskan dari gadget maka cara ini wajib dicoba juga oleh kalian. Karena dengan aplikasi money manager ini kita bisa mencatat apa saja pengeluaran kita sehari-hari dan dapat memperkirakan pengeluaran keuangan kita dalam satu hari.

Aplikasi sejenis ini sangat mudah didapatkan karena tinggal download dari gadget kalian dan free. Jadi tidak menambah beban kalian tetapi malah membantu kalian untuk hidup dengan pengeluaran keuangan yang sehat.

Demikian tadi adalah jurus jitu untuk mengelola keuangan bagi mahasiswa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya