5+ Ide Kreatif Mempercantik Kamar Tidurmu Selama Masa Karantina. Uww Makin Betah di Kamar Aja!

ide kreatif mempercantik kamar tidur

Selama menjalani masa karantina #dirumahaja akibat penyebaran virus corona, pastinya kamu memiliki lebih banyak waktu luang. Tidak sedikit dari kamu yang mulai mempertimbangkan menata ulang rumah. Agar tidak bosan berlama-lama di rumah, kamu bisa banget mencoba mengganti suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan baru.

Selama di rumah aja, ruangan terpenting sekaligus yang kini paling sering digunakan di rumah adalah kamar tidur. Beragam aktivitas dapat dilakukan di dalam kamar pribadimu secara lebih privat. Seperti belajar, bekerja, atau sekadar bersantai. Maka, sudah sepatutnya kamu mempercantik desain kamar agar lebih nyaman digunakan. Yuk, buat kamar lebih cantik selama masa karantina dengan cara mudah berikut ini. Bahkan, tak harus mengeluarkan biaya sekalipun!

Advertisement

1. Mengubah posisi furnitur

Desain kamar tidur berkonsep hangat dengan tekstur kayu, karya AlvinT Studio

Desain kamar tidur berkonsep hangat dengan tekstur kayu, karya AlvinT Studio via https://www.arsitag.com

Tak melulu harus menambahkan dekorasi, cobalah mengatur ulang atau memindahkan furnitur kamar yang sudah ada. Cara ini ampuh membuat atmosfer kamar terlihat baru dan tidak membosankan. Seperti mengubah posisi tempat tidur, lemari, meja rias, ataupun pajangan lainnya. Walaupun sederhana, ternyata efektif untuk menciptakan suasana baru di dalam kamar kamu. Bahkan, jadikan kesempatan ini sebagai momen bebersih kamar di bagian sudut yang sudah lama tidak terjamah.

2. Tambahkan pencahayaan dan penghawaan alami

Desain kamar tidur dengan dinding kaca yang luas, karya Tamara Wibowo

Desain kamar tidur dengan dinding kaca yang luas, karya Tamara Wibowo via https://www.arsitag.com

Bagi kamu yang banyak melakukan aktivitas bekerja di dalam kamar, pastikan sirkulasi udara segar mengalir dengan baik di dalam kamar. Sirkulasi udara yang baik akan membuat kamu tidak mudah stres. Tak hanya itu, intensitas cahaya yang baik juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata, lho.

Advertisement

Hal ini perlu kamu cermati apabila pekerjaanmu memerlukan mata fokus untuk waktu yang lama. Sebagai pencahayaan tambahan, gunakanlah lampu tidur atau lampu meja dengan intensitas pencahayaan yang sedang. Beruntung lagi, apabila kamarmu memiliki jendela yang membuka akses cahaya alami yang besar.

3. Pakailah wewangian yang menenangkan

Lilin aromaterapi ciptakan suasana kamar yang menenangkan

Lilin aromaterapi ciptakan suasana kamar yang menenangkan via https://www.truerelaxations.com

Tambahkan lilin aromaterapi yang mampu menjaga hawa ruangan tetap harum dan menyegarkan. Wewangiannya yang menenangkan bermanfaat menjaga kamu tetap rileks di dalam kamar. Apalagi, jika kamu sensitif terhadap pengharum ruangan kimiawi, lilin aromaterapi akan menyebarkan aroma relaksasi yang lebih alami. Dukung dekorasi lilin yang cantik sambil menyetel musik lo-fi favoritmu untuk suasana kalem yang sempurna.

4. Buat sudut santai yang nyaman

Advertisement
Sudut kamar yang nyaman buat santai-santai cantik

Sudut kamar yang nyaman buat santai-santai cantik via https://www.urbanoutfitters.com

Sulit fokus saat harus bekerja di rumah? Coba deh, untuk memisahkan area bekerja dan beristirahat. Sulaplah area kecil yang tersisa di dalam kamar tidur menjadi sebuah sudut santai untuk refreshing. Menyediakan tempat istirahat khusus termasuk trik meningkatkan kenyamanan bekerja di rumah, lho.

Lebih baik lagi, jika area tersebut berhadapan langsung dengan jendela. Paparan cahaya alami sekaligus sirkulasi udara yang baik dari jendela menunjang momen relaksasi yang sempurna. Bekerja pun lebih rileks, karena kamu bisa sambil melihat pemandangan di luar.

5. Segarkan dengan tanaman hias

Kamar dengan tanaman hias di berbagai sudut, segar banget!

Kamar dengan tanaman hias di berbagai sudut, segar banget! via https://www.janeperrone.com

Buatlah kamar kamu selalu bersih dengan rutin membersihkannya di pagi dan sore hari. Rajin membersihkan kamar bermanfaat membuatnya lebih sehat dan segar. Untuk kesegaran yang paripurna, jangan ragu untuk menempatkan beberapa pot tanaman hias di sudut kamar tidur. Pilihlah tanaman hias yang bakal membuat kamar terasa lebih sehat. Ada baiknya memilih jenis tanaman indoor dengan perawatan yang mudah dan dipercaya membersihkan udara kamar seperti sansevieria, lidah buaya, bunga lili, atau anggrek.

6. Singkirkan barang yang tidak perlu

Kamar tidur minimalis tanpa lemari

Kamar tidur minimalis tanpa lemari via https://mmminimal.com

Supaya lebih betah dan leluasa dalam beraktivitas di kamar selama kamu #dirumahaja, singkirkan berbagai benda atau peralatan yang tidak penting. Cara ini akan membuat kamar terasa lebih luas dan nggak sumpek. Kesan sumpek dan sesak di dalam kamar berpengaruh terhadap naiknya emosi dan membuat kamu tidak nyaman selama berada di rumah. Untuk itu, sebaiknya hanya simpan benda-benda penting saja di dalam kamar, ya.

7. Tambahkan bantal kecil dekoratif

Desain kamar tidur apartemen mungil yang menyatu dengan ruang keluarga, karya Teddykoo

Desain kamar tidur apartemen mungil yang menyatu dengan ruang keluarga, karya Teddykoo via https://www.arsitag.com

Ada tips mudah berikutnya yang bisa kamu coba untuk membuat tampilan kamar lebih berwarna. Tambahkan beberapa throw pillow atau bantal sofa dengan beragam motif dan warna. Seketika, memberikan sentuhan warna ceria ke dalam kamar. Temukan berbagai motif bantal yang lucu dan unik yang dijual secara online sesuai tema yang diinginkan.

Dengan berdiam diri di rumah saja, kamu tetap bisa kok, menghasilkan suatu hal yang positif. Salah satunya dengan mendekorasi ulang kamar agar lebih nyaman, cantik, dan sehat selama masa karantina. Yuk, dicoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

ā€œ

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

ā€

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bangun Proyek dengan Aman, Nyaman, dan Transparan *Semua foto yang berasal dari Arsitag.com adalah kekayaan intelektual milik masing-masing profesional yang mengunggah karyanya ke Arsitag.com.

Editor

une femme libre

CLOSE