Menjadi mahasiswa mungkin tak dapat dilepaskan dari berbagai acara di lingkup kampus. Entah sekadar menjadi peserta, atau malah terlibat menjadi pihak penyelenggara. Acara-acara seperti seminar, workshop, diskusi, dan pemutaran film pun banyak bertebaran di dunia perkuliahan. Tak terkecuali, kampus negeri seperti Universitas Negeri Yogyakarta.

Seperti kampus lain, UNY memiliki cukup banyak tempat yang dapat dijadikan sebagai opsi lokasi penyelenggaraan acara. Tapi ternyata, ada tempat-tempat yang cukup menjadi lokasi andalan, lho!

1. Auditorium UNY

Auditorium

Auditorium via http://baki.uny.ac.id

Aula besar yang satu ini seringkali menjadi salah satu opsi yang paling memungkinkan untuk menjadi lokasi acara berskala besar. Ruangan yang cukup luas dapat menampung hingga ratusan lebih orang di dalamnya. Alhasil, auditorium milik UNY ini kerap kali dijadikan sebagai tempat resepsi pernikahan yang cukup menjadi pilihan.

Adapun, fasilitas auditorium UNY juga cukup memadai untuk berbagai acara seperti seminar, wisuda, reuni, diklat, pameran, hingga resepsi pernikahan. Tak salah jika tempat ini cukup diperhitungkan untuk acara besar, ya!

2. Ruang Sidang Utama Rektorat UNY

Ruang Sidang Utama

Ruang Sidang Utama via https://www.uny.ac.id

Advertisement

Nyaris sebagian besar mahasiswa UNY pasti pernah singgah di ruangan ini. Memiliki desain ruangan yang enak dipandang serta luas yang cukup, Ruang Sidang Utama Rektorat UNY cukup kerap diburu oleh penyelenggara acara-acara seminar, workshop, dan sejenisnya, untuk menjadi lokasi acara.

Selain digunakan sebagai ruang rapat sebagaimana mestinya, ruangan yang berada di lantai dua Rektorat UNY ini hampir tak pernah sepi oleh berbagai macam acara tiap bulannya. Entah acara seminar yang diadakan oleh mahasiswa, atau pun acara resmi lain yang diadakan oleh pihak kampus.

3. Aula Lantai 3 Student Center UNY

Student Center UNY kerap disebut sebut sebagai rumahnya para mahasiswa yang aktif berorganisasi di kampus. Tempat ini menjadi rumah bagi puluhan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di lingkup UNY. Berbagai kegiatan UKM banyak dilakukan di sini. Tak terkecuali sebuah aula yang berada di lantai tiga.

Advertisement

Berbeda dengan ruangan lain yang biasa digunakan sebagai tempat acara seminar, aula ini lebih banyak digunakan untuk kepentingan UKM. Kegiatan seperti kumpul bersama, pertunjukkan terbatas, konser mini, dan acara semacam yang berskala kecil.

4. Ruang Audio Visual Museum Pendidikan Indonesia

Ruang Audio Visual

Ruang Audio Visual via https://commons.wikimedia.org

Berlokasi di dekat Fakultas Ilmu Pendidikan, Museum Pendidikan Indonesia (MPI) masih masuk dalam kawasan UNY. Di dalam MPI inilah terdapat sebuah ruangan multifungsi yang dirasa cukup nyaman untuk digunakan sebagai tempat screening atau pemutaran film.

Sesuai dengan nama audio visual, ruangan ini memang cocok untuk tempat diselenggarakannya pemutaran film pendek atau diskusi, mengingat fasilitas yang memadai untuk acara semacam itu.

5. Ruang Pertemuan Lantai 4 Digital Library UNY

Ruang Pertemuan Lantai 4

Ruang Pertemuan Lantai 4 via http://galeri.uny.ac.id

Ini, nih, ruangan yang mungkin menjadi primadona baru terselenggaranya beragam acara di UNY!

Baru saja diresmikan pada tanggal 8 Maret 2018 lalu, fasilitas Digital Library UNY telah mulai dimanfaatkan oleh para civitas akademika UNY. Termasuk diantaranya yaitu ruang pertemuan yang terletak di lantai 4 Digital Library. Ruangan ini pun mulai banyak dipertimbangkan untuk menjadi tempat diselenggarakannya berbagai acara diskusi, seminar, pemutaran film pendek, dan semacamnya.

Adapun fasilitas ruangan yang dapat memuat hingga 300 orang ini pun dirasa cukup lengkap. Mulai dari fasilitas video conference, hingga giant screen projector yang terhubungkan ke seluruh dunia. Hmm.. pantas saja, ya, ruangan ini dipertimbangkan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya