Bukan cuman ibu, seorang ayah juga mempunyai peran penting bagi pertumbuhan anak. Terlebih anak perempuan, karena biasanya seorang anak perempuan akan lebih disayangi oleh ayahnya. Bukan berarti ibu tidak menyayangi anak perempuannya. Dari ibu kita belajar kelembutan dan dari ayah kita belajar ketangguhan.

Ibu mengajari kita membaca, ayah mengajar kita mengendarai sepeda. Kasih ayah yang juga sepanjang masa membuat sosok ayah tak tergantikan di hati anak perempuannya. Meski sering kali sosok ayah terlihat jauh dari anak perempuannya, jika dibandingkan dengan ibu yang terasa selalu ada serta mengerti. Dan berikut yang dirasakan anak perempuan tentang berharganya ayah pada dirinya.

1. Tak hanya cinta pertama, sosok ayah bagi anak perempuannya pun menjadi satu-satunya lelaki yang tak pernah menyakiti

daddy, my first love

daddy, my first love via https://unsplash.com

Ayah adalah sosok yang memberikan rasa aman dan mampu membuat putrinya jatuh cinta dalam pelukan. Ayah, lelaki yang tangguh dan sangat mencintai anak perempuannya, dengan kelembutan ayah akan menggendong, memberi susu ataupun mengganti popok. Sampai kepada tahap ayah harus mengantar jemput ke sekolah, setelahnya harus kembali lagi ke kantor.

Advertisement

Pengorbanan dan rasa sayang membuat seorang anak perempuan mencintai ayahnya. Tak heran banyak perempuan menginginkan pendampingnya kelak seperti ayahnya.

2. Meski tak selalu ada seperti ibu, besar kasih sayang ayah pun tetap tak ada yang bisa melampauinnya

Kasih sayang ayah

Kasih sayang ayah via https://unsplash.com

Laki-laki memang terkesan gengsian termasuk ayah (karena ayah memang seorang laki-laki). Bahkan mengucap rindu pun ayah enggan. Namun saat sudah dipelukannya, akan sangat terasa bahwa kasih sayang seorang ayah tak kan tergantikan sampai kapan pun. Meski sudah lelah mencari nafkah seharian, senyuman anaknya mampu mengembalikan semangat sang ayah.

3. Ayah merupakan kehangatan bagi anak perempuan, mampu mendongeng, mengajar, bahkan mengepang rambutmu

Rengkuhan ayah

Rengkuhan ayah via https://unsplash.com

Ayah guru terbaik yang tidak akan pernah memarahi muridnya ketika salah. Bahkan kesalahannya selalu diulangi, tapi kasih sayang ayah yang sebesar samudera mampu meredam amarahnya. Ketika ibu sibuk dengan urusan dapur, ayah pun mengambil alih untuk mengajari anak perempuannya. Terkadang banyak hal konyol yang terjadi ketika sang ayah menjaga putrinya. Tapi itu akan menjadi momen kebahagiaan sang anak ketika ia dewasa dan tentu tak akan terlupakan.

4. Ayah sosok romantis dan bisa saja merasakan cemburu ketika anak gadisnya di dekati lelaki lain

Saat ayah cemburu

Saat ayah cemburu via https://unsplash.com

Advertisement

Fase remaja merupakan fase was-was seorang ayah. Mendadak bakal melarang kamu ini dan itu. Menghubungi kamu ketika kamu agak telat pulang. Rasa khawatir yang dia punya memang di luar batas, namun semua itu naluri ayah yang tak ingin anaknya tersakiti atau sedih. Bukan karena kolot atau lebay, toh ayah pun pernah muda. Jadi tolong anak perempuan harus bisa memakluminya.

5. Bagi anak perempuan, Ayah tetap raja di hati meski pangeran sudah ada di sisi

always be your little girl

always be your little girl via http://www.logancoleblog.com

Bagian ini adalah bagian yang paling mengharukan. Saat ayah harus melepas tanggung jawab terhadap anak perempuannya. Ada rasa kehilangan, cemas, namun bahagia menyaksikan acara pernikahan si kecil yang dahulu selalu minta dimanja, kini akan memulai kehidupan baru bersama lelaki lain yang akan mendampinginya seumur hidup.

Ayah menjadi sangat cengeng di momen ini. Bukan karena tak ingin berpisah, namun karena rasa haru bercampur bahagia membuat ayah akan meneteskan banyak air mata. Ayah merasa tanggung jawab atas putrinya selesai, dan berharap lelaki yang menggantikannya adalah sosok yang tepat serta mampu membahagiakannya selamanya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya