Hey kalian semua, 

Kali ini saya akan berbagi seputar daftar kota di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Indonesia merupakan salah satu negara yang dilewati garis pembelah bumi bagian utara dan selatan ini. Garis ini melintasi beberapa pulau indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Flores. Berikut daftar kota yang dilewati garis khatulistiwa

1. Kota Bontang

Tugu Khatulistiwa Bontang via http://borneochannel.com

Ternyata di kota kelahiran pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol merupakan salah satu kota yang dilintasi garis khatulistiwa. Kota ini berada di Provinsi Sumatra Barat. Garis Khtulistiwa ditandai dengan tugu yang berada di kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman

2. Perlintasan Riau-Sumatera Barat

Tugu Sakido Mura via http://borneochannel.com

Advertisement

Tugu ini didirikan oleh pemerintah Jepang pada masa penjajahan. Tugu yang bernama Sakido Mura ini berada di Kabupaten 50 Kota, tepat di tepi jalan lintas Riau-Sumatera Barat. Tugu ini juga memiliki nama lain yaitu Koto Alam atau Telur Gajah.

3. Riau

Tugu Khatulistiwa di Riau via http://borneochannel.com

Ada yang istimewa di kota Riau, di kota ini terdapat 2 buah tugu khatulistiwa yang berdiri dengan tegak. Tugu tersebut terletak di Dusun Tua, Kab Pelalawan dan di Lipat Kain, Kabupaten Kampar.

4. Kepulauan Batu dan Lingga

Monumen Khatulistiwa di Kep Lingga via http://borneochannel.com

Kedua pulau ini berada di dekat pulau Sumatera. Pulau ini kerap dijadikan tempat wisata bagi pecinta olahraga laut dan pantai. Disamping letaknya yang unik, pulau ini juga menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

5. Pontianak

Tugu Khatulistiwa Pontianak via http://borneochannel.com

Advertisement

Ibu kota Kalimantan Barat ini adalah kota yang paling sukses dalam membranding garis khatulistiwa sebagai ikon kota. Sekarang, monumen khatulitiwa bukan hanya sekedar menjadi penanda. Namun telah menjadi objek wisata terpadu yang menarik.

6. Bontang

Tugu Santan Ulu via http://borneochannel.com

Perlintasan Garis khatulistiwa di Bontang ditandai dengan adanya tugu Santan Ulu di KM25 jalan Poros Bontang-Samarinda. Tugu yang didirikan tahun 1993 ini memiliki tinggi sekitar 30 meter.

7. Sulawesi Tengah

Tugu Pagiri Moutong via http://borneochannel.com

Sedangkan di Sulawesi Tengah, tugu khatulistiwa berada di Desa Siney, Kab Parigi Moutong, 160 Km sebelah utara Palu. Tugu Parigi Moutong yang dibagun tanggal 1992 ini memiliki ketinggian 7 meter.

8. Kepulauan Kayoa, Amberi, dan Gebe

Tugu Khatulistiwa di Pulau Kayoa via http://borneochannel.com

Disebelah timur indonesia juga terdapat beberapa kepulauan yang dilewati garis khatulistiwa. Diantaranya Kepulauan Kayoa, Pulau Gebe, dan Amberi. Ditandai dengan berbagai monumen yang berdiri di pulau-pulau tersebut.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya