#HipweeDaebak-Tak Harus Bersama Pasangan, 7 Lokasi Syuting K-Drama Ini Pun Layak Dinikmati Sendirian Sembari Merajut Angan

Lokasi syuting K-Drama

Adegan manis berbalut view nan eksotis memang seringkali menjadi daya pikat sebuah K-Drama. Saking cintanya, tak jarang para K-Drama lovers mencantumkan lokasi syuting drama favorit mereka ke dalam wishlist perjalanan yang akan mereka lakukan. Namun tak semua seperti ini. Karena ada pula yang hanya berani bermimpi dan memendam semua harapan dalam hati.

“Aku ingin ke sana, tapi tak punya pasangan.

Bukankah rasanya akan menyesakkan, saat kita melangkah sendirian sedangkan yang lain saling bergandengan tangan?”

Hey, tempat romantis juga pantas didatangi seorang diri. Justru kamu beruntung, karena memiliki waktu lebih untuk mengeksplor lokasi sambil menguntai keajaiban yang mungkin kamu temui.

Berikut saya rangkumkan, 7 lokasi syuting K-Drama yang layak dinikmati sendirian, bahkan bisa juga dijadikan bahan renungan:

Advertisement

1. Gwanghwamun Square

Ingat momen di mana Lee Gon pertama kali bertemu dengan Jung Tae Eul? Ya, mereka tak sengaja bertemu di Gwanghwamun Square. 

Lalu seperti apa Gwanghwamun yang dijadikan salah satu lokasi syuting The King: Eternal Monarch itu?

Advertisement

Sejatinya, Gwanghwamun berarti Gerbang Gwanghwa yang menjadi pintu masuk ke Istana Gyeongbokgung yang berada di kawasan Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan. Di tengahnya, berdiri dengan gagah patung Raja Sejong dan Laksamana Yi Sun-sin.

Di sana, kamu bisa melebur dengan lautan manusia. Berpetualang untuk merasakan atmosfer masa-masa kerajaan, sambil sesekali mengabadikan gambar untuk dijadikan kenang-kenangan.

Advertisement

Atau bisa juga, sekadar memilih duduk di sudut tersepi. Mengamati kerlip lampu sambil meresapi kisah Lee Gon dan Jung Tae Eul. Bahwa pertemuan memang sudah ditakdirkan. Perihal cara dan waktunya, biarkan menjadi urusan Tuhan. Karena tugas kita hanya terus memperbaiki diri, agak kelak bisa menjadi pasangan sejati.

Siapa tahu, eoh, setelah itu jodohmu tiba-tiba duduk di sampingmu. Bersedia meminjamkan bahu dan mendengar keluh kesahmu. Uwuu

Lokasi: 172 Sejong-daero, Sejongno, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan.

2. Sanmotoonge Cafe

Masih ingat Coffee Prince? K-Drama yang populer tahun 2007 ini diperankan oleh Lee Sun Kyun sebagai Han Sung dan Gong Yoo sebagai Choi Han Kyul.

Dalam drama tersebut, diceritakan bahwa Han Sung memiliki rumah mewah di atas bukit dengan pemandangan kota Seoul. Dan pada akhirnya, rumah ini dijadikan kafe yang beralamat di 153 Baekseokdong-gil, yang mana selalu ramai pengunjung.

Dan setelah resmi menjadi kafe, Sanmotoonge yang memiliki arti kafe di sudut gunung ini juga dijadikan lokasi syuting K-Drama lain, seperti My Princess (2011), Yoo Na's Street (2014), dan Cheong Dam Dong Scandal (2014). Bahkan beberapa foto drama ini tertempel di dinding kafe.

Bagimu yang ingin mengunjungi kafe ini suatu hari nanti, saya sarankan untuk datang menjelang matahari terbenam pada musim gugur. Karena scene yang terbentang akan sangat memanjakan mata. Cangkir yang mengepul, rona jingga yang selaras warna dedaunan, view pegunungan Buak dan Inwang, akan membuatmu paham, bahwa hidup terlampau indah untuk disia-siakan. Bahwa hidup tak melulu soal pasangan.

Segera ambil buku dan penamu, tulis semua angan dan harapan baru. Abaikan saja orang-orang yang kerap menanyaimu perihal pernikahan. Sungguh, mereka tak tahu, jika kamu sedang mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Agar kelak kamu menjadi pasangan terhebat dan 'rumah' paling nyaman.

Lokasi: 153 Baekseokdong-gil, Buam-dong, Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan.

3. Pocheon Art Valley

Cheonjuho Lake

Cheonjuho Lake via https://www.reddoorz.com

Dulunya, Pocheon Art Valley adalah sebuah tambang granit. Aktivitas tambang yang berlangsung bertahun-tahun di Bukit Cheonjusan ini membuat lokasi jadi gersang dan berlubang. Sampai akhirnya pemerintah Pocheon memutuskan untuk mengubah tambang granit itu menjadi sebuah taman seni ramah lingkungan pertama di Asia.

Highlight lain dari taman seni ini adalah Danau Cheonjuho, yang menjadi salah satu latar syuting dari drama Moon Lovers – Scarlet Heart: Ryeo (2016), The Legend of the Blue Sea (2016), dan Hwayugi (2017). Danau yang diapit oleh tebing granit ini sebenarnya adalah lubang galian granit. Namun setelah ditinggalkan, air hujan perlahan-lahan mengisi lubang tersebut dan mengubahnya menjadi danau.

Dalam Moon Lovers – Scarlet Heart: Ryeo, tempat ini sempat muncul saat adegan di mana Hae Soo (IU) sedang patah hati dan menolong seorang anak laki-laki yang tenggelam. Namun sayangnya, ia pun juga ikut tenggelam dan tiba-tiba muncul di zaman Dinasti Goryeo.

Pada tahun 2009 lalu, Pocheon Art Valley ditetapkan sebagai salah satu area budaya dan seni. Hal tersebut sangat lumrah, mengingat tempat ini menyajikan berbagai program menarik untuk para pecinta seni. Mulai dari pameran, penampilan mingguan, sampai penampilan untuk acara khusus dihadirkan untuk para pengunjung.

Buat kamu yang mencintai seni, rasanya sangat pas jika menuliskan nama tempat ini ke dalam wishlist perjalananmu. Terlebih para pelukis, keindahan Danau Cheonjuho sangat siap untuk dijadikan obyek lukisanmu.

Namun jika kamu sama sekali bukan pecinta seni, tak masalah. Kamu pasti akan tetap jatuh cinta pada tempat ini. Karena perpaduan tebing granit, air danau nan jernih, dan pepohonan cantik sungguhlah epik. Bahkan kamu akan dapat bonus foto-foto yang akan membuat feed Instagrammu semakin menarik.

Lokasi: Korea Selatan, Gyeonggi-do, Pocheon-si, Sinbuk-myeon, Artvalley-ro, 234 KR.

4. N Seoul Tower

Namsan Tower, tempat kencan Tuan Muda Jun Pyo dan Jan Di

Namsan Tower, tempat kencan Tuan Muda Jun Pyo dan Jan Di via https://www.ivisitkorea.com

N Seoul Tower atau yang lebih akrab disebut Namsan Tower adalah menara komunikasi dan observasi yang dibangun di atas Gunung Namsan yang memiliki ketinggian 479 mdpl, di pusat kota Seoul. Tinggi menaranya sendiri sekitar 237 meter.

Sebagai salah satu tempat terpopuler di Seoul, N Seoul Tower juga menjadi lokasi syuting dari banyak K-Drama populer, seperti Boys Over Flowers (2009), My Love from the Star (2013), dan Oh My Ghost (2015). Bahkan banyak sekali wisatawan terutama saya yang ingin merasakan langsung suasana di mana pertama kali Tuan Muda Jun Pyo berkencan dengan Jan Di.

Terdapat satu area di Namsan Tower yang penuh dengan gembok yang dipasang di tembok. Biasanya para muda-mudi sudah mempersiapkan sebuah gembok yang ditulisi namanya dan pasangannya, kemudian dikunci, dan kuncinya dilempar ke bawah area gunung. Namun, beberapa tahun terakhir, pemerintah Korea Selatan sudah mempersiapkan sebuah kotak untuk membuang kunci karena dikhawatirkan kunci-kunci yang dilempar ke gunung akan semakin menumpuk dan menjadi sampah.

Dan buat kamu yang single, tidak perlu khawatir, kamu bisa menjadikan deretan gembok cinta tersebut sebagai spot untuk berfoto ria. Mungkin saja, setelah itu kamu ketularan memasang gembok cinta bersama pasangan juga. Daebak ~

Lokasi: 105 Namsangongwon-gil, Yongsan 2(i)ga-dong, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan.

5. Petite French

Mungil dan berwarna-warni

Mungil dan berwarna-warni via https://thetravelintern.com

Area yang dibuat mirip dengan Strasbourg, Prancis, ini terletak di daerah Gyeonggi, Korea Selatan. Lokasinya lumayan jauh dari pusat kota Seoul, dan justru lebih dekat dengan Nami Island.

Petite France sendiri sebenarnya merupakan sebuah theme park. Tempat ini memiliki ikon patung Little Prince, sebuah karakter rekaan Saint-Exupery, penulis novel legendaris berjudul Le Petit France.

Jika kamu adalah penggemar My Love from the Star, maka tak akan asing dengan tempat ini. Petite France menjadi latar adegan di mana Do Min Joon mencium Cheon Song Yi. Perumahan mungil berwarna-warni dan benderangnya lampu-lampu, menjadi saksi betapa adegan tersebut tampak romantis dan menjadi salah satu yang paling dikenang para penggemar.

Di jalan utama, terpajang poster pop up Do Min Joon dan Cheon Song Yi. Para penggemar Kim Soo Hyun dan Jun Ji Hyun biasanya akan mengambil foto di sini.

Selain 'My Love from the Star', Petite France juga menjadi tempat syuting Beethoven Virus (2008), Secret Garden (2010), dan Personal Taste (2010).

Rasanya, tempat ini cocok untukmu yang suka menulis. Duduk di salah satu sudut kafe, memindai satu per satu rumah mungil nan berwarna ke dalam retina, dan membayangkan seorang alien tampan yang menyamar jadi pelayan sedang menemanimu.

Ah, sepertinya akan menjadi moodbooster sekaligus membuatmu ingin cepat-cepat menyelesaikan novel perdanamu.

Lokasi: Hoban-ro, Oeseo-myeon, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do, Korea Selatan.

6. Forest of Wisdom Library

Sundul plafon

Sundul plafon via https://ggtour.or.kr

Forest of Wisdom Libabry adalah sebuah perpustakaan di kota Paju, Gyeonggi-do, sekitar 1 jam perjalanan dari kota Seoul. Bagian depan perpustakaan ini menjadi latar tempat di mana Ji Sun Woo (Kim Hee-ae) dan Yeo Da Kyung (Han So Hee) mengobrol setelah tak sengaja bertemu di toko buku.

Forest of Wisdom yang terkenal dengan rak-rak bukunya yang menjulang hingga plafon ini tak hanya muncul di drama The World of the Married. Perpustakaan ikonik ini juga menjadi lokasi syuting K-Drama lain, seperti Find Me in Your Memory (2020), Hotel del Luna (2019), dan What's Wrong with Secretary Kim (2018).

Dengan koleksi buku lebih dari 200.000, tentunya perpustakaan ini akan menjadi surga bagi booklovers. Tak seperti perpustakaan lain, di sini semua koleksi bukunya dikelompokkan sesuai nama donatur atau penerbit yang mencetak buku tersebut. Buku-buku tersebut hanya bisa dipinjam dan dibaca di dalam gedung perpustakaan ini. Tapi tenang saja, di sini juga terdapat kafe bahkan penginapan bernama Jijihyang.

So you will not die of boredom.

Selain membaca buku, kamu juga bisa mengenang kembali drama The World of the Married. Bagaimana pengkhianatan tidak akan pernah berakhir baik dan betapa kepercayaan tidak akan benar-benar kembali utuh setelah dihancurkan berkeping-keping.

Dari kisah Sun Woo, Tae Oh, dan Da Kyung, kamu bisa belajar satu hal. Bahwa tak ada satu orang pun yang bisa menjamin kelanggengan sebuah pernikahan. Cinta? Bukankah dulunya Tae Oh cinta mati pada Sun Woo? Namun pada akhirnya ia tetap memilih mendua sehingga keluarga yang jadi korbannya.

Maka dari itu, kamu tak perlu iri dengan teman yang sudah memiliki pasangan. Karena setiap manusia punya takdir indahnya masing-masing. Mungkin, saat ini Tuhan masih ingin memberimu waktu lebih untuk mempersiapkan diri. Agar kamu bisa meminimalisir munculnya permasalahan rumah tangga nanti. Atau bisa juga, Tuhan ingin melihatmu meraih impian dulu, agar kelak bisa dibanggakan oleh anak cucumu.

Ah, am I just talking nonsense? I hope not.

 

Lokasi: 145 Hoedong-gil, Gyoha-dong, Paju-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan.

7. Yongpyong Resort, PyeongChang

Main ski, yuk!

Main ski, yuk! via https://blog.trazy.com

Salah satu resort ski terbesar di Korea Selatan, Yongpyong Resort, yang terletak di provinsi Gangwon ini menjadi incaran banyak sutradara film. Tidak mengherankan, mengingat resort yang menjadi tempat pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin PyeongChang 2018 ini memang memiliki fasilitas ski terbaik.

Resort seluas 148 hektar ini juga memiliki pemandangan cantik, seperti Dragon Peak, bangunan bergaya Swiss di puncak Mt. Balwangsan. Di sinilah, Goblin alias Kim Shin memeluk Eun-tak dan mengakui perasaannya. Dan dalam drama ini, Eun-tak sempat menjadi pekerja magang di tempat penyewaan alat-alat ski. 

Selain drama Guardian: The Lonely and Great God atau yang lebih dikenal dengan Goblin, ada banyak judul K-Drama lain yang juga mengambil adegan di tempat ini, salah satunya adalah Winter Sonata (2002) dan My ID is Gangnam Beauty (2018).

Hamparan salju putih sejauh mata memandang ini bisa dinikmati antara pertengahan November hingga April. Untuk menikmati pemandangan dari ketinggian, kamu bisa naik gondola. Dan buatmu yang benar-benar pemula dalam urusan ski, tak perlu khawatir. Karena ada pemandu yang siap membantumu.

Nanti, saat kamu berhasil meluncur walau diwarnai jatuh bangun, kamu akan merasa, bahwa status single yang kamu sandang patut kamu syukuri. Karenanya, kamu mempunyai waktu lebih untuk memprioritaskan kebahagiaanmu sendiri. Karenanya, kamu punya waktu lebih untuk memanjakan fisik dan hati. Dengan status itu pula, kamu punya peluang yang besar untuk mengubah kata 'impian' menjadi 'kenyataan'. 

Jadi, mari kita pergi ke tempat ini setelah pandemi Covid-19 berakhir. Mari belajar ski bersama dan mari menunggu 'Sang Goblin' menyatakan cinta. Xoxo 

 

Lokasi: 715 Olympic-ro, Daegwalnyeong-myeon, 대관령면 Pyeongchang-gun, Gangwon-do, Korea Selatan.

 

Itulah 7 lokasi syuting K-Drama yang juga layak dikunjungi seorang diri. Yang juga cocok untuk dijadikan destinasi long holiday bersama sahabat-sahabat yang manis atau keluarga yang harmonis.

Btw,  semua tempat yang terangkum tadi berasal dari wishlist perjalanan saya yang entah kapan akan tercapai pribadi. Lantas, adakah wishlist kita yang sama? 

“Karena hal terpenting dari sebuah perjalanan bukanlah tentang siapa partner kita, melainkan tentang seberapa kita mampu menikmati setiap detik yang terlalui untuk mencapainya.”

Salam hangat dari saya,

Minoz yang tergila-gila dengan rambut kriwil Tuan Muda Jun Pyo 🤗

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Just winter admirer and amateur writer.

CLOSE