Beberapa orang mungkin ada yang pernah atau sedang mengalami masa dimana bekerja di bidang yang gak sesuai dengan jurusan waktu kuliah. Ada yang dari awal karena merasa salah jurusan, dipaksa orang tua, atau karena kondisi industri di bidangnya lagi gak stabil. Setiap kondisi pasti punya cerita masing-masing, berikut adalah keadaan-keadaan yang sering ditemui ketika pekerjaan kita gak sesuai jurusan waktu kuliah :

1. Bingung ketika ada yang nanya dulu kuliah dimana

Kampusku Rumahku via http://artikel.akumasukitb.com

Biasanya kejadian kalau ada anak teknik yang kerja jadi sales, marketing, atau finance. Karena status Sarjana Teknik yang mentereng akibat arogansi hasil didikan ospek yang keras jadinya kalau ada yang nanya "Dulu kuliah di mana?", beberapa ada yang jawab jujur-jujur aja, sebagian lagi jawabnya "Di salah satu perguruan tinggi teknik di kota X". Padahal kalau jawab jujur pun gak ada yang ngetawain kok.

2. Pura-pura kesurupan ketika ada yang nanya kenapa melenceng

Harlem Shake via https://i.ytimg.com

Advertisement

Kondisinya biasanya sama dengan no. 1, kebanyakan sih karena males aja jawabnya sering diulang-ulang setiap ketemu orang. Atau ada juga yang malu karena takut orang-orang menganggap tidak diterima di industri yang sesuai dengannya, ada juga yang pede-pede aja karena memang kerjaan itu sesuai passionnya walaupun berbeda dengan apa yang dipelajari pas kuliah. Untuk kondisi pertama dan kedua, pura-pura kesurupan aja deh biar pada gak nanya-nanya lagi.

3. Harus belajar lebih giat tentang pekerjaan barunya

Over studying via http://2.bp.blogspot.com

Belajar di kuliah empat tahun lebih dengan perjuangan yang berdarah-darah, eh pas kerja harus menguasai ilmu-ilmu yang sama sekali asing. Buat kamu yang memang punya passion tersendiri sesuai bidang kerjanya sekarang mungkin hasilnya bakalan kerasa, tetapi buat yang cuma coba-coba karena susah dapat kerjaan di bidang aslinya bakalan keteteran dan performanya juga gitu-gitu aja.

4. Awal-awal bekerja lebih banyak diisi dengan belajar hal baru

Minggu pertama kerja, mungkin kamu cuma bingung melongo dengerin beberapa istilah yang sama sekali asing. Disisi lain mungkin kamu juga kesel liat temen-temen kamu yang lain yang memang berasal dari jurusan yang semestinya yang ngeluarin istilah-istilah aneh tersebut ketika ngobrol dengan mentornya. Ketika yang lain sudah bisa mulai di hari pertama, kamu mungkin harus "bulan madu" disuruh pelajari beberapa hal dasar tentang pekerjaanmu.

5. Ketemu orang-orang yang benar-benar baru dan asing di tempat barunya

Advertisement

Meeting dengan company partner atau klien tentunya akan jadi makananmu sehari-hari. Apalagi ketika meeting itu temen-temenmu malah reunian dengan teman kuliahnya walaupun berbeda tempat kerja, kamu setiap hari harus mengenalkan diri karena gak ada satupun yang kamu kenal di industri tersebut. Tapi begitu ketemu orang yang senasib denganmu (melenceng dari kuliah, apalagi jurusannya sama) maka kalian akan menjadi alien, ngomongin hal-hal yang ga dimengerti orang-orang di sekitarmu.

6. Setiap ga masuk kantor atau pake baju rapih pasti ditanya “Abis interview dimana?”

Suit and tie via http://poponandon.com

Ini mungkin yang sering terjadi, bahkan untuk yang kuliahnya gak melenceng sekalipun. Cuma bedanya karena orang-orang akan menanggapi hal ini dengan serius walaupun kamu bener-bener gak masuk kantor karena sakit ataupun ada urusan keluarga sampai ngerasa harus bikin press conference biar orang-orang percaya kalau kamu bener-bener ada udzur.

7. Pamer tentang knowledge jurusan kuliahnya ke teman kerja atau sebaliknya

Biasanya terjadi pas lagi nongkrong biasa atau acara buka puasa dengan teman kuliah. Kamu jadi bintang disana, ditanya kerja apa, itu perusahaan apa, kerjanya ngapain aja, dll. Ujung-ujungnya kamu yang jaman kuliah adalah orang yang pendiem karena ga punya cerita apa-apa, sekarang setiap acara nongkrong waktunya habis buat dengerin cerita kamu yang berbeda dari yang lain.

8. Ajang pamer atau malah minder ketika ketemu teman-teman kuliah

Meeting via http://sprudge.com

Kultur setiap perusahaan di bidang industri yang berbeda biasanya cukup berbeda jauh. Ketika kamu mendapat fasilitas-fasilitas khusus yang gak didapetin temen-temenmu kamu pasti gak ragu buat pamer hanya untuk sekedar berkata "I'm okay", tetapi begitu tahu temen-temen kamu yang lain sudah bisa beli mobil, rumah, investasi, kamu akan bungkam walaupun kamu tahu mungkin mereka diperlakukan seperti robot di tempat kerjanya.

9. Ketika mau pindah kerja malah banyak yang nawarin (karena terlihat dapat belajar hal baru dengan cepat)

Job opportunity via http://breakingenergy.com

Ini yang saya rasain begitu mengajukan resign dari tempat kerja yang lama. Walaupun sudah dapat kerjaan baru, hampir tiap hari ada aja headhunter yang nawarin interview atau diajak ke tempat partner/klien, apalagi kalau ternyata perusahaan tersebut adalah perusahaan impian kita. Bukannya sombong, bahkan sampai saat ini saya ga tau alasannya apa.

10. Pengen lanjut kuliah yang sesuai kerjaan atau sesuai jurusan yang dulu

Mungkin banyak orang yang ngerasa lulus S1 aja sekarang gak cukup. Kesempatan beasiswa makin banyak tapi sayang kalau gak dimanfaatin. Mau lanjut S2/S3 yang spesifik sesuai spesialisasi kerjaan sekarang biasanya ditolak karena gak sesuai sama pendidikan S1, mau lanjut ke bidang yang sesuai dengan pendidikan sebelumnya malah bingung ketika lulus nanti harus mulai karir dari awal lagi.

11. Setelah lama berkelana, kamu bakal menemukan yang mana yang benar-benar sesuai passionmu.

Sama seperti jodoh yang mungkin kamu bakal menemukan cinta sejatimu setelah lama berkelana, begitu pula dengan urusan pekerjaan. Bekerja di bidang yang sama sekali berbeda dengan kuliahmu akan membuatmu bertanya manakah yang terbaik untukmu. Beberapa orang mungkin ada yang kuliah dan bekerja di bidang yang sama tetapi akhirnya berpindah dan menemukan passionnya. Sisanya ada yang kuliah dan bekerja di bidang yang berbeda dan terus menjalani karirnya tersebut. Ada pula yang kuliah dan mulai bekerja di bidang yang berbeda, tetapi suatu saat kembali lagi ke bidang sesuai kuliahnya dulu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya