“Perempuan kok pecicilan…”
“Ribet amat sih nih cewek. Capek deh.”

Menjadi perempuan itu susah. Selain dihadapkan pada perubahan fisik, cewek juga sering jadi sasaran stereotype banyak orang. Cewek harus pake make up, katanya. Harus pake rok, harus ramah ke semua orang. Yang lebih parah, kadang suka ada anggapan kalo cewek itu lemah. Setuju? Daripada debat panjang, yuk belajar jadi cewek tangguh lewat tokoh-tokoh di film Harry Potter berikut.

1. Beruntunglah kamu yang lahir sebagai satu-satunya anak perempuan di keluarga. Jadilah mandiri seperti Ginny!

Ginevra ‘Ginny’ Weasley via http://vignette4.wikia.nocookie.net

Predikat anak bungsu biasanya lekat dengan anggapan miring seperti anak manja. Buat kamu yang pengin lepas dari omongan ini, kamu harus belajar dari Ginny.

Ginny lahir dari keluarga besar Weasley. Ia punya enam orang kakak yang semuanya laki-laki. Tapi berbeda dengan anak bungsu yang biasanya manja, Ginny justru sebaliknya. Dia perempuan yang mandiri, berpendirian dan humble. Nggak salah deh Harry jadi kepincut sama adik temennya sendiri.

2. Suka berkhayal, menyendiri, dan sering dianggap aneh oleh temen-temen? Ah, Luna Lovegood juga gitu kok.

How Wizards Do Money: Luna Lovegood via http://cdn.thebillfold.com

Advertisement

Cewek introvert biasanya punya masalah pergaulan, karena mereka lebih suka menyendiri dan hidup di dunianya sendiri. Merasa diri kamu introvert? Lihatlah Luna yang tetap punya teman meski ia dianggap aneh. Kuncinya, percaya diri dan nggak malu jadi diri sendiri.

3. Kamu cewek pintar, kutu buku, sering di perpustakaan dan kurang gaul? Santai aja, Harry Potter nggak akan survive tanpa Hermione Granger yang bookish.

Is Hermione Granger White? via http://www.slate.com

Siapa yang berani bilang Hermione itu cewek biasa? Damn, dia LUAR BIASA. Ia bisa terlihat menonjol meski selalu berada diantara dua temen cowoknya. Cewek pintar kayak Hermione emang bukan tipikal cewek populer. Bahkan banyak orang tak suka padanya. Tapi ia dibutuhkan oleh kedua sahabatnya. Bukankah itu lebih penting dari sekadar jadi populer?

4. Nggak semua orang bisa hidup dengan orang tua lengkap. Meski begitu, jangan patah semangat!

Hermione Granger’s mother via http://harrypotter.wikia.com

Hermione Granger punya orang tua yang seorang Muggle (non penyihir alias orang biasa). Dia bahkan menyihir orang tuanya dengan mantra Obliviate, supaya orang tuanya lupa semua memori tentang dirinya. Dia emang punya orang tua lengkap, tapi akhirnya ia sendiri yang meninggalkan orang tuanya.

Sementara Luna tinggal berdua dengan ayahnya. Sang ibu meninggal karena mantranya sendiri. Luna emang sedih, tapi itu nggak membuatnya patah semangat. Life must go on, right?

5. Hari gini sedih gara-gara dibully? Tunjukkin kalo kamu bisa jadi yang terbaik

Photo gallery – Draco Malfoy via http://www.imdb.com

Hermione sering banget dibully Draco Malfoy. Ledekan Malfoy tentang Hermione yang bukan penyihir berdarah murni sampai masalah gigi depan Hermione yang besar selalu bikin Hermione marah. Sedih? Enggak. Cukup lakukan yang terbaik, toh orang-orang bakal lebih menghargaimu daripada si tukang bully itu.

Itulah beberapa tokoh wanita di film Harry Potter yang bisa kamu jadikan role model. Inget, kepribadian orang itu beda-beda. Jangan ambil pusing omongan orang selama kamu nggak merugikan mereka. Be yourself, and do your best!