Hubunganmu dengan Dia Sedang Bermasalah? Tenang! 5 Cara Ini Ampuh untuk Memperbaiki Hubunganmu

Hubungan bermasalah? Tandanya kamu harus peka!

Hubungan memang tak selalu berjalan tanpa hambatan bak jalan tol. Ketika hubungan dihujani masalah, maka itu akan berpengaruh ke berbagai aspek kehidupanmu, misalnya bisa bikin nggak semangat kerja atau kuliah, mogok makan, sulit tidur, bahkan imun tubuh menurun. Tapi tenang! Ada kabar baik untukmu mencegah dampak lebih lanjut dari hubungan yang mulai kusut. 5 cara ini terbilang ampuh untuk memperbaiki masalah dalam hubunganmu!

Advertisement

1. Berani mengakui kesalahan

Photo by Vera Arsic from Pexels

Photo by Vera Arsic from Pexels via https://www.pexels.com

Dalam hubungan yang bermasalah, entah itu hubungan dengan pacar, keluarga, atau teman pasti ada pihak yang memulai masalah tersebut. Entah kesalahannya terletak pada dirimu atau orang lain.

Hal dasar yang harus kita urungkan saat ingin memperbaiki hubungan adalah mengedepankan ego. Kadang kala ego membuat diri merasa ingin selalu benar sehingga ada rasa enggan untuk mengakui kesalahan Saat mengedepankan ego, kebenaran menjadi tertutup. Awalnya sih masalah terlihat kecil, namun ketika mengedepankan ego dan tidak mau mengakui kesalahan, masalah kecil itu malah bertransformasi menjadi masalah besar.

Advertisement

Kalau masalahnya  membesar pasti lebih melelahkan untuk menyelesaikannya, iya kan? Siapapun yang memulai masalah, ada baiknya kedua pihak yang bermasalah saling intropeksi. Setelah itu, ayo mulai rendah hati untuk mengakui kesalahan dan fokus pada penyelesaian masalah.

Menyembunyikan kesalahan sama dengan menyembunyikan duri dalam jiwa lho, makin lama makin bikin sakit sendiri bahkan ketika orang lain sudah melupakan masalah itu! Hiiii, serem kan? Literally, definisi sakit tapi nggak berdarah! Ya udah buruan akui kesalahan.

2. Tidak buru-buru minta maaf

Advertisement
Photo by Brett Jordan on Unsplash

Photo by Brett Jordan on Unsplash via https://unsplash.com

Hayo ngaku siapa yang paling cepet minta maaf saat ada masalah? Yakin minta maaf dengan cepat bisa menyelesaikan masalah dengan cepat pula? Huh, sayangnya nggak brosis! Banyak lho orang yang menggunakan kata “maaf” hanya untuk tameng, melindungi dirinya dari emosi orang lain. Padahal minta maaf memiliki makna lebih dari itu.

Jangan buru-buru minta maaf deh kalau misalnya kalian belum paham apa salah kalian, apa yang membuat orang lain begitu marah pada kalian, atau malah supaya orang lain berhenti mengomel saja. Minta maaf harus diikuti dengan penyesalan dan tindakan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Kalau permintaan maaf cuma digunakan sebagai tradisi bermakna kosong, akhirnya kesalahan yang sama terus berulang dan bikin orang lain jengah pada kalian, terus apa faedahnya dong? Minta maaflah ketika sudah paham dengan kesalahan dan ada itikad untuk memperbaiki kesalahan di masa lalu. Hal itu jauh memberikan efek lebih baik pada diri sendiri dan orang lain. 

3. Meningkatkan intensitas komunikasi

Photo by J carter from Pexels

Photo by J carter from Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu faktor hubungan bermasalah adalah komunikasi. Ketika miskomunikasi terjadi, banyak hubungan yang awalnya erat lama-lama jadi terserat. Nah, untuk kalian yang sudah telanjur bermasalah hubungannya, ada baiknya meningkatkan komunikasi dengan orang terkait.

Pastinya agak awkward  habis ada masalah terus berusaha komunikasi seperti biasa lagi, tapi memang harus sengaja dibiasakan agar komunikasi tetap terjalin. Saat komunikasi terjalin, kalian dapat memahami kondisi dan perasaan satu sama lain. Jika kedua pihak sudah saling memahami, dijamin masalah dalam hubungan berangsur pulih!

4. Hindari rendah diri

Photo by Văn Thắng from Pexels

Photo by Văn Thắng from Pexels via https://www.pexels.com

Ya benar, ini panggilan untuk orang-orang yang sering rendah diri ketika menyelesaikan masalahnya. Orang-orang dengan kadar rendah diri yang tinggi akan cenderung pasrah, terus merasa bersalah, bahkan selalu merasa kurang baik untuk orang lain.

Untuk memperbaiki masalah dalam hubungan dibutuhkan keberanian dan kepercayaan diri. Kenapa gitu? Bayangin saja kamu mau meyakinkan dia agar mau bertahan dalam suatu hubungan tapi kamunya ragu-ragu, pasrah dan berkutat sama kesalahanmu di masa lalu tanpa ada tindakan buat berubah, apa iya dia bisa memberikan kepercayaan padamu lagi? BIG NO sih.

People make mistakes tapi orang juga bisa berubah, kamu layak dapat kesempatan kedua. Kuatkan hatimu, tegakkan pundakmu, jangan cuma bisa sharing di media sosial aja! Lakukan sesuatu untuk meluluhkan hati si dia agar hubungan kalian bisa membaik. Akui kesalahan, minta maaf, dan percaya diri bahwa kamu akan berjuang semaksimal mungkin untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama adalah jalan ninja untuk memperbaiki hubunganmu.

5. Ekspresikan perasaanmu!

Photo by Ba Tik from Pexels

Photo by Ba Tik from Pexels via https://www.pexels.com

Setelah melakukan 4 cara di atas untuk menyehatkan hubunganmu kembali, mari sempurnakan dengan cara ke-5 yaitu mengekspresikan perasaan. Seringkali kejenuhan dalam hubungan dapat terjadi karena kurangnya afeksi yang dirasakan oleh orang yang berhubungan denganmu. Bisa jadi karena kamu terlalu sibuk sehingga mereka merasa terpinggirkan dari urutan prioritasmu. Nah, kalau udah begini kamu harus peka dong!

Ekspresikan perasaanmu sesuai dengan bahasa kasih orang-orang di sekelilingmu, entah itu dengan sentuhan, perkataan, waktu, pemberian hadiah, atau melayani mereka dengan tulus. Coba lakukan hal kecil untuk mengekspresikan perasaan cintamu kepada orang lain. Misalnya membuat kartu berisi kata-kata penyemangat atau sekadar mengingatkan bahwa senyumnya dapat membuat harimu berwarna.

Selain itu membelikannya barang kecil yang ia butuhkan seperti air mineral, tisu, atau makanan ringan. Hal-hal kecil tersebut begitu penting dan harus dirawat dalam suatu hubungan. Dengan mengekspresikan perasaan kepada orang di sekelilingmu, mereka akan merasa dianggap atau dihargai keberadaannya sehingga bisa memperkuat hubunganmu lho!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE