Biasanya nih, banyak anak sekolah yang putus cinta karena alasan akan menghadapi Ujian Nasional. Ya. UN memang menjadi momok untuk siswa kelas akhir karena UN lah yang akan menentukan kamu lulus dan bisa melanjutkan sekola ke tingkat yang lebih tinggi atau tidak.

Dapat dikatakan musim UN sama dengan musim putus cinta di kalangan anak remaja. Dengan alasan agar bisa lebih fokus belajar. Nah, sebenarnya sih semuanya tergantung pada kalian semua yang akan menjalani UN.

Jika kamu bisa membagi waktu dan bisa fokus dan konsentrasi pada ujian yang akan kamu hadapi. Kamu nggak perlu minta putus atau mutusin pacar kamu.

Gini nih cara agar status pacaranmu nggak ganggu konsentrasi belajarmu saat akan menghadapi UN.

1. Batasi waktumu bersama doi, kamu harus pintar membagi waktu

Waktu Belajar

Waktu Belajar via https://www.rppsmk.com

Advertisement

Yang pertama nih yang paling penting adalah kamu harus bisa membatasi waktumu bersama dengan doi. Jadi, dalam hal ini kamu harus pintar membagi waktu antara belajar dan pacaran.

Ini sangat penting sekali, kalo kamu mau lulus kamu harus tahan nih nggak sering-sering ketemu doi.

2. Buat pasanganmu mengerti tentang masalah dan targetmu

Konsultasi dengan Pasangan

Konsultasi dengan Pasangan via https://pixabay.com

Kalo si dia adalah pasangan yang baik buat kamu dia pasti akan mengerti dengan kondisimu saat akan menghadapi Ujian Nasional atau UN.

Advertisement

Jadi, kamu bisa bicarakan baik-baik dengan pasanganmu kondisi, masalah dan targetmu untuk lulus ujian.

Kalo dia adalah pasangan yang baik, dia pasti akan mengerti posisimu dan mendukungmu.

3. Saling menyemangati satu dengan yang lainnya

Saling Menyemangati

Saling Menyemangati via https://statuskita.com

Jika doi sepantaran denganmu dan juga akan menghadapi Ujian Nasional, ini tentu cukup baik. Kalian bisa saling menyemangati pasangan kalian satu dengan yang lainnya.

Jadi, kamu bisa semangati pasanganmu begitu juga pasanganmu yang akan menyemangatimu. Ini ciri-ciri hubunganmu dalam keadaan baik-baik saja dan sehat.

4. Ajak doi belajar contoh-contoh soal ujian bareng

Belajar Contoh Soal

Belajar Contoh Soal via https://contohsoal.co.id

Nggak cuma bisa saling support dan saling menyemangati saja loh. Kamu juga bisa ajak si dia belajar dan mengerjakan contoh soal ujian bareng.

Tentu ini akan sangat menyenangkan karena kamu bisa bertukar pikiran dengan si dia jika ada soal yang kurang di mengerti. Lumayan kan bisa belajar sambil ketemuan.

Eh, tapi ingat kamu harus konsentrasi dan fokus pada latihan soal ujian yang kamu bahas dengan si dia bukan yang lainnya ya.

5. Kurangi bermain sosial media

Bermain Sosmed

Bermain Sosmed via https://pixabay.com

Mending mulai dari sekarang baik kamu atau dia mengurangi intensitas bermain media sosial. Akan lebih baik jika kalian lebih fokus bersama-sama belajar contoh soal ujian deh. Ini akan lebih baik untuk kalian berdua.

Jadi, gimana? Coba deh lakukan ini dengan pasanganmu agar nilai UN kalian berdua sama-sama memuaskan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya