Kamu Harus Waspada! Ini 6 Tanda Bahwa Persahabatanmu Sudah Toxic

kalau sudah tidak nyaman, lebih baik menjauh

Setiap kita pasti memiliki teman, walau mungkin bisa dihitung dengan jari, sebagian lagi memiliki lingkungan pertemanan kelompok yang berisi oleh beberapa orang, pertemanan inilah yang banyak memengaruhi kehidupan kita, ada pertemanan yang positif ada juga yang negatif.

 Di bawah ini ada 6 tanda bahwa pertemananmu sudah toxic bagi kehidupanmu :

Advertisement

1. Temanmu membawa pengaruh buruk untukmu

Photo by Liza Summer from Pexels

Photo by Liza Summer from Pexels via https://www.pexels.com

Teman yang membawa pengaruh buruk bisa dilihat dari bagaimana dia mengajakmu ke arah negatif. Sebelumnya kamu anak baik-baik, namun ketika berteman dengannya kamu banyak melakukan perbuatan menyimpang lainnya seperti berbicara kasar, pulang larut malam, minum-minuman, obat-obatan bahkan melawan orang tua.

2. Kamu tidak merasa nyaman lagi berada di dekatnya

Photo by Liza Summer from Pexels

Photo by Liza Summer from Pexels via https://www.pexels.com

Ketika bersamanya kamu tidak merasa aman, kamu selalu merasa was-wasan karena takut akan dirinya, atas perilakunya terhadapmu, entah dirinya sering berbicara mengomentari tentang dirimu, dirinya asal berbicara tanpa berpikir ataupun hal lain yang membuat kamu tidak nyaman berada di dekatnya.

Advertisement

3. Temanmu tidak memahamimu

Photo by Liza Summer from Pexels

Photo by Liza Summer from Pexels via https://www.pexels.com

Seringkali ketika kamu melakukan sesuatu, temanmu tidak mendukungmu dan tidak mengerti alasan kamu melakukan hal tersebut. Atau ketika kamu sedang cerita dia bukannya mendengarkan malah asik menimpali ceritamu dengan ceritanya.

4. Tidak sefrekuensi lagi denganmu

Photo by Elijah O\'Donnell from Pexels

Photo by Elijah O\’Donnell from Pexels via https://www.pexels.com

Mereka asik berkata-kata tanpa berpikir dan itu tidak sesuai dengan kepribadianmu, kamu ketika berbicara penuh pertimbangan, sedangkan mereka berbicara asal saja tanpa berpikir sekiranya orang yang menjadi lawan bicaranya sakit hati atau tidak dengan perkataan itu.

5. Mereka mudah menghakimimu

Photo by Keira Burton from Pexels

Photo by Keira Burton from Pexels via https://www.pexels.com

Ketika sesuatu terjadi padamu, mereka langsung menghakimimu “ya kamunya juga sih salah” tanpa mendengarkan penjelasanmu, mereka tidak bisa bersikap netral.

Ketika kamu bercerita mereka langsung mengambil kesimpulan yang memojokanmu tanpa memvalidasi kepadamu dahulu. Mereka mudah menghakimimu atas segala sesuatu yang kamu perbuat.

6. Mereka mengasingkanmu

Photo by Karabo Lengwadi from Pexels

Photo by Karabo Lengwadi from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu merasa tidak diinginkan dalam kelompok tersebut, keberadaanmu di kelompok tidak ada bedanya, ada atau tidaknya kamu tidak berarti apa-apa. Ketika berkumpul bersama mereka asik berbicara satu sama lain, sedangkan kamu tidak ada yang mengajak mengobrol, sendiri dengan sunyi.

6 tanda di atas adalah tanda bagaimana kamu sudah tidak cocok berada di circle pertemananmu. tidak enak kan berteman namun tidak memberikan hal positif dalam hidup? Cobalah cari pertemanan yang positif yang memberikan impact baik bagi kehidupanmu.

Karena terkadang kita dikenal dengan siapa kita berteman, seperti sebuah pepatah yang berbunyi “ kita akan berbau wangi jika berteman dengan penjual minyak wangi, begitupun sebaliknya” jadi, cobalah terbuka dan mencari pertemanan positif dan membuat kita nyaman berada dalam lingkungan pertemanan itu, karena hidup ini terlalu rumit jika ditambah dengan pertemanan yang membuat tak enak hati.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

suka membaca dan belajar hal baru

CLOSE