Kerutan pada wajah merupakan salah satu momok menakutkan bagi wanita, apalagi jika sudah menginjak usia 20-an. Sebelum kerutan-kerutan halus itu muncul, ada baiknya kita mencegahnya terlebih dahulu supaya kulit wajah tetap kencang, segar, dan tentunya awet muda.

Dalam artikel ini, saya ingin membagikan pengalaman saya tentang perawatan wajah menggunakan bahan-bahan alami yang biasa ada di dapur dan beberpa produk perawatan kulit yang mudah ditemui di pasaran. Semoga tips-tips yang saya tuliskan bermanfaat bagi para pembaca.

1. Masker dari Ampas Teh

Teh mengandung anitoksidan yang cukup tinggi. Sebagaimana diketahui antioksidan adalah zat kuat yang membantu melawan zat dalam tubuh penyebab peradangan yang dikenal sebagai "radikal bebas". Saya menggunakan ampas teh sebagai masker wajah setiap pagi.

Ampas teh yang saya gunakan adalah ampas teh yang sudah didiamkan selama satu malam. Karena ini bahan alami maka harus sedikit bersabar karena hasilnya tidak langsung terlihat, memerlukan waktu yang cukup lama sampai kulit terasa lebih kencang, cerah dan segar.

2. Masker dari Bubuk Kunyit

Advertisement

Seperti halnya ampas teh, saya memanfaatkan bubuk kunyit sebagai masker. Salah satu manfaat bubuk kunyit untuk kesehatan kulit adalah untuk mencegah penuaan dini. Tidak heran banyak produk kecantikan menggunakan kunyit sebagai bahan dasarnya.

Bubuk kunyit kadang saya campur dengan madu, perasaan jeruk nipis, lemon, atau air putih biasa untuk kemudian dijadikan masker. tidak seperti teh, saya menggunakan masker bubuk kunyit hanya satu sampai dua kali dalam satu minggu.

3. Serum

Serum memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, membuat struktur kulit lebih kencang dan kenyal, dan masih banyak lagi. Berbagai macam produk serum ditawarkan dipasaran, mulai dari harga puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah. Saya pribadi menggunakan Wardah C-Defence Serum sebagai salah satu produk perawatan kulit.

Advertisement

Kebetulan saya memang lebih suka menggunakan produk kecantikan dari dalam negeri, karena lebih aman dan terhindar dari produk-produk imitasi. Selain itu untuk ukuran serum, Wardah C-Defence Serum memiliki harga yang cukup terjangkau dan bisa menghidarsi kulit wajah saya.

4. Menggunakan Tabir Surya

Penggunaan tabir surya sebenarnya adalah tips perawatan kulit bagi segala usia. Sinar matahari yang berlebih akan memberikan efek buruk bagi kulit. Walaupun saya keluar rumah menggunakan mobil, saya tetap menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

5. Olahraga Secara Rutin

Selain memberikan nutrisi bagi kulit wajah, olahraga juga merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menadapatkan kulit yang sehat.Olahraga dapat membantu membuag racun dalam tubuh dan merangsang produksi kolagen pada kulit. Saya sendiri biasa berolahraga minimal satu minggu sekali. Tidak perlu olahraga yang berat, Jogging selama lima belas menit saja sudah cukup.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya