Pada 22 Januari 2018, Holland merilis single berjudul ‘Neverland’ sebagai awal dari debutnya sebagai penyanyi solo di Korea. Hal tersebut langsung menjadi hot topic lho, bukan hanya karena single ‘Neverland’ yang easy listening, tapi karena pribadi Holland yang terbuka mengakui kalau dirinya seorang gay! Bahkan hal tersebut tak sungkan ditunjukkan Holland melalui video klip single-nya.

Dalam video klip itu, tampak Holland sedang berkencan dengan ‘pacarnya’, berjalan-jalan di pantai bahkan saling menggenggam tangan. Wah, tentu menjadi hal luar biasa ya di negara yang cukup konservatif seperti Korea Selatan. Tapi ternyata, Holland bukan satu-satunya artis Korea Selatan yang mengaku bahwa dirinya gay. Bahkan bukan hanya artis saja loh!

1. Hong Seok Cheon

Hing Seok Cheon

Hing Seok Cheon via http://asianwiki.com

Bagi kamu pecinta K-pop, apakah kamu akrab dengan nama ini? Namanya cukup sering terdengar dan wara wiri di layar kaca Korea loh! Yup benar, dia adalah seorang chef-artist yang mengisi salah satu cooking show di Korea. Selain sebagai koki, Hong Seok Cheon yang memiliki nama lain Tony Hong ini juga seorang entertainer Korea, sebab dia juga turut membintangi sejumlah film, misalnya saja Today’s Love (2015).

Hong sudah sejak lama menjadi public figure di Korea dan awalnya dia adalah seorang model sekaligus komedian. Namun pada tahun 2000, Hong mengaku kepada publik melalui suatu acara TV bahwa dia seorang gay.

Advertisement

Sontak saja, hal tersebut menggegerkan dunia hiburan Korea. Apalagi saat itu isu tentang LGBT masih dianggap sangat tabu. Karena hal itu pula Hong kehilangan pekerjaannya bahkan mengalami bullying besar-besaran. Namun, syukurlah, Hong berhasil bangkit dan kini dirinya diterima kembali oleh publik Korea.

2. Harisu

Harisu adalah seorang artis transgender pertama di Korea Selatan. Dia dilahirkan sebagai seorang lelaki dengan nama Lee Kyung-yeop, namun dia merasa bahwa sebenarnya dia adalah seorang wanita yang terjebak di tubuh lelaki. Oleh sebab itu, Harisu menjalani operasi besar untuk ‘mengubahnya’ menjadi seorang wanita pada 1990-an. Kemudian namanya mulai dikenal oleh publik Korea setelah membintangi sebuah iklan kosmetik pada tahun 2001.

Pada awal debutnya sebagai entertainer, Harisu secara terbuka mengatakan kalau dirinya adalah seorang transgender. Hal tersebut tentunya mengundang respon publik Korea, namun kebanyakan respon positif yang ditunjukkan. Mereka bahkan mengatakan Harisu lebih cantik dari seorang wanita!

Advertisement

Kini Harisu dikenal sebagai artis sekaligus penyanyi di Korea. Dia bahkan pernah menikah dengan seorang lelaki bernama Micky Jung. Namun sayang, pada tahun 2017 kemarin, Harisu dan Micky telah berpisah.

3. Kim Jho Gwang-soo

Kim Jho Gwang-soo (kiri) dan Kim Seung-hwan (kanan)

Kim Jho Gwang-soo (kiri) dan Kim Seung-hwan (kanan) via http://www.soompi.com

Kim Jho Gwang-soo dikenal sebagai seorang film director di Korea. Namun selain sebagai seorang film director, Kim juga merupakan seorang screenwriter, produser, dan tokoh LGBT Korea. Yup, Kim adalah seorang gay. Bahkan dia telah mengumumkan ‘pernikahannya’ secara terbuka dengan Kim Seung-hwan yang merupakan seorang rekannya dalam dunia perfilman pada 7 September 2013 lalu.

Kim memang dikenal sebagai gay sejak awal debutnya sebagai film director. Pada debutnya, Kim cukup sering membuat film yang bertemakan cinta sesama jenis. Namun karya Kim tidak melulu bercerita tentang hal itu. Salah satu garapannya yang sukses adalah Detective K yang merupakan film action-comedy. Film tersebut terbukti sukses bahkan hingga dibuat sekuelnya, bahkan pada 2018 ini akan rilis sekuel ketiganya!

4. Marshall Bang

Marshall Bang

Marshall Bang via http://www.koreaboo.com

Marshall Bang merupakan keturuan Amerika-Korea yang memimpikan debutnya di Korea Selatan sebagai idol K-pop. Tak seberuntung Holland, sejak dikabarkan akan debut pada 2017 lalu sebagai penyanyi solo, hal tersebut belum juga terwujud hingga 2018 ini. Marshall sendiri sudah merilis single kolaborasi dengan artis lain seperti DJ Friz menggunakan nama panggung MRSHLL.

Namun debutnya sendiri sebagai penyanyi solo belum juga dimulai. Dirilis dari verygoodlight (2017/4/7), debut Marshall di Korea terkendala masalah promosi sebab seperti diketahui, Korea Selatan masih cukup konservatif untuk menerima perbedaan seperti yang terjadi pada Marshall. Namun dengan debutnya Holland, semoga Marshall bisa segera menyusul ya!

5. Kim Ji Hoo

Dirilis dari amino (2016/5/14), Kim Ji Hoo adalah seorang model yang mengaku dirinya gay pada suatu acara TV Korea. Sama seperti yang terjadi pada Hong Seok Cheon, dia mendapat hujatan dan bullying besar-besaran dari publik Korea. Bahkan dia benar-benar kehilangan pekerjaannya. Namun sayang, beberapa bulan kemudian Kim Ji Hoo ditemukan menggantung dirinya di rumahnya pada 6 Oktober 2008 lalu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya