Menurut kebanyakan orang, masa PDKT biasanya lebih indah dibandingkan setelah pacaran. Sebab biasanya di fase ini, lelaki akan mendekati wanita dengan banyak perjuangan. Ketika lelaki sudah merasa bahwa wanita incarannya menjadi sedikit luluh, eh justru bukan hubungan jelas yang didapat. Melainkan wanita incaran malah mendadak diam.

Kalau sudah begini, lelaki akan menanyakan sebabnya apa.
Tetapi, wanita tidak akan menjawab apa-apa selain mengacuhkan dengan banyak pertanyaan.

Di sisi lain, lelaki akan merasa “Nyebelin banget sih, dia. Maunya apa?”
Daripada kalian emosi dan buru-buru mengambil keputusan untuk, “Sudahlah, aku cari yang lain saja.”

Mungkin lelaki bisa simak beberapa alasan di balik diamnya wanita agar kalian tahu sebenarnya apa sih yang sedang mereka rasakan hingga membuat kalian kelimpungan.

1. Bisa Saja Karena Dia Bingung dengan Perasaannya dan Malu untuk Mengatakannya.

Aku malu, bingung, campur aduk!

Aku malu, bingung, campur aduk! via https://google.com

Mungkin saja pendekatan yang kalian lakukan itu sebenarnya berhasil, Mas. Di tahap ini, wanita sudah merasakan kalau dia ada rasa nyaman. Dia hanya bingung harus bagaimana dan malu kalau harus terang-terangan menunjukkannya. Apalagi si lelaki belum menunjukkan langkah nyata untuk menuju tahap yang lebih serius bersamanya.

2. Mungkin Dia Mulai Nyaman dan Sedang Mencoba Meyakinkan Diri dan Hatinya.

Aku butuh waktu mikir, Mas.

Aku butuh waktu mikir, Mas. via https://google.com

Advertisement

Ketika sudah nyaman dan mulai tumbuh perasaan sayang, wanita akan mudah jatuh ke pelukan kalian. Karenanya, dia butuh waktu untuk berpikir. Benarkah perasaannya? Apakah benar sayang atau sekedar suka?

Tepatkah dia memilih kalian nantinya? Apalagi jika wanita yang kalian dekati itu pernah mempunyai masa lalu yang buruk dengan mantan atau lelaki yang pernah mendekatinya. Dia hanya tidak ingin kembali salah pilih dan berujung pada sakit hati lagi. Jadi, Mas, di sini diamnya dia adalah sedang memastikan hatinya. Itu juga demi hubungan kalian ke depannya.

Sabar, ya, ditunggu saja. Nggak akan lama kok biasanya, asal lelakinya juga bisa membuat dia terus percaya.

3. Wanita Sudah Suka tetapi Lelakinya kok Tenang saja? Gengsi Kalau Harus Memperjelas Dulu, kan?

Gengsi aku tuh!

Gengsi aku tuh! via https://google.com

Advertisement

Menurut beberapa wanita, mereka gengsi kalau harus memperjelas hubungan lebih dahulu. Gengsi kalau harus ngomong dulu. Sedangkan dalam hati, mereka ingin sekali hubungan itu bisa menjadi jelas.

Ya gimana lagi, mereka sudah terlanjur jatuh hati. Tapi, si lelaki malah tenang-tenang saja.

4. Takut Kalau Terlalu Menunjukkan Perasaan, Malah Dikira Gampangan dan Justru Diacuhkan.

Hm :(

Hm 🙁 via https://google.com

Selain gengsi, wanita tiba-tiba menjadi diam juga karena takut. Mereka takut perasaannya diketahui, padahal si lelaki mungkin cuma membaperi saja dan belum menunjukkan akan membawa dia ke arah hubungan yang jelas.

Jadi wanita akan berpikir bahwa, "Iya kalau dia suka beneran sama aku. Iya kalau dia akan serius sama aku. Kalau nggak?"

Maka, kalau memang kalian benar-benar serius. Tunjukkan kalau kalian bisa membuang jauh rasa takut si wanita dengan aksi nyata, ya. Jangan malah didiamkan juga.

5. Bisa Saja Cuma Ingin Ngasih Kamu Ujian. Sampai Seberapa Jauh Kamu akan Berjuang.

Kamu lulus nggak, ya?

Kamu lulus nggak, ya? via https://google.com

Wanita itu gampang nggak percaya sama pria. Apalagi kalau dia pernah disakiti di masa lalunya. Maka, wanita biasanya akan melakukan ujian. Jadi, tanpa dia bilang kalian harus bisa peka dan menunjukkan kepada dia bahwa kalian bisa dipercaya, Boy.

"Aku suka diemin cowok yang lagi deketi aku, cuma buat nguji dia apa bener sayang atau nggak. Apa kalau aku diemin, dia bakalan berjuang atau justru mundur?" -Ratna, 23th-

6. Mungkin Saja, Dia Lebih Memilih Menjaga Hati Hingga Nantinya Kamu Benar-benar Datang Menjemputnya.

Aku tunggu kamu, Mas.

Aku tunggu kamu, Mas. via https://google.com

Ada juga, nih, tipe wanita yang diam karena dia sedang menjaga perasaannya. Dia nggak mau jatuh hati ke orang yang salah. Dia nggak mau cintanya terlalu dalam dan akan membuatnya terluka.

Jadi yang bisa dia lakukan hanya menunggu sampai kamu bergerak dan datang menjemputnya. Bagi tipe ini, semua hanya bisa diserahkan ke Yang Maha Kuasa. Sementara dalam hati, dia berusaha percaya bahwa kamu akan datang menghampirinya. Toh, kalau jodoh juga nggak akan kemana.

7. Bisa Juga Karena Kamu (Pernah) Membuat Dia Kecewa.

Wes, pokok e aku kecewa.

Wes, pokok e aku kecewa. via https://google.com

Mungkin, sengaja atau tidak sengaja ada salah satu hal yang pernah kamu ucapkan atau lakukan yang mana itu membuat dia tidak suka. Wanita itu terlalu perasa. Ketika tidak suka, dia memilih memendam ketidaksukaannya itu.

Jadi, coba dipikirkan kembali. Apakah pernah ada yang salah dari cara kamu mendekatinya?

8. Kemungkinan Terburuk, Dia Ternyata Baru Menyadari Bahwa Tidak Ada Rasa dan Ingin Pergi Diam-diam Tanpa Menyakiti Kalian.

Maaf ya, aku pamit.

Maaf ya, aku pamit. via https://google.com

Ini yang paling menyakitkan, ternyata dia nggak suka sama kamu. Iya, kamu harus menerima kenyataan. Sebab kalau sudah urusan perasaan, kita hanya diberi dua pilihan: Melanjutkan atau Merelakan.

Kalaupun dia suka sama kamu tapi ternyata dia memilih diam dan akhirnya pergi, mungkin dia sebenarnya tahu bahwa perasaanmu kepadanya tidaklah sekuat itu dan kamu belum bisa seserius itu. Bisa juga karena dia tahu bahwa mungkin di luar sana kamu juga sedang mendekati wanita lain selain dirinya.

Intinya banyak alasan kenapa wanita yang kamu dekati mendadak diam. Kamu hanya harus lebih sabar dan peka. Berusahalah menjadi sosok yang lebih dewasa daripada dia. Kalau memang kamu benar-benar suka, tunjukkanlah keseriusan.

Jangan hanya membuatnya jatuh pada perasaan yang tidak ada kejelasan. Kalau ternyata dia yang tidak suka kepada kamu, maka kamu harus menguatkan hati untuk segera berpamitan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya