Hei Girls! Inilah 5 Penyebab Kulit Wajahmu Bisa Rusak

Jangan-jangan sering kamu lakukan tanpa sadar!

Meskipun telah menggunakan skincare, tetapi kalau kamu masih mengabaikan hal-hal sederhana berikut ini tentunya akan tetap membuat kulit wajah menjadi rusak. Hal-hal sederhana yang mungkin kamu abaikan dalam keseharian berikut ini dapat menyebabkan kulit wajahmu menjadi rusak. Penasaran apa saja? 

Advertisement

1. Penggunaan handphone yang terlalu sering

unsplash.com/@fezbot2000

unsplash.com/@fezbot2000 via https://unsplash.com

Radiasi handphone memang dapat merusak mata, radiasi ini pun bisa menimbulkan noda hitam pada wajah. Terlalu sering menunduk saat menggunakan handphone ternyata dapat menimbulkan kerutan pada area bawah dagu dan sekitar leher. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan pelembab pada area tersebut.

Selain itu, saat mengangkat panggilan telfon, tentunya kamu akan menempelkan handphone ke telinga dan mengenai wajah. Padahal, layar handphone yang kotor memiliki banyak kuman yang bisa menyebabkan jerawat. Sebaiknya, gunakan earphone untuk mencegah kerusakan kulit saat menerima telepon. 

Advertisement

2. Terlalu sering terpapar sinar biru handphone

unsplash.com/@firmbee

unsplash.com/@firmbee via https://unsplash.com

Sinar biru adalah sinar yang dipancarkan dari layar televisi, komputer, dan ponsel atau high-energy visible light (HEV) yang sama bahayanya dengan sinar ultraviolet yang mengakibatkan kerusakan kulit. Sinar biru memancarkan energi tinggi dengan panjang gelombang cahaya yang pendek.

Terkena sinar biru secara terus-menerus dan dalam intensitas yang tinggi dapat menyebabkan kulit memerah dan membengkak. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa sinar biru dapat menstimulasi produksi radikal bebas dalam kulit. 

3. Tidur dengan masih menggunakan makeup

unsplash.com/@brucemars

unsplash.com/@brucemars via https://unsplash.com

Tidur dengan wajah yang masih dibalur dengan makeup tentunya dapat menimbulkan beberapa kerusakan pada kulit wajah, seperti penuaan dini yang mengakibatkan kerutan dan garis-garis halus, iritasi pada mata akibatkan membiarkan maskara yang masih menempel, hingga iritasi pada kulit yang menyebabkan munculnya jerawat dan kulit menjadi kering. Jadi, sebelum tidur sebaiknya kamu membersihkan wajahmu terlebih dahulu ya!

Advertisement

4. Jam tidur yang kurang

unsplash.com/@all_who_wander

unsplash.com/@all_who_wander via https://unsplash.com

Kurang tidur memang dapat menyebabkan banyak hal negatif dalam tubuh kita, salah satunya adalah kerusakan yang terjadi pada kulit wajah. Kurang tidur dapat membuat wajah terlihat lebih tua akibat kolagen yang tidak terbentuk dalam jumlah normal karena terganggunya waktu tidur. Kurang tidur juga dapat memicu munculnya jerawat dan membuat kulit wajah menjadi kusam karena gangguan stress yang menyebabkan jumlah hormon kortisol yang tinggi sehingga kulit wajah rentan akan peradangan.
Bila kamu terus-terusan begadang, akan muncul kantung hitam diarea bawah mata yang tentunya sangat menganggu. Untuk itu, tidurlah dengan waktu yang cukup.

5. Tidak menggunakan sunscreen saat keluar rumah

pexels.com/@moose-photos-170195

pexels.com/@moose-photos-170195 via https://www.pexels.com

Sunscreen akan melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet matahari yang memiliki tiga kandungan, di antaranya UVA, UVB dan UVC. Sinar UVA dapat merusak DNA yang memicu terjadinya kanker. Sedangkan UVB berpengaruh pada penuaan dini, seperti kerutan dan flek hitam. Kandungan lainnya adalah UVC yang dianggap sebagai penyebab kanker kulit.

Gunakan sunscreen yang memiliki SPF 30 sehingga dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Untuk kamu yang gemar berolahraga outdoor atau renang, pilihlah sunscreen yang bersifat water resistance. Agar manfaatnya maksimal, gunakan sunscreen 30 menit sebelum kamu keluar beraktivitas di bawah matahari.

Itulah 5 hal sederhana yang mungkin sering kita abaikan. Agar kesehatan kulit wajahmu tetap terjaga, perhatikan kembali hal-hal sederhana tersebut ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo! Nama aku Michelle Maryeta. Aku suka berbagi cerita dan pengetahuan dengan menulis. Temui hal lain tentang aku di Instagram : michellmaryeta

CLOSE