UK adalah destinasi yang penuh dengan pesona, baik pesona kultural maupun sejarah. Saat berbicara tentang UK, mungkin orang-orang akan membayangkan bangunan-bangunan besar yang sudah ada sejak zaman dulu. Padahal, ada banyak fakta-fakta menarik lain yang berkaitan dengan UK. Namun, fakta-fakta tersebut tampaknya belum terlalu dikenal masyarakat internasional. Meskipun memang ada banyak orang yang tahu, tapi tetap saja, fakta-fakta tersebut tidak setenar fakta mengenai Big Ben atau Ratu Elisabeth. Nah, jika kamu ingin tahu fakta-fakta menarik tentang UK yang berbau sejarah, baca artikel ini, yuk!

1. Nama desa terpanjang di dunia ternyata di UK

Di Indonesia, kamu mungkin sudah pernah mendengar nama-nama desa yang lucu dan dapat membuat orang tertawa saat mendengarnya. Nama-nama lucu itu misalnya Desa Kebocoran di Purwokerto, Dusun Koplak di Sleman, Desa Kandangsapi di Sragen, dan lain-lain. Nama-nama desa tersebut cukup sering diperbincangkan dan dijadikan sebagai guyonan.

Berbeda dengan di UK, desa yang sering diperbincangkan dan dijadikan sebagai bahan tawaan bukanlah desa yang makna namanya lucu, namun desa yang namanya panjang dan susah dieja. Desa tersebut adalah

Advertisement

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Llanfairpwllgwyngyll-gogerychwyrndrobwlllllandysiliogogogoch berarti "Gereja Santa Maria di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air deras dan gereja Santo Tysiliodari gua merah”. Desa ini merupakan sebuah desa kecil yang ada di Wales. Berdasarkan cerita sejarah, nama desa ini dibuat pada tahun 1860-an oleh seorang tukang jahit. Ia ingin desa tersebut menjadi perhatian banyak orang karena memiliki nama yang panjang, yang dulunya adalah nama stasiun kereta api.

2. The Beatles, Grup Musik dari UK yang Ternyata Telah Beberapa Kali Berganti Nama

Kamu mungkin pernah mendengar grup musik The Beatles atau mungkin tahu beberapa lagu mereka. Meskipun sebenarnya sudah dikenal sejak tahun 1950-an, namun hingga saat ini, The Beatles masih memiliki banyak fans di berbagai negara, termasuk Indonesia.

The Beatles adalah grup musik yang berasal dari Liverpool, UK. Pendirinya John Lennon. Ia pertama kali mendirikan grup musik saat masih berusia 15 tahun dan bersekolah di Quarry Bank High School. Pada 1956, Lennon membuat sebuah grup musik lain yang diberi nama “The Quarrymen”. Waktu berganti waktu, grup musik ini mulai sering berganti namadan juga berganti anggota selama beberapa kali, hingga akhirnya anggota terakhir memutuskan untuk mengganti nama menjadi “The Beatles”. Sebelumnya, The Beatles juga sempat dikenal dengan nama “Johnny and the Moondogs.” Johnny yang di maksud adalah John Lennon sendiri.

3. UK Memiliki Bangunan yang Lebih Tua dari Piramida Mesir

Advertisement

Sejak SD, mungkin kamu telah mendengar berbagai cerita tentang piramida yang ada di Mesir. Bangunan ini memang sangat tua. Bahkan, tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa piramida Mesir adalah bangunan tertua di dunia.

Ya, saat berbicara tentang bangunan tertua, mungkin bayanganmu juga jauh dari UK. Mungkin kamu berpikir UK penuh dengan bangunan-bangunan moderen. Padahal, UK memiliki bangunan yang usianya jauh lebih tua dibanding piramida Mesir. Bangunan tersebut dinamakan Stonehenge.

Stonehenge adalah salah satu landmark yang terkenal di UK dan letaknya tepat di Wiltshire, Inggris. Bangunan ini juga dikenal sebagai ikon kultur Britania. Peneliti percaya bahwa bangunan yang dibuat antara 3000 hingga 2000 SM masehi ini bisa saja merupakan bekas kuburan.

4. Salah Satu Kota yang Paling Terkenal di UK Ternyata Sudah Beberapa Kali Berganti Nama

Sebagai warga negara yang telah mempelajari sejarah Indonesia, kamu pasti tahu bahwa dulunya nama ibu kota yang kita kenal sekarang bukanlah Jakarta. Sebelum nama ibukota negara kita ditetapkan menjadi Jakarta, ia dulunya berganti nama beberapa kali. Jakarta sempat dikenal sebagai Sunda Kelapa, Jayakarta, Batavia, dan beberapa nama lainnya.

Ternyata, hal yang sama tidak hanya terjadi di Indonesia. Di UK, ada sebuah kota besar yang dulunya sempat berganti-ganti nama. Yup! Kota itu adalah London, ibu kota Inggris. London dulunya sempat dikenal dengan sebutan Plowonida, Lowonidonjon, Londonium, Londinion, dan Lundenwic. Berdasarkan informasi sejarah, masih ada beberapa nama lain yang merupakan nama lama kota London. Nama-nama tersebut berasal dari bahasa Celtic. Peneliti percaya bahwa beberapa dari nama-nama tersebut dibuat oleh bangsa Romawi saat mereka mendirikan benteng di sana (London).

5. Aturan yang Dianggap Paling Konyol di UK Adalah Aturan yang Berkenaan dengan Penggunaan Perangko Kepala Ratu

Di UK, ada sebuah peraturan yang bagi banyak orang terdengar konyol. Peraturan tersebut berkaitan dengan penggunaan perangko dengan gambar kepala sang ratu. Di Inggris, jika seseorang membuat cap perangko di atas amplop dengan kepala sang ratu yang dibuat (sengaja atau tidak sengaja) terbalik, maka tindakan akan dianggap sebagai wujud pengkhianatan terhadap Kerajaan Inggris. Orang yang melanggar tentu akan mendapatkan sanksi tertentu.

Pada tahun 2006, Daily Mail UK sempat memberitakan bahwa semua perangko bergambar kepala ratu telah dibuang. Namun, perangko bergambar kepala ratu masih banyak ditemukan di UK, terutama Inggris. Tentu saja, peraturan lama tentang penggunaan cap perangko bergambar kepala ratu tetap berlaku seperti sebelumnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya