Inilah 5 Cara yang Bisa Wanita Lakukan Untuk Meredakan Nyeri Saat Haid

Meredakan nyeri haid ternyata bisa diredakan dengan hal-hal berikut.

Nyeri saat haid adalah sesuatu hal umum yang dirasakan wanita selama datang bulan. Hal tersebut disebabkan karena lepasnya hormon prostaglandin yang menyebabkan rahim berkontraksi untuk mengeluarkan sel telur yang tidak di buahi. Nah dibawah ini 5 cara meredakan nyeri saat haid. Untuk pertolongan saat nyeri haid melandamu.

Advertisement

1. Makan makanan yang meredakan nyeri haid

Foto oleh Riki Risnandar dari Pexels

Foto oleh Riki Risnandar dari Pexels via https://www.pexels.com

Buah mangga merupakan salah satu makanan yang dapat meredakan nyeri saat haid, buah mangga mengandung banyak sekali vitamin diantaranya vitamin C dan vitamin B yang dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh serta membuat tubuh terjaga dan terlihat bugar. Vitamin C dapat meningkatkan jumlah esterogen dalam tubuh dan dapat mengurangi hormon progesteron, sehingga mengurangi kontraksi pada rahim dan nyeri yang tidak tertahankan.

2. Kompres perut dengan air hangat

Photo by rawpixel.com from Pexels

Photo by rawpixel.com from Pexels via https://cdn-image.hipwee.com

Saat nyeri haid melanda, kita dapat mengompres perut kita dengan air hangat. Dapat diketahui bahwa suhu panas dapat melancarkan aliran darah ke daerah panggul dan dapat mengendurkan otot otot tubuh yang kram, salah satunya perut sehingga mengompres perut bagian bawah dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.

Advertisement

3. Olahraga ringan

Foto oleh Alexy Almond dari Pexels

Foto oleh Alexy Almond dari Pexels via https://www.pexels.com

Untuk meredakan nyeri saat haid, kamu bias berolahraga ringan seperti jalan santai atau yoga. Jalan santai terbukti dapat meredakan keluhan yang muncul saat dating bulan, salah satunya nyeri atau kram pada perut. Dan yoga adalah jenis olahraga ringan yang terbukti dapat mengurangi nyeri dan stress pada wanita saat haid.

4. Pijat area perut

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Selain melakukan olahraga ringan, memijat perut juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat haid lho! Memijat dengan lembut di area perut dapat merileks kan otot otot panggul dan mengurangi kram. Sebelum memijat bisa dengan mengoleskan minyak pijat, body lotion atau minyak kelapa agar lebih mudah.

5. Minum obat pereda nyeri

Advertisement
Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels

Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels via https://www.pexels.com

Selain ke 4 cara diatas, mengonsumsi obat pereda nyeri adalah cara terakhir untuk meredakan nyeri saat haid, seperti asam mefenamat dan paracetamol. Dan jika dengan cara cara tersebut belum juga dapat meredakan nyeri haid kamu, maka jangan sungkan untuk periksakan diri ke dokter.

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan saat nyeri haid melandamu. Ingat, bila rasa sakit sudah tidak wajar segera periksa ke dokter ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Menulis walau setitik

CLOSE