Negara kita merupakan negara berkembang. Negara ini adalah tempat sebagian besar dari kita lahir, tumbuh besar, bahkan mencari nafkah. Kita mungkin sering membanding-bandingkan negara lain di luar sana yang lebih maju dari kita. Kita sering lupa bahwa masih banyak yang masih bisa disyukuri dari negara kita.

Buat kamu yang sering nyiyir dan pesimis dengan negara kita kamu harus baca ini, supaya kamu bisa ingat bersyukur masih diberi kenikmatan yang lebih dibanding saudara-saudara kita di negara lain. Untuk kamu yang sudah bangga dan bisa beryukur, setelah kamu baca ini mudah-mudahan kamu makin bisa untuk lebih bersyukur. Selamat membaca....

1. Disaat Banyak Negara Berpotensi Bangkrut, Negara Kita Masih Sanggup Bertahan

Venezuela dikabarkan nyaris bangkrut

Venezuela dikabarkan nyaris bangkrut via https://www.kaskus.co.id

Banyak negara yang diramalkan bangkrut di tahun 2018 ini. Salah satu negara tersebut adalah Venezuela. Venezuela yang berada di Amerika Latin merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan minyak mentah terbesar di dunia. Negara ini dulunya sangat makmur saat harga minyak sedang tinggi, bahkan pemerintahnya memberikan banyak sekali subsidi di berbagai bidang untuk warganya. Tapi subsidi itu ibarat bom waktu yang membuat warga Venezuela menjadi manja. Uang hasil keuntungan penjualan minyak banyak digunakan untuk subsidi yang bersifat konsumtif daripada produktif.

Ketika harga minyak jatuh, perekonomian Venezuela pun hancur. Kini Negara tersebut bahkan gak mampu memberi makan rakyatnya. Kita harus bersyukur di tengah pelemahan ekonomi yang dialami banyak negara lain, negara kita masih kuat untuk menghadapinya. Kita masih bisa menikmati makan yang cukup dan harga-harga barang masih normal. Jadi walaupun sekarang subsidi gak banyak lagi di negara kita, kita nggak boleh mengeluh.

Advertisement

Negara kita sedang giat membangun, negara kita sedang mengubah pola hidup konsumtif menjadi produktif dengan membangun infrastuktur di sana-sini. Dengan infrastruktur yang baik, akan menopang perekonomian kita ke depan. Jangan melihat jangka pendeknya aja, karena di dunia ini gak ada yang instan kecuali mie instan favorit anak kost, ehh.

2. Negara Kita Kaya Sekali Akan Sumber Daya Alam

Semua ada di Nusantara

Semua ada di Nusantara via https://geograph88.blogspot.com

Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman,

Begitulah kira-kira penggalan sebuah lagu lama. Tentu saja lagu itu benar dan nggak mengada-ada. Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Tanah kita luas dan subur, lautan kita luas dan banyak ikan. Kita punya cadangan emas yang besar, cadangan minyak dan batubara melimpah. Hampir seluruh sumber daya alam terdapat di negara kita.

Advertisement

Sekarang tinggal bagaimana kita jaga kedaulatan tanah dan laut kita, agar petani dan nelayan kita dapat bekerja dengan tenang tanpa diganggu oleh negara lain. Blok blok cadangan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui pun telah banyak yang kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi dan dapat dimaksimalkan selanjutnya untuk kesejahteraan warga Indonesia.

Kita harus mau bersyukur, bekerja dan berusaha, karena walaupun banyak sumber daya yang kita punya gak akan ada gunanya tanpa kita olah untuk kesejahteraan bangsa. Tapi kita gak boleh serakah, kita harus tetap ingat melestarikan alam kita. Karena aku percaya, Indonesia bisa jadi negara maju.

3. Dalam Perbedaan dan Keberagaman Negara Kita Tetap Satu Jua

Walaupun berbeda beda tapi tetap satu jua

Walaupun berbeda beda tapi tetap satu jua via http://materi4belajar.blogspot.com

Di negara kita ada 6 agama yang diakui dan terdapat sekitar 1340 suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah Nusantara. Keberagaman yang begitu besar tersebut tentunya rawan akan perpecahan. Tapi negara kita dapat membuktikan bahwa sejauh ini didalam keberagaman kita masih dapat hidup berdampingan dengan damai. Di negara lain di berbagai belahan dunia, banyak terjadi perang saudara.

Mereka yang satu bangsa saling menyakiti hanya karena perbedaan suku maupun agama. Perang saudara tersebut membuat kondisi Negara-Negara itu tidak aman. Di negara kita tercinta ini kita masih dapat menikmati hidup tenang dan damai. Kita diakui sebagai Negara dengan toleransi beragama terbaik di dunia loh.

Kalaupun ada gesekan-gesekan kecil karena perbedaan, anggap saja itu hanya oknum kecil yang gak punya rasa toleransi di hatinya. Karena Indonesia bukan cuma punya agama tertentu maupun suku bangsa tertentu saja, tapi merupakan milik kita semua Orang Indonesia. Salam damai bangsaku!

4. Mau Liburan? Keindahan Alam di Negaramu Ini Kurang Cantik Apalagi?

Raja Ampat, kepingan surga di Nusantara

Raja Ampat, kepingan surga di Nusantara via https://www.merdeka.com

Siapa bilang liburan yang keren itu harus keluar negeri? Negaramu tercinta ini menyediakan banyak sekali tempat liburan keren yang gak bakalan bikin kamu nyesel udah datang kesana. Untuk apa jauh-jauh keluar negeri, kalau negaramu menyediakan keindahan yang tidak kalah cantik?

Kamu mungkin gak perlu ongkos yang mahal karena gak perlu jauh jauh ke luar negeri. Dari Sabang sampai merauke terhampar banyak keindahan alam yang menunggu untuk kamu datangi. Bahkan tahukah kamu, Raja Ampat merupakan salah satu tempat yang diakui memiliki terumbu karang terindah di dunia. Dunia aja mengakui loh. Jadi kalau mau liburan, liburan di negaramu aja ya nggak usah jauh-jauh keluar negeri dulu biar kita bersyukur dan makin cinta Indonesia.

Mudah-mudahan nanti aku juga bisa jalan-jalan keliling Indonesia, terutama Raja Ampat. Apalagi kalau jalan-jalannya berdua sama kamu, iya kamu. Amin.

5. Kamu Bilang Kuota Internet di Negaramu Mahal, Yakin?

Kuota Internet murah

Kuota Internet murah via https://www.google.com

Untuk anak muda jaman sekarang, kuota internet sangat dibutuhkan untuk mendapat informasi lebih cepat dan main "social media" tentunya. Bahkan hampir seluruh kalangan usia membutuhkan kuota internet di keseharian. Kita mungkin sering ngeluh harga kuota internet di Negara kita mahal. Tapi tahukah kamu, negara kita merupakan negara yang harga kuota internetnya termurah nomor 2 di dunia loh.

Nomor satu termurah ditempati oleh India. Sebagai perbandingan, dengan uang Rp 100.000,- kamu bisa dapat kuota sekitar 8 GB di Indonesia. Sedangkan di Amerika Serikat yang terhitung negara maju untuk kuota yang sama kamu harus keluar uang sekitar Rp 500.000,-.

Di Singapura yang merupakan negara tetangga kita di ASEAN bahkan kita harus keluar uang Rp 700.000,-. Bahkan di Afrika Selatan, pada salah satu kejuaraan sepakbola termewah di sana hadiah untuk "man of the match" nya kuota inernet 5 GB loh karena mahalnya kuota internet di sana. Jadi kalau kamu selesai beli kuota 5 GB di indonesia, kamu seakan-akan jadi "man of the match" turnamen sepakbola termewah di Afrika Selatan, wow.

Jadi buat kamu yang sering ngeluh internet mahal, ayo lebih bersyukur lagi. Coba kamu bayangin kalau kamu tinggal di negara lain, berapa banyak uang yang harus kamu bayar buat kuota aja. Tapi kalo menurut kamu di Indonesia memang masih mahal juga, belajar buat ngehemat kuota ajalah

Tentu saja masih banyak hal-hal lain yang bisa jadi alasan kamu untuk bangga dan besyukur menjadi warga negara Indonesia. Mungkin kamu bisa mendapatkan alasan-alasan lain dengan banyak membaca artikel lainnya. Memang, masih banyak saudara kita di daerah timur yang belum mendapatkan kesejahteraan yang seperti kita di yang ada di jawa dan sumatera dapatkan. Tapi aku percaya, pemerintah tidak akan pernah berhenti bekerja untuk membangun dan membangun agar semua warga akan sama rata kesejahteraannya sehingga seluruh anak bangsa dari Sabang sampai Merauke dapat terus bangga dan bersyukur karena menjadi bagian dari NKRI. Maju terus Indonesiaku!!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya