Nggak Ribet, Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Terapkan Agar Hidup Apa Adanya

Hidup santai tanpa beban

Dalam kehidupan saat ini, berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dan posisi di atas orang lain seringkali membuat kita berpikir, bahwa memangnya hidup harus berjalan seperti itu? Kapan situasi yang melelahkan ini berakhir?

Namun, kebudayaan ini nampaknya memang sudah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya, apa sih yang dikejar? Emang nggak bisa hidup santai dan apa adanya? Jawabannya, bisa kok!

Pun, memutuskan untuk hidup apa adanya juga asalnya dari diri kamu sendiri. Tapi gimana sih cara biar bisa hidup apa adanya?

Advertisement

1. Jadilah diri sendiri dan jangan membandingkan dengan orang lain

Photo by Pexels

Photo by Pexels via http://www.pexels.com

Membandingkan diri dengan orang lain seakan memang sudah menjadi budaya dalam kehidupan kita. Bahkan terkadang sebagian orang tua acapkali melontarkan pernyataan terkait hal ini. Misalnya, membandingkan kehidupan maupun kesuksesan tetangganya dengan anaknya sendiri. Hal seperti ini seakan menjadi tekanan tersendiri bagi orang yang merasakannya.

Menjadi diri sendiri adalah kunci utamanya. Kamu harus bangga terhadap dirimu sendiri dan jangan pernah berusaha untuk membandingkan kehidupanmu dengan orang lain.

Advertisement

Lagi pula, kalau dipikir hal ini tidak ada habisnya, bukan? Kamu tidak harus berupaya untuk bisa terlihat seperti orang lain kok.

Diri kita itu bernilai dan kita harus mensyukuri nilai tersebut.

2. Jangan mendengarkan perkataan orang lain

Advertisement
Foto oleh Liza Summer dari Pexels

Foto oleh Liza Summer dari Pexels via https://www.pexels.com

Apakah kamu pernah bimbang akan sesuatu? Atau pernah merasa sakit hati dengan perkataan orang lain terhadapmu?

Kalau kamu pernah merasakan hal tersebut, selalu ingat bahwa perkataan orang lain hanyalah suatu pandangan terhadapmu. Apakah mereka sangat paham dengan diri kamu? Tentu tidak, kan? Bukankah satu-satunya orang yang mengerti akan dirimu hanya kamu sendiri?

Sesekali mungkin kamu memang perlu mendengarkan saran-saran yang positif dari orang lain. Namun bila orang lain sudah terlalu jauh menilai buruk tentangmu atau bahkan sangat bertentangan dengan dirimu, tutup saja telingamu.

Kamu tidak perlu mendengarkan hal-hal negatif yang membuat dirimu merasa down dan terpuruk.

3. Hapus angka dalam hidupmu

Photo by Pexels

Photo by Pexels via http://www.pexels.com

Nggak bisa dipungkiri kalau kita memang sudah akrab dengan segala persoanal yang dinilai dengan 'angka'. Misalnya tinggi badan, berat badan, level pendidikan, bahkan gaji seseorang.

Seluruh angka tersebut seakan dijadikan ajang perlombaan untuk memperoleh angka yang tinggi atau posisi diatas orang lain. Akhirnya kita mau tidak mau mengikuti pola seperti ini demi tidak mendapatkan angka yang 'buruk' dimata orang lain.

Kalau dipikir sangat melelahkan, bukan?

Kamu harus ingat bahwa tingginya angka yang dimiliki seseorang tidak akan menjamin apapun. Baik sifat, kesehatan atau bahkan kebahagiaan. Semua hal yang ada di kehidupan pun tidak harus dinilai dengan angka kok.

Kamu harus ubah pola pikirmu bahwa hidup secukupnya sudah cukup lho. Pola pikir semacam ini akan membuatmu jauh lebih merasa bahwa hidupmu penih arti dan tidak ada beban.

Kehidupan bukan soal balap-balapan. Jadi atur kebahagiaanmu sendiri ya!

4. Jangan memutuskan masa depanmu terlalu dini

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Memutuskan masa depan yang terlalu dini akan membuatmu merasa cemas. Cobalah untuk menjalani hidupmu apa adanya namun tetap memiliki rencana. Buatlah rencana-rencana jangka pendekmu agar dapat terlaksana.

Masa depan memang perlu untuk kita pikirkan, namun kamu harus ingat bahwa jalanmu kedepan masih amat sangat panjang. Selain itu, memutuskan masa depanmu terlalu dini juga akan memungkinkanmu menjadi stres dan overthinking.

5. Jalani hidup sendiri bukan untuk orang lain

Photo by Pexels

Photo by Pexels via http://www.pexels.com

Menjalani hidup tanpa memikirkan orang lain adalah salah satu cara agar kehidupanmu menjadi lebih selow dan merdeka. Kamu harus menghapus perasaan 'nggak enakan' yang ada dalam dirimu.

Karena terkadang kita seringkali luput bahwa diri kita juga perlu diperhatikan. Apabila kamu selalu dan terus-menerus memikirkan orang lain, siapa yang akan memikirkan dirimu sendiri, kan?

Hiduplah tanpa beban dalam dirimu dan jadilah merdeka atas perasaanmu, ya!

Hidup apa adanya merupakan cara ideal supaya kita bisa menyadari hal-hal penting dalam kehidupan ini. Bahwa hidup sebenarnya penuh makna dan perlu kita pahami dengan sederhana.

Karena, untuk apa berlomba-lomba menjadi 'sesuatu' yang pada akhirnya menyulitkan diri kita sendiri, kan?

Hiduplah apa adanya dan hiduplah dengan kakimu sendiri!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

a full-time learner who loves public relations and media studies.

CLOSE