Penting banget nih buat kamu yang berencana traveling ke UK khususnya Skotlandia! Rugi kalo belum sempet ke tempat-tempat ini, suerr..

Untuk kamu yang ngaku sebagai Traveler, pasti pernah memiliki keinginan untuk pergi ke Eropa kan? United Kingdom atau biasa disingkat UK merupakan sebuah negara tujuan destinasi yang bisa dibilang Paket Komplit nih. Selain menyajikan tempat-tempat yang iconic khas Eropa, ternyata UK juga memiliki kebudayaan yang nggak kalah menajubkan! Nah, salah satu negara bagian di UK yang wajib banget kamu datengin adalah Skotlandia! #AyoKeUK #WTGB #OMBG

Skotlandia merupakan salah satu negara bagian di Britania Raya dan Irlandia Utara atau Great Britain and Northern Ireland. Tepatnya nih di bagian paling Utara, yang berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik. Skotlandia sangat terkenal dengan berbagai macam kastil bersejarah yang menjadi bukti fisik berdirinya berbagai kerajaan pada masa lampau. Nah, apa aja sih 10 Destinasi di Skotlandia yang kudu banget kamu kunjungi? Ini dia..

1. Northpoint Cafe; Tempat bertemunya Prince William dan Kate Middleton

Northpoint Cafe St. Andrews

Northpoint Cafe St. Andrews via https://farm5.staticflickr.com

Northpoint Cafe merupakan sebuah cafe yang menyajikan makanan-makanan khas eropa, seperti salad, pizza, dan fish and chips. Namun cafe ini berbeda dengan cafe pada umumnya. Ya, Northpoint Cafe adalah tempat bersejarah awal bertemunya Prince William dan Kate Middleton saat tidak sengaja memesan kopi di cafe ini. Northpoint Cafe berada di St. Andrews tepatnya 24 North St, St Andrews KY16 9AQ, Skotlandia. Banyak pelancong yang mengunjungi cafe ini untuk mencicipi menu yang ada, atau sekadar berswafoto di halaman depan cafe yang melegenda ini.

2. The Elephant House; Tempat kelahiran Harry Potter

The Elephant House

The Elephant House via https://www.facebook.com

Adakah penggemar serial film Harry Potter? Pastinya kamu kenal J.K Rowling dong? Yap bener banget! J.K Rowling adalah penulis buku Harry Potter yang sangat mendunia. The Elephant House adalah tempat J.K Rowling mendapatkan inspirasi-inspirasi dalam pembuatan buku tersebut, yang akhirnya The Elephant House ini dikenal sebagai Tempat Kelahiran Harry Potter.

Advertisement

The Elephant House ini sendiri berdiri sejak tahun 1995 dan menyajikan menu teh dan kopi, karena latar belakang cafe ini sebagai tea and coffee house di Edinburgh, Ibu kota Skotlandia. Nah buat kamu yang tertarik untuk datang kesini, The Elephant House berada di 21 George IV Bridge Edinburgh EH1 1EN Skotlandia.

3. Calton Hill; Situs Warisan Dunia dari Skotlandia

Calton Hill Edinburgh, Skotlandia

Calton Hill Edinburgh, Skotlandia via https://markshimazuphotography.files.wordpress.com

Calton hill adalah sebuah bukit di Pusat Kota Edinburgh. Nah, Edinburgh itu sendiri merupakan Ibu Kota Skotlandia. Calton hill terletak di ujung timur Princes Street dan menjadi salah satu landmark atau identitas kota Edinburgh. Selain itu, Calton hill juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Disini kamu bisa menikmati pemandangan kota Edinburgh yang begitu mempesona. Bangunan model eropa kuno yang masih terjaga dengan baik hingga saat ini. Calton hill juga dijadikan sebagai Markas besar Pemerintahan Skotlandia, yang dikelilingi oleh berbagai Museum serta Kantor Pemerintahan.

4. Arthur's Seat Edinburgh

Arthur's Seat

Arthur's Seat via https://edinburghevents.org

Arthur's Seat adalah puncak utama dari deretan perbukitan di Kota Edinburgh, Skotlandia. Disini kamu bisa menikmati pemandangan kota Edinburgh yang apik! Meski terbilang cukup tinggi, pendakian di Arthur's Seat ini relatif aman kok. Lelahnya mendaki akan dibayar lunas dengan panorama yang bisa dibilang tiada duanya. Arthur's Seat ini sering disebut-sebut sebagai salah satu lokasi Camelot, sebuah Istana legendaris dan juga merupakan Istana kepala prajurit Romano-Inggris yakni King Arthur.

Advertisement

Bagaimana? Tertarik untuk datang kesini?

5. Edinburgh Castle

Edinburgh Castle, Skotlandia

Edinburgh Castle, Skotlandia via https://static1.squarespace.com

Edinburgh Castle merupakan salah satu objek wisata terpopuler yang terletak di Ibu kota Skotlandia. Edinburgh Castle dibangun oleh Michele Canmore pada abad ke 13. Kastil ini berdiri diatas bekas gunung berapi yang disebut Castle Rock. Edinburgh Castle merupakan destinasi wisata yang disukai turis baik domestik maupun mancanegara, karena Edinburgh Castle juga dianggap sebagai icon dan landmark dari Edinburgh. Di dalam Edinburgh Castle terdapat Mahkota Permata dari Skotlandia, yakni The Stone of Destiny yang menjadi simbol Monarki Skotlandia, serta terdapat juga senapan abad ke 15 yang terkenal, yakni Mons Meg, dan One O 'Clock Gun.

6. Loch Lomond

Loch Lomond, Skotlandia

Loch Lomond, Skotlandia via https://i.ytimg.com

Loch Lomond berasal dari bahasa Scottish Gaelic yakni Lac Leaman. Loch adalah nama lain dari Sungai air tawar. Orang skotlandia lebih sering menyebut Loch daripada River. Loch Lomond adalah salah satu dari ratusan Loch yang ada di Skotlandia, dan menjadi yang paling populer karena Loch Lomond merupakan hamparan perairan terbesar di Britania Raya. Popularitas Loch Lomond menginspirasi musisi Skotlandia menciptakan lagu berjudul The Bonnie Banks o 'Loch Lomond.

7. Glen coe; the Scottish Highland

Glencoe adalah dataran tinggi yang ada di Skotlandia. Glencoe merupakan tipe pegunungan vulkanik yang terletak di bagian selatan wilayah Lochaber, dan sebelumnya merupakan bagian dari County Argyll. Disini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang bisa menghilangkan penat, lengkap dengan udara yang sejuk. Jika beruntung, kamu bisa melihat penampilan Scottish Bagpiper yang memainkan alat musik tradisional asli Skotlandia, lengkap dengan baju tradisionalnya. Looks so legit!

8. Glen Finnan Viaduct; jalur utama Hogwarts Express Harry Potter

Glen Finnan Viaduct, Skotlandia

Glen Finnan Viaduct, Skotlandia via https://images.unsplash.com

Skotlandia memang sangat erat hubungannya dengan serial film Harry Potter. Benar saja, banyak tempat-tempat di Skotlandia yang dijadikan tempat pengambilan adegan film tersebut. Salah satunya adalah Glen Finnan Viaduct. Tempat ini terkenal dengan jalur kereta api Hogwarts Express yang membawa rombongan muridnya menuju sekolah sihir Hogwarts.

Glen Finnan Viaduct terletak di daerah dataran tinggi, dan dikelilingi oleh beberapa pegunungan. Akomodasi yang paling recomended untuk sampai ke Glen FInnan Viaduct adalah dengan menggunakan mini bus, karena kendaraan umum sangat jarang sekali ada yang sampai kesini. Glen FInnan Viaduct sangat cocok untuk kamu yang mengagumi serial film Harry Potter.

9. University of Glasgow; the Real Hogwarts

University of Glasgow

University of Glasgow via http://www.davewilsonphotography.com

University of Glasgow adalah satu dari beberapa perguruan tinggi di Glasgow. Glasgow itu sendiri merupakan Kota Terbesar di Skotlandia, yang juga menjadi Pusat perkembangan Industri. Bangunan University of Glasgow ini digunakan sebagai lokasi sekolah sihir Hogwarts pada serial film Harry Potter. Tempat ini juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin berswafoto ala Hogwarts pada dunia nyata. Barangkali kamu juga tertarik untuk melanjutkan sekolah disini?

10. Kelvingrove Art and Gallery Museum

Kelvingrove Museum, Glasgow

Kelvingrove Museum, Glasgow via http://rhymeandribbons.com

Kelvingrove Museum adalah sebuah museum seni yang berada di kota Glasgow. Museum ini dibuka secara resmi pada tahun 2006 oleh Ratu Elizabeth II. Lokasi dari Kelvingrove Museum ini dekat dengan University of Glasgow, jadi bisa ditempuh dengan jalan kaki, dan jangan khawatir! Kelvingrove Museum ini gratis! Dengan menghadirkan 22 tema kesenian, dan 8000 objek seni yang mengagumkan. Jadi, tempat ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin traveling dengan budget yang minim.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya