Bercerita tentang Britain tentu tidak lepas dari unsur klasik di dalamnya. Wilayah yang masih menerapkan sistem kerajaan ini memang sudah seperti negeri dongeng dalam kehidupan nyata. Bangunan-bangunan historis berarsitektur katedral, hamparan padang rumput yang berbatasan dengan hutan dan danau ala film Harry Potter, debur ombak yang menyapu pasir pantai lengkap dengan tebing-tebing tinggi tentu sudah melekat di pikiran kita jika berbicara tentang Britain.

Keindahan alam ditambah kentalnya latar belakang historis menjadikan UNESCO hingga tahun 2017 kemarin telah menobatkan 28 tempat di Britain sebagai UNESCO World Heritage Sites. Kebanyakan tempat yang menjadi UNESCO World Heritage Sites mendapatkan perhatian khusus dari dunia sehingga akomodasi di tempat tersebut lebih baik dibandingkan tempat wisata pada umumnya. Termasuk juga dilengkapi dengan website resmi yang menyediakan informasi mendetail tentang tempat tersebut.

Westminster Abbey yang berdekatan dengan Big Ben adalah salah satu UNESCO World Heritage Site di Britain. Kebanyakan orang yang berkunjung ke Britain pasti mengunjungi situs tersebut. Kalian mau anti mainstream? Berikut ini lima situs berpredikat UNESCO World Heritage Site lain yang bisa menjadi referensi liburan kalian:

1. Blenheim Palace

Blenheim Palace

Blenheim Palace via http://treasurehouses.co.uk

Istana indah yang terletak di Oxfordshire ini adalah hadiah Queen Anne, Ratu Britania Raya pada masa itu, untuk John Churchil karena kemenangannya pada pertempuran Blenheim tahun 1704. Di tempat ini juga lahirlah Sir Winston Churchill, seorang Perdana Menteri Britania Raya pada masa perang dunia kedua. Blenheim Palace adalah contoh kediaman bangsawan yang sempurna di abad ke 18 sehingga digunakan sebagai kediaman keluarga Duke of Marlborough sampai saat ini.

Sebagai UNESCO World Heritage Site, istana ini menyajikan pengalaman wisata yang luar biasa. Para pengunjung benar-benar dimanjakan oleh tur dan informasi yang lengkap. Bahkan Blenheim Palace menyediakan aplikasi yang bisa diunduh di gadget kita berisi audio guide, peta hingga sejarah istana dan taman yang mengelilinginya.

Advertisement

Didalam istana ini terdapat rak panjang berisi buku-buku tua yang jumlahnya lebih dari 10.000 buku. Ada juga Churchill exhibition yang menceritakan tentang kehidupan pemilik istana ini. Lebih serunya lagi, pada waktu tertentu kita juga dibolehkan untuk melihat ruangan-ruangan yang ditinggali oleh keluarga Duke of Marlborough.

Selain itu, diluar istana juga disediakan tur sehingga kita bisa berjalan jalan di taman yang dilengkapi dengan rumah kupu-kupu, air mancur hingga Labirin Marlborough. Oiya, taman di Blenheim Palace memiliki luas 809,3 hektar, sehingga sering diadakan event besar seperti perayaan paskah, pameran, fun run, food festival, konser bahkan sirkus. Taman yang luas ditambah istana yang begitu megah mungkin juga menjadi pertimbangan beberapa film seperti Transformer: The Last Knight, Spectre (007), Cinderella dan Harry Potter and the Order of the Phoenix untuk syuting disini.

2. Dorset and East Devon Coast

Dorset and East Devon Coast

Dorset and East Devon Coast via https://jurassiccoast.org

Dorset and East Devon Coast adalah wilayah pantai yang memiliki garis sepanjang 95 mile atau 153 km . Tempat ini sangat penting bagi para ilmuwan dalam mempelajari bumi karena adanya gugusan karang yang mengalami proses sedimentasi alami dan menjadi saksi bisu 185 juta tahun sejarah bumi. Jika berkesempatan ke tempat ini, jangan lupa untuk berfoto di depan batu karang melengkung yang terkenal bernama Durdle Door.

Advertisement

Nama lain dari Dorset and East Devon Coast adalah Jurrasic Coast, ada yang tahu kenapa dinamakan demikian? Ya benar karena Dorset and East Devon Coast juga merupakan rumah bagi ratusan fosil lho..wow!! Oleh karena itu, selain keindahan pantai dan karang nya, tempat ini juga memungkinkan kita untuk berburu fosil dan jika ingin mengetahui lebih jauh tentang fosil kita juga bisa mempelajarinya di Museum Lyme Regis.

3. St Kilda

St Kilda merupakan gugusan pulau yang letaknya cukup jauh dari kepulauan Inggris. Tidak hanya darat tetapi ekosistem laut nya juga sangat menakjubkan. Hal ini menjadikannya satu dari sedikit tempat di dunia yang mendapat dua predikat UNESCO World Heritage Sites.

Lokasi St. Kilda yang sangat alami menjadikannya tempat tinggal burung laut seperti Fulmar, Puffin dan koloni Gannets terbesar di dunia. Tempat ini juga memiliki sea stack atau batuan berbentuk tiang tertinggi di Britain bernama Stac an Armin yang tingginya mencapai 196 m.

Walaupun dibuka untuk umum, namun akses menuju kepulauan ini cukup sulit yaitu hanya dengan kapal pesiar. Selain itu jika ingin kesana kita harus steril dari penyakit dan juga tidak boleh membawa apapun yang bisa merusak originalitas tempat ini. Walaupun demikian, keunikan dan keindahan yang ditawarkan St. Kilda tetap menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi jika memungkinkan.

4. City of Bath

City of Bath

City of Bath via http://whc.unesco.org

Bath merupakan kota yang terkenal karena The Roman Bath, spa yang dibangun oleh bangsa Romawi dengan memanfaat sumber air panas alami di kota tersebut. Arsitektur bangunan di kota ini bertemakan Gregorian sehingga kesan klasik khas eropa sangat terasa disini. Jika sudah puas dengan spa, kita bisa berjalan jalan menikmati pemandangan kota Bath menyusuri Royal Crescent yang merupakan jalanan paling indah di Britain dan tentunya The Circus. Lapar? Kita bisa menikmati sajian fish and chips tradisional khas Britain di restoran ternama Scallop Shell. Tidak hanya dimanjakan dengan wisata di darat saja, di kota Bath bahkan kita bisa melihat pemandangan kota klasik ini dengan balon udara lho..wow!!

Kota Bath terletak di Somerset, sekitar 90 menit jika menggunakan kereta api dari Stasiun London. Dari Kota Bath kita juga bisa mampir ke Stonehenge karena jaraknya hanya 54 km. Jadi dalam sekali jalan, dua World Heritage Sites bisa dikunjungi sekaligus.

5. Liverpool Maritime Mercantile City

Liverpool Maritime Mercantile City

Liverpool Maritime Mercantile City via http://www.unitedkingdomtravelguide.com

Liverpool Maritime Mercantile City adalah pelabuhan terbesar di dunia pada abad ke 18 dan 19. Oleh karena itu, banyak bangunan bersejarah di tempat ini yang terbagi menjadi 6 lokasi yang berbeda yaitu The Pier Head, The Albert Dock, The Stanley Dock Conservation Area, Duke Street Conservation Area, The 'Commercial Quarter' dan The 'Cultural Quarter'. Salah satu landmark yang terkenal di sini adalah Royal Liver Building yang berada di The Pier Head yang kini digunakan sebagai kantor sebuah asuransi.

Sayangnya, lokasi yang indah ini sudah ditetapkan UNESCO sejak tahun 2012 berstatus “dalam bahaya” karena adanya sebuah proyek pembangunan yang akan merubah beberapa bangunan historis. Selain itu dilansir dari website UNESCO, salah satu penyebabnya adalah belum adanya upaya yang signifikan dari pemerintah setempat untuk menyelamatkan area bersejarah ini.

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya