Cebu dan Alasan Bahasa Inggrismu Tidak Berkembang

Sebagai bahasa internasional, bahasa inggris harus dikuasai agar bisa bersaing di tengah globalisasi dan industri 4.0.

Dulunya orang yang fasih berbahasa Inggris dianggap keren. Bahasa Inggris dianggap sebagai hal yang wow dan bahkan ada yang merasa terlalu 'jauh' untuk berbahasa Inggris. Di masa sekarang, maraknya globalisasi disertai kehadiran Industri 4.0, bahasa inggris merupakan suatu kewajiban. Mempelajarinya merupakan salah satu langkah untuk tidak tertinggal.

Sebagai seorang yang nasionalis, tentu memakai bahasa Indonesia penting. Bahasa ibu pertiwi adalah bahasa utama yang harus kita pelajari. Namun, ketika bepergian atau berkomunikasi dengan orang dari belahan bumi yang berbeda, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa universal. Selain itu, banyak literatur yang tersedia dalam bahasa Inggris.

Tapi, apakah kalian memiliki kesulitan dalam belajar bahasa Inggris? Sudah mencoba ikut les sana sini tapi merasa tidak ada perkembangan? Hm… mungkin ini alasannya

Advertisement

1. Kurang Praktik

Mengobrol

Mengobrol via https://pixabay.com

Dalam mempelajari apapun, praktik merupakan hal terpenting. Di ranah belajar suatu bahasa, termasuk bahasa Inggris, penting sekali langsung mempraktikkan apa yang sudah dipelajari.

Mengobrol adalah cara paling mudah untuk mempraktikkan ilmu dalam pelajaran bahasa. Ilmu yang kita terima ketika belajar bahasa inggris akan sia-sia apabila hanya disimpan dan tidak dipraktikkan. Bayi pun harus dilatih berbicara agar bisa lancar, bukan?

Advertisement

2. Tidak Pede

Bisa bayangkan kalau bayi yang tidak lancar berbicara tidak mau terus mencoba? Ya, bisa jadi dia tidak akan lancar berbicara sampai kapanpun. Begitu juga kalian yang ingin belajar bahasa Inggris. Apabila tidak mau terus mencoba berbicara bahasa Inggris, maka sampai kapanpun tidak akan lancar berbahasa Inggris.

Beberapa dari kalian mungkin malas mempraktikkan karena tidak pede dengan kemampuan kalian. Ini grammarnya bener gak ya? Ini pengucapannya bener nggak ya? Aduh, malu aku kalau salah.

Nah ini yang salah dari pemikiran kita. Semua ahli berasal dari amatir, sama dengan para fasih yang berawal dari terbata-bata. Ini artinya, terus praktik dan percaya diri dengan bahasa inggrismu!

Advertisement

3. Anda di Indonesia!

Indonesia

Indonesia via http://pixabay.com

Masalah lainnya muncul: Apakah kita harus mengoceh bahasa Inggris sendiri?

Kadang, ketika sudah belajar bahasa inggris dengan sungguh-sungguh dan ingin mempraktikkannya dengan serius, penghalangnya malah adalah lingkungan. Siapa yang mau kita ajak berbicara?

Bahasa ibu di Indonesia adalah Indonesia, jadi untuk apa di sini memakai bahasa inggris? Kenapa memakai bahasa asing di negara sendiri?

Jadi, untuk kalian yang memang ingin serius belajar bahasa inggris. Tinggalkan Indonesia! Belajar di negara tetangga. Belajar di tempat yang memakai bahasa inggris sebagai bahasa keseharian.

Kita ambil contoh. Orang Medan yang ditaruh di Jawa, lama kelamaan pasti mampu berbahasa jawa. Begitu juga orang Indonesia yang ditaruh di negara dengan bahasa sehari-hari bahasa inggris. Dimana itu?

4. Belajar di Cebu!

Penjelasan di Booth Philippine Tourism di acara WEEI 2019

Penjelasan di Booth Philippine Tourism di acara WEEI 2019 via http://dok.pribadi

Salah satu negara yang bisa didatangi adalah Filipina. Filipina merupakan negara bahasa inggris terbesar ke-5 di dunia. Selain itu, negara ini berada di peringkat ke-1 di Asia untuk skor rata-rata TOEIC dan peringkat ke-3 dunia dalam sistem IELTS. Negara yang menjanjikan bukan?

Filipina memiliki ESL (English as Second Languange) yang artinya penggunaan atau belajar bahasa Inggris oleh penutur yang memiliki bahasa ibu berbeda. Filipina juga punya banyak tempat kursus yang sudah terakreditasi baik lembaga maupun pengajarnya.

Lalu, apa itu Cebu? Cebu adalah kota dengan 150 sekolah ESL yang bersejarah dan merupakan satu dari 25 tujuan liburan terbaik di Asia menurut TripAdvisor di 2019. Belajar di sini pastinya akan sangat menyenangkan dan tentunya berdampak besar.

5. Bagaimana ke Cebu?

Pantai Indah di Filipina

Pantai Indah di Filipina via http://pixabay.com

Lalu, bagaimana caranya ke Filipina? Cebu Pacific Air bisa jadi salah satu solusi. Kenapa?

 

Salah satu dari 2 maskapai Filipina yang jadi pilihan anak muda adalah Cebu Pacific Air karena menawarkan tiket dengan harga yang ramah di kantung dan menu makanan khas Filipina. Selain itu, maskapai dengan logo kepala burung elang ini menawarkan penerbangan harian dari Jakarta ke Manila dan kota tujuan belajar bahasa Inggris lain di Filipina seperti Bacolod, Cebu, Clark, Davao, Iloilo, dan Subic.

Bagi yang ingin belajar bahasa inggris di Filipina bisa langsung mengunjungi website www.wisatafilipina.com/ESL dan www.cebupacificair.com. Sampai ketemu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang mahasiswa jurusan ekonomi yang sangat senang berada di antara anak kecil saat menonton film animasi dan mengembara di imajinasi ketika membaca.

CLOSE