MATCHA (抹茶, teh bubuk dalam bahasa jepang) adalah teh hijau dari jepang yang disebut tencha yang di giling sedemikian rupa agar menjadi partikel-partikel bubuk untuk mempermudah dalam penyeduhan. Biasanya teh hijau atau matcha ini sering diminum dalam upacara atau acara minum teh di jepang. Selain itu matcha juga sering digunakan untuk pelengkap makanan dan perasa makanan seperti mochi, soba, es krim, es serut, cokelat, berbagai jenis kue Barat, dan wagashi. Selain itu pula dapat di gunakan untuk bubuk perisa serta pewarna makanan alami.

Terdapat pula hal-hal yang jarang orang tau atau salah sangka tentang salah satu teh ini, apa saja hal-hal tersebut? Yuk kita bahas 5 fakta unik matcha, check it out!

1. Asal muasal matcha

Banyak dari kita yang awal mulanya mendengar dan merasakan matcha ini adalah teh khas dari Jepang bukan? Tidak hanya kalian kok, saya juga berfikir bahwa matcha ini berasal dari Jepang karena kebanyakan dipopulerkan oleh budaya minum teh Jepang. Namun sayangnya hal itu salah besar!

Matcha di perkirakan dibuat dan di perkenalkan oleh Tiongkok pada abad ke-10. Pada zaman Kamakura tepatnya sekitar abad ke-12 seorang pendeta dari Zen bernama Eisai yang memiliki aliran Rinzai membawa teh tersebut ke Jepang dan memperkenalkanya kepada rakyat setempat dan matcha mulai terkenal di jepang dan sampai saat ini, matcha di gunakan dalam upacara-upacara khas di Jepang.

2. Matcha sama dengan kopi

Matcha & Cofee

Matcha & Cofee via https://makanjogja.com

Advertisement

Kenapa demikian matcha dapat disamakan dengan kopi? Karena, hal itu disebabkan oleh matcha sendiri yang memiliki kandungan kafein di dalamnya, karena teh matcha di buat menjadi bentuk bubuk maka kandungan kafein yang terdapat di dalam matcha bertambah berkali-kali lipat lebih banyak, bagi kalian yang sensitif atau alergi dengan kafein pada minuman sebaiknya tidak meminum teh hijau ini, karena kandungan kafein di dalam teh ini sendiri cukup tinggi.

3. Matcha memiliki kandungan timah

Kandungan timah pada teh belakangan sangat sering menjadi perbincangan di beberapa kalangan media, karena sifat matcha sendiri yang tidak akan larut dan di serap air pada saat teh di seduh, baik teh bubuk maupun celup. Namun berbeda dengan matcha, anda bisa meminum teh matcha ini sendiri dengan tanpa khawatir teh matcha mengandung timah, karena beberapa saat lalu ada sebuah penelitian tentang matcha, mereka mengambil beberapa sample matcha untuk di uji coba kandungan timahnya, dan hasil yang di temukan, tidak adanya kandungan timah dalam setiap matcha yang di tes tersebut.

4. Jenis cara pembuatan matcha dalam upacara

Alat pengaduk

Alat pengaduk via http://crownhoreca.com

Matcha yang asli dalam penyeduhanya tidak sembarangan loh pakai mixer atau alat modern lainnya, ada dua jenis seduhan yang digunakan dalam membuat matcha yang pertama adalah koicha. Teh macha koicha adalah teh matcha yang dibuat secara kental dalam penyeduhanya, khusus untuk koicha biasanya dihidangkan dalam upacara minum teh yang sangat formal, koicha sendiri dibuat dari kualitas matcha terbaik yang harga bubuk matchanya sendiri terbilang mahal.

Advertisement

Semangkuk koicha biasanya dibuat untuk para tamu yang datang, dan satu mangkuk itu untuk di minum secara bergiliran oleh para tamu, dan pada upacara minum teh, koicha disajikan dengan kue basah (Namagashi). Yang kedua adalah usucha. Teh macha usucha adalah teh matcha yang di buat secara encer dalam penyeduhanya, sama dengan koicha, usuhca juga di sajikan dalam upacara-upacara minum teh formal di jepang, hargaya relatif lebih murah, namun, bahan dari usucha bisa pula mengunakan bahan yang sama dengn koicha.

Berbeda dengan koicha, usucha diseduh untuk perorangan, jika koicha dihidangkan dengan namagashi atau kue basah, maka usucha dihidangkan dengan higashi atau kue kering. Jika dalam upacara minum teh menyajikan koicha maka dalam upacara tersebut tidak akan menyediakan usucha, demikian pula sebaliknya.

5. Pelengkap dalam meditasi

Orang-orang di Jepang sering melalukan meditasi, apa lagi bagi mereka yang ingin membentuk tubuh, sehat maupun menurunkan berat badan, jadi saat mereka bermeditasi, mereka sering meminum teh ini untuk menjaga tubuh mereka agar tetap terjaga saat meditasi dan mendukung proses pembentukan tubuh dari konsumsi yang sehat.

Nah demikian fakta-fakta yang masih banyak orang tidak mengetahui dan salah dalam mengartikannya, khususnya hal tentang asal muasal matcha, semoga dengan artikel ini dapat membantu teman-teman agar tau fakta yang ada, terima kasih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya