Jangan mengaku Maba Universitas Gadjah Mada 2016 kalau kalian tidak merasakan hal-hal ini

1. Pertama kali kalian diterima di UGM, perasaan kalian…

Diterima di UGM via http://2.bp.blogspot.com

30% mengaku senang.

10% mengaku biasa saja.

Sedangkan sisanya mengaku pingsan dan menangis haru ketika dinyatakan diterima di Universitas Gadjah Mada.

2. Senang di terima Perguruan TInggi terbaik se-Indonesia tahun 2016

Advertisement

ugm-peringkat-satu-di-indonesia via https://ugm.ac.id

Menurut Webometrics University Rankings, Universitas Gadjah Mada atau UGM adalah Perguruan tinggi terbaik atau peringkat 1 di Indonesia dan peringkat 724 di dunia, mengalahkan UI di peringkat 2 dan peringkat 809 di dunia, serta ITB yang berada di peringkat 3 dan peringkat 895 di dunia

3. Khusus yang diterima lewat jalur UTUL, kalian pasti bersyukur karena UKT tidak otomatis UKT 6 untuk tahun ini

3074-calon-mahasiswa-baru-diterima-di-ugm-melalui-jalur-ujian-tulis via http://ugm.ac.id

Kalian yang menunggu pengumuman UTUL UGM 2016 pasti harap-harap cemas, pasalnya UGM merupakan Universitas yang menggunakan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal, dan banyak pembicaraan yang terdengar bahwa peserta yang lolos lewat jalur UTUL akan langsung menerima ketentuan UKT 6 alias UKT paling mahal yang ada di UGM, ternyata UGM berkata lain, UKT yang diterima peserta yang lolos lewat jalur UTUL ternyata sama saja dengan peserta lain yang lolos lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN yang ditentukan lewat kalkulasi penghasilan kotor orangtua/wali.

4. Habis euforia diterima di UGM, muncul euforia baru yaitu…

PPSMB PALAPA UGM via http://akimg0.ask.fm

Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) merupakan bagian dari proses pendidikan Universitas Gadjah Mada yang berorientasi pada nilai-nilai luhur dan jati diri universitas serta mengedepankan sikap sebagai intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertutur kata dan bertindak anti kekerasan serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Kegiatan ini adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa baru UGM tahun 2016.

5. Tiba-tiba kamu kesal karena penugasan untuk PPSMB 2016 banyak banget

Jual Artibut PPSMB via https://pbs.twimg.com

Caping dicat biru

Asturo biru lima lembar

Pom-pom merah-putih

Harus mengahafal selebrasi pom-pom

Harus menghafal flashmob dan anthem PPSMB PALAPA Sinergi dalam harmoni

Beserta soal-soal yang jawabannya seabrek dan harus ditulis tangan di buku penugasan

Ribet? Banget.

Pegel? Pasti.

6. Kegiatan selanjutnya adalah mengambil jas almamater di Gelanggang Mahasiswa

Almamater UGM via https://pbs.twimg.com

disinilah kalian banyak bertemu dengan teman-teman sekampus untuk pertama kalinya, sekaligus ketemu sama kakak-kakak cantik dari KOPMA

7. Sabtunya, kalian dipertemukan dengan kelompok fakultas dan gugus universitas untuk PPSMB

mahasiswa-baru-ugm-diwajibkan-ikut-ppsmb via http://ugm.ac.id

disinilah awal pencarian jati diri dan jodoh kalian dimulai, gladi bersih PPSMB PALAPA 2016 yang banyak menampilkan bidadari magis GAMADA untuk pertama kalinya.

8. Waktu opening ceremony PPSMB PALAPA 2016, pasti kalian snapchatin aksi terjun payung dari kamenwagama

Terjun Payung PPSMB PALAPA 2016 via http://news.netmedia.co.id

Kalian para maba berani menantang matahari demi snapchatin om-om dan mba-mba yang terjun payung dari langit lapangan pancasila UGM, soalnya cuma di PPSMB PALAPA 2016 yang ada terjung payungnya, tahun-tahun sebelumnya mah, gak ada~

9. Tapi tiba-tiba agak awkward gara-gara beberapa penerjun bawa bendera sponsor

Terjun Payung PPSMB PALAPA UGM 2016 via http://cdn-2.tstatic.net

Kita ngerti kok pak kegiatan terjun payung itu mahal dan pasti disponsori, tapi…..

10. Habis terjun payung, terbit pak Ganjar Pranowo

ganjar-di-ppsmb-ugm_20160801_095004 via http://cdn-2.tstatic.net

Kalian para maba, khususnya yang asli jawa tengah pasti celingak celinguk sewaktu pak Ganjar jadi orator pembukaan PPSMB PALAPA 2016. Ya, suara gubernur jawa tengah ini memang sangat membakar semangat para Gamada yang juga sedang kepanasan dibawah sinar matahari yang menusuk tulang-tulang maba yang masih terlalu dini untuk dijemur.

11. Orasinya pak Ganjar seketika lucu gara-gara maba Filsafat

Fakultas Filsafat UGM via http://ugm.ac.id

Seketika pak Ganjar memanggil beberapa gamada 2016 ke tengah lapangan dan bertanya

Pak Ganjar: Siapa nama kamu, dan dari fakultas mana

Pisang: Saya pisang dari FAKULTAS FILSAFAT!

Pak Ganjar: Kamu sebagai mahasiswa filsafat, apa yang akan kamu lakukan untuk memajukan Indonesia?

Pisang: saya ingin membangun industri teknologi yang dapat menguasai ekonomi dunia

Dan entah mengapa tapi hampir seluruh Gamada tertawa mendengarnya.

12. Habis dijemur, kalian masuk ke kelas masing-masing untuk diberikan materi ke-UGMan

Meteri PPSMB via https://pbs.twimg.com

Begitu seterusnya sampai PPSMB hari kedua

13. Masuk hari ketiga, sebagian dari kalian tersiksa

Karena PPSMB Universitas sangat memanjakan kalian dengan snack dan makan siangnya yang enak-enak, waktu masuk ke PPSMB Fakultas, beberapa dari kalian mendapatkan bentakan, dimarahi, atau diomeli karena rambut tidak sesuai ketentuan dan tugas-tugas belum lengkap

14. Namun pengecualian bagi Fakultas Filsafat, PPSMB Fakultas yang di claim sebagai PPSMB tersantai di UGM

Hari Pertama: Duduk di auditorium-Makan-Talkshow-Pulang paling awal daripada fakultas lain

Hari Kedua: Lecture-Diskusi-Makan-Lihat stand BKM-Games-Awards-Fotofoto-Pulang

tanpa marah-marah, tanpa bentakan, tanpa aturan-aturan fisik dan penugasan yang sangat mudah, serta talkshow bareng penulis sekaligus alumni fakultas filsafat UGM, Puthut ea

15. dan Kalian gagal faham waktu dengar kalau maba Fakultas Pertanian dilarang makan gandum

Perjanjian ini memang bikin gagal faham, terutama anak-anak selain gamada fakultas pertanian, katanya sih mereka dilarang makan gandum sampai tanggal 17 Agustus nanti

16. waktu pulang di PPSMB hari ke-4 kalian pasti iri sama Sekolah Vokasi UGM yang udah bikin formasi duluan

PPSMB PERMADANI via https://www.instagram.com

ya, sekolah vokasi dengan PPSMB PERMADANI memang punya planning sendiri dalam masalah formasi, mereka membentuk formasi HUT 71 RI menggunakan kertas asturo merah dan putih, mendahului formasi PPSMB Universitas dan bikin iri anak fakultas lain yang buka-buka instagram waktu hari kamis malam

17. Waktu softskill di hari ke 5 dan 6, jujur aja pasti kalian ngantuk

softskill ugm via http://d3keswan.sv.ugm.ac.id

hoaaaammmm bu dosennya kok bikin ngantuk ya, mbak cofas?

18. Di hari ke enam setelah waktu dzuhur kalian dikumpulkan di lapangan untuk membentuk formasi

PPSMB 2016 via http://ugm.ac.id

Kalian pun duduk diatas lembaran koran diantara kotak-kotak tali rafia kecil sambil memakai caping demi membentuk formasi yang masih dirahasiakan

19. Tiba-tiba suasana di lapangan waktu formasi pecah gara-gara gugus Kertanegara 1 yang ngeledek dialog MC PPSMB

Bukan begitu yudhist? via https://www.instagram.com

Penulis artikel ini: Bukan begitu yudhist?

Seluruh warga gugus kertanegara 1: Benar sekali sabella~

Penulis artikel ini: Bukan begitu yudhist?

Seluruh gamada 2016 yang ada di lapangan: Benar sekali sabella~

dan tiba-tiba mbak sabella-nya malu-malu unyu gitu di diatas panggung

20. Setelah semua gamada sudah dalam posisi kalian heboh karena caping biru dan putih yang dikenakan membentuk formasi United Nations

PPSMB 2016 United Nations via https://pbs.twimg.com

Wadaw kereeennnn!!!

21. Gugusan berbagai formasi

Formasi tahun-tahun sebelumnya via https://www.instagram.com

dimulai dari gugusan pulau indonesia, lalu tulisan Indonesia raya, Garuda pancasila dan lambang ASEAN semuanya diperagakan oleh lebih dari 8000 mahasiswa baru UGM dengan metode Human LED menggunakan kertas Asturo berwarna.

22. Sepulang PPSMB kalian langsung upload foto formasi atau wefie bareng gugus PPSMB UGM 2016 di Instagram dan path

Kertanegara 1 via https://www.instagram.com

Beserta hashtag #banggajadigamada