Pusing? Jenuh? Stress? Sampai-sampai liat tulisan "Ayam Crispy jadi Ayam Skripsi??" Ya begitu rasanya jadi mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa tingkat akhir seringkali dihadapkan pada posisi yang seakan ingin berhenti saja, banyak yang akhirnya memutuskan untuk menunda karena merasa tidak siap untuk menghadapi semester-semester akhir yang memang selalu sibuk dengan berbagai macam tugas. Apalagi kalau kalian menjadi mahasiswa juga sekaligus menjadi karyawan perusahaan pasti akan merasa bahwa 24 jam dalam 1 hari itu kurang. Kerjaan kantor numpuk deadline laporan, deadline ini itu lah, belum lagi sebagai mahasiswa tingkat akhir tugas kayaknya gembira banget nempel sama kita, tugas yang satu belum kelar eh sudah ada lagi tugas selanjutnya yang harus dikerjakan, belum lagi proposal prosiding yang harus revisi atau bahkan harus ganti judul dan mulai dari awal lagi. Hayoooo ngaku siapa yang pernah ngerasain itu? Tapi tenang, kalau kalian bisa melewatinya itu pasti bakal jadi istimewa dan spesial banget lho!

Berikut beberapa tips untuk menghadapi kegalauan nan gundah gulana sebagai mahasiswa tingkat akhir yang juga bekerja.

1. Usir Malas

semester 1 vs semester akhir via http://kittytha22.blogspot.co.id

Malas, memang musuh terbesar kita guys. Usir malas kalian dan tanamkan mindset yang kuat agar bisa lulus tepat waktu. Hilangkan kebiasaan sering menunda apapun, termasuk jangan menunda untuk menyelesaikan administrasi kampus yang belum selesai, seperti nilai yang kurang dan mata kuliah yang harus diulang dan yang paling penting jangan menunda-nunda tugas kuliah. Atur waktu kalian setidaknya 1 jam untuk baca materi perkuliahan atau browsing dan baca-baca jurnal agar ada gambaran untuk skripsi kalian, jangan malas untuk membaca ya guys karena semakin banyak kita membaca semakin banyak juga hal yang dapat kita ketahui.

2. Fokus

Jauh dari gadget? yakin bisa?! ini nih pertanyaan yang terkadang bikin kita jadi gak yakin bisa fokus atau gak. Jauh dari gadget yang dimaksud disini bukan berarti gak sama sekali pegang gadget ya gengs. Maksudnya adalah bisa memilah kapan harus pegang gadget untuk kerja atau sekadar bermain dan kapan kalian belajar, intinya adalah sesuai dengan porsi nya masing-masing.

3. Sharing

Advertisement

Sharing is caring. Jangan malu dan ragu untuk bertanya dengan rekan kerja yang sudah lulus tentang bagaimana atau tips dan teknis membuat skripsi atau bagaimana menghadapi sidang, dengan begitu kalian akan mempunyai gambaran dan pengetahuan lebih untuk menghadapi semester akhir kalian agar tidak terlalu stress.

4. Istirahat

Istirahatkan tubuh dan pikiran kalian, luangkan waktu kalian untuk istirahat yang cukup walau beberapa tugas sudah deadline, karena tanpa istirahat yang teratur dan cukup peluang kalian stress frustasi dan jenuh akan semakin besar dan bisa saja menganggu dalam proses belajar selanjutnya.

5. Pilih Metode Belajar

Mahasiswa yang punya nilai baik bukan berarti mereka yang belajarnya lama, mereka adalah orang yang mempunyai metode belajar yang baik. Perlu diingat metode ini bisa dipilih sesuai diri kalian gengs, ada yang belajar nya akan masuk ke otak jika sambil mendengarkan lagu ada juga yang akan masuk ke otak jika suasana sepi. Pilih metode belajar kalian dan sesuaikan dengan diri kalian agar lebih nyaman.

6. Doa, Niat, Semangat dan Motivasi

Bagaimana bisa menghadapi dan menyelesaikan semester akhir kalian kalau gak ada niat, semangat dan motivasi? Hal ini penting banget untuk untuk menghadapi semester akhir kalian gengs, karena kalau gak ada niat, semangat dan motivasi semua ini seakan fana tak berwujud seakan untuk apa semua ini? Yaiyalah penulis mah niat kok niat banget, buat nulis ini aja niat, gimana buat ngadepin semester akhir. Percaya saja bahwa apa yang kita kejar dan kita lakukan akan berguna untuk orang banyak nanti. Jangan lupa berdoa agar dilancarkan semua nya.

Berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian. yup sekarang ibaratnya kita lagi bersakit-sakit dahulu nih guys, untuk meraih kesenangan dan kemenangan yang kita kejar. Biarin aja kalau kita harus tidur lebih larut dari yang lain untuk mengerjakan tugas dan bangun lebih pagi dari yang lain untuk bekerja, ya namanya juga kuliah sambil kerja. Nikmati aja gengs, nanti pasti ada saatnya kita rindu dengan semua yang kita lakukan ini. Oke guys, segitu dulu tips nya semoga bermanfaat!