Inilah 5 Alasan Mengapa Menulis Itu Baik Untukmu!

Menulis untuk memperbaiki. Yuk kita kerjakan!

Hadirnya teknologi dan pengembangannya membuat banyak orang kekinian semakin kreatif. Salah satunya adalah banyaknya yang menekuni dunia kepenulisan.  Sebagai pekerjaan kreatif karena membutuhkan ide yang bersumber dari pengalaman dan kreativitas, ternyata banyak orang yang menggandrungi dunia kepenulisan ini, bahkan tidak sedikit yang rajin mengikuti kelas-kelas dan komunitasnya.

Berdasarkan pengalaman penulis saat ikut suatu kelas kepenulisan. Terdapat banyak sekali ibu rumah tangga yang antusias untuk belajar menulis. Rata-rata alasan mereka suka kepenulisan karena terbiasa membaca genre fiksi, terutama yang mengandung kisah rumah tangga seperti percintaan dan pelakor. Bukan hanya emak-emak. Tentu banyak kalangan lain yang menggemari dunia kepenulisan. Dengan tujuan masing-masing tentunya. Kamu salah satunya kan?

Oleh karena itu, di tengah ramainya minat masyarakat terhadap kepenulisan ini, apakah kamu sudah tau bahwa menulis itu adalah sesuatu yang baik untuk dikerjakan? Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa menulis itu baik untuk kamu. Yuk simak artikel ini!

Advertisement

1. Tempat bersedekah atau berbagi

Photo by cottonbro from Pexels

Photo by cottonbro from Pexels via https://www.pexels.com

Sebagai makhluk sosial yang beriman pada Tuhan, ada baiknya bersedia membagi manfaat yang positif bagi orang lain. Dengan tulisan kamu bisa mengubah hidup orang, lho! Dengan tulisan, kita bisa membagikan kisah, motivasi, dan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan pengalaman kita maupun kisah-kisah orang yang inspiratif. Yang tentu akan sangat berguna bagi penerimanya.

Pada era ini, membagikan tulisan dapat dengan mudah dilakukan hanya melalui media sosial. Tanpa mesti menulis buku yang prosesnya lebih kompleks. Namun nggak ada salahnya mengeksplor lagi minat menulis dengan menerbitkan minimal satu buku.  Dan jangan lupa bagikan apa yang memang bernilai manfaat ya!

Advertisement

2. Mengukir sejarah

Photo by Rafael Cosquiere from Pexels

Photo by Rafael Cosquiere from Pexels via https://www.pexels.com

Jika bukan anak raja dan ulama besar, maka menulislah.

Kurang lebih seperti itu perkataan salah satu ulama terkenal, Imam Al-Ghazali. Menulislah untuk mengukir sejarah. Buat namamu akan tetap hidup bersama karya yang sangat bermanfaat! Setidaknya minimal anak cucumu bisa membaca kumpulan goresan pena milikmu dan menjadi motivasi untuk mereka.

3. Sarana introspeksi diri

Photo by Keenan Constance from Pexels

Photo by Keenan Constance from Pexels via https://www.pexels.com

Kamu bisa meluapkan semua rasa dan pikiranmu dengan menulis, lho! Seperti mengintropeksi diri, menceritakan pengalaman hidup, curhat dengan pembaca, dan membuat rencana perbaikan ke depannya. Nantinya apa yang kamu tulis itu bisa menjadi dokumentasi dan menjadi pengawas serta pengingat untukmu.

Advertisement

4. Sebagai refleksi terhadap pengetahuan

Photo by Min An from Pexels

Photo by Min An from Pexels via https://www.pexels.com

Ilmu tanpa amal nampaknya kurang lengkap. Menurut penelitian, dengan menulis sesuatu yang dipelajari maka ilmu tersebut lebih meresap ke otak. Bahkan kalau sudah terbiasa menulis bisa-bisa menjadi ahli di bidang tersebut. Atau bisa dibilang jam terbangnya sudah tinggi.  Oleh karena itu apa yang kita tulis adalah refleksi dari pengetahuan yang kita miliki. Menulis ternyata lebih kompleks dari yang kita pikirkan bukan?

5. Melatih otak agar tetap sehat

Photo by Michael Burrows from Pexels

Photo by Michael Burrows from Pexels via https://www.pexels.com

Otak butuh rangsangan agar tetap sehat. Salah satunya dengan menulis demi mengaktifkan daya pikir. Karena menulis itu butuh berpikir, tentu saja otak akan lebih aktif dan bisa sehat. Selain itu agar tulisan lebih berkualitas, maka kamu harus mengonsumsi lebih banyak bacaan. Bisa lewat buku atau media lainnya.Dengan terbiasa membaca, maka akan menambah pengetahuanmu. Disamping itu otak juga merekam banyak kosakata baru yang berguna sebagai bahan tulisan.

Nah, di atas tadi adalah 5 alasan kenapa menulis itu baik. Selanjutnya silakan menggoreskan pena dan bukalah jendela dunia untuk kebaikan. Semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa akhir yang sedang mengembangkan diri dalam dunia kepenulisan dan bisnis online

CLOSE