Memilih jurusan kuliah memang terkadang membingungkan. Hal itu terjadi karena mungkin kamu belum mengenali minat dan bakat yang kamu miliki. Selain itu, kamu bisa jadi belum tahu banyak informasi seputar jurusan yang tersedia di bangku perkuliahan. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, sebaiknya pikirkan matang-matang dahulu sebelum memutuskan.

Alih-alih bisa menyelesaikan kuliah 4 tahun dengan baik, kamu justru akan keteteran selama kuliah karena ternyata jurusan yang kamu pilih tidak sesuai minat dan bakatmu. Faktor lain yang harus kamu pertimbangkan adalah prospek kerja di masa depan. Semua jurusan perkuliahan itu memang baik, tapi ada beberapa jurusan yang akan membuatmu cepat mendapatkan pekerjaan.

Selain karena kesempatan pekerjaan dalam bidang tersebut masih terbuka lebar, jurusan kuliah ini memiliki skill yang bisa diterapkan langsung di dunia kerja. Dalam ulasan ini, saya akan membantu kalian yang masih bingung dalam memilih jurusan kuliah. Berikut 5 jurusan kuliah yang akan memudahkanmu mendapatkan pekerjaan sesuai bidang yang kamu pelajari di perguruan tinggi.

1. Kesehatan

Jurusan Kesehatan

Jurusan Kesehatan via https://www.google.co.id

Kedokteran, farmasi, keperawatan, fisioterapi, kebidanan adalah beberapa jurusan di bidang kesehatan yang bisa kamu pertimbangkan. Tingginya permintaan tenaga ahli medis nggak akan membuatmu 'nganggur' setelah kamu lulus kuliah. Nah, kalau kamu berminat kuliah di bidang kesehatan, sebaiknya persiapkan dirimu dengan baik. Kamu juga harus memilih kampus dengan kualitas paling oke di bidang yang kamu pilih.

2. Teknik

Mahasiswa Kimia Sedang Praktek Lapangan

Mahasiswa Kimia Sedang Praktek Lapangan via https://www.google.co.id

Advertisement

Ada beberapa jurusan favorit di bidang teknik, seperti teknik pertambangan, teknik pertanian, teknik komputer, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang merasa jago dan punya bakat di salah satu jurusan tersebut, kuliah di bidang teknik akan menjadi pilihan yang tepat untukmu. Jurusan tersebut umumnya menawarkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Namun, harus kamu ingat, jurusan di bidang teknik memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Jadi, persiapkan dirimu sebaik mungkin.

3. Pendidikan

Menjadi Guru

Menjadi Guru via https://www.google.co.id

Pendidikan masih menjadi salah satu masalah terbesar bangsa kita, terutama pemerataan pendidikan. Bagi kamu yang berminat menekuni profesi sebagai tenaga pengajar atau guru, kamu sebaiknya mengambil jurusan pendidikan demi menunjang karirmu di masa depan. Setelah kamu lulus, kamu bisa dengan cepat mendapatkan pekerjaan. Apalagi, saat ini ada program Indonesia Mengajar yang akan membantumu menyalurkan bakatmu di bidang yang kamu cintai sekaligus mengabdi kepada bangsa dan negara.

4. Hukum

Pengacara, hakim, jaksa dan notaris adalah beberapa alternatif pekerjaan buat kamu lulusan jurusan hukum. Masalah hukum saat ini membuat orang dengan profesi tersebut makin dikenal di Indonesia. Selain itu, pekerjaan tersebut menawarkan gaji yang sangat tinggi. Bahkan, hukum menjadi salah satu jurusan paling diminati dan memiliki reputasi oke setelah kedokteran.

5. Ekonomi

Advertisement

Ekonomi menjadi jurusan non-eksakta kedua yang paling diminati setelah hukum. Kendati peminatnya banyak, lulusan ekonomi tetap saja banyak dicari. Tidak hanya bekerja di perusahaan, kamu juga bisa berwirausaha dengan bekal ilmu yang kamu pelajari di bangku kuliah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya