Beberapa Istilah Ini Wajib Kamu Tahu Ketika Menduduki Bangku Kuliah

Dedek-dedek maba harus baca nih~

Belum lama ini pengumuman penerimaan mahasiswa baru jalur SBM diumumkan. Banyak anak yang menangis bahagia ada juga yang belum bisa diterima di PTN yang mereka idam-idamkan. Kuliah merupakan jenjang terakhir yang selanjutnya kita akan terjun kedalam dunia kerja yang sesungguhnya sehingga Universitas yang kita masuki mejadi suatu kebanggana bagi beberapa orang. 

Kalian yang diterima maupun belum tentunya masih belum terlalu paham dengan istilah-istilah yang ada didalam dunia perkuliahan kan. Supaya tidak bingung saat sudah masuk kuliah alangkah baiknya kalau kalian memahami istilah-istilah baru yang akan kalian jumpai di kuliah. 

Advertisement

1. KRS (Kartu Rencana Studi)

Sebagian besar kampus di Indonesia menggunakan istilah umum KRS untuk mengistilahkan kartu rencana studi. Meskipun ada beberapa kampus yang menyebutnya berbeda namum pada umumnya kampus menggunakan istilah KRS.

Kartu Rencana Semester merupakan catatan mata kuliah yang kalian ambil dalam satu semester. KRS bisa kamu rencanakan sendiri namun pastikan kalian melakukan konsultasi kepada Dosen Pembimbing atau Kakak Tingkat yang sudah lebih berpengalaman.

Advertisement

2. SKS (Satuan Kredit Semester)

Saat memasuki kuliah SKS akan menentukan pelajaran yang akan kalian tempu dalam satu semester. kalian dapat menentukan sendiri mata kuliah yang kalian inginkan selama satu semester sesuai dengan jumlah SKS yang kalian miliki. Biasanya setiap semester mahasiswa mendapatkan 18-24 SKS tergantung dari Universitas masing-masing yang menentukan.

Untuk S-1 SKS yang harus kalian tempuh sekitar 144-152 sks, D-lll sekitar 110-114 sks, Sedangkan S-1 ke S-2 memerlukan sekitar 36-45 sks.

3. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

Advertisement

KTM atau kartu tanda mahasiswa merupakan kartu tanda pengenal seperti halnya Kartu Pelajar saat kalian berada dibangku sekolah.

Fungsi dari KTM adalah sebagai penanda bahwa kalian merupakan mahasiswa dari suatu Universitas, dapat juga kalian menggunakan KTM untuk meminjam buku di perpustakaan ataupun berbagai macam fasilitas kampus yang mengharuskan menggunakan KTM.

4. IPS (Indeks Prestasi Semester)

IPS atau IP merupakan hasil nilai rata-rata dalam satu semester. Biasanya berupa selembaran yang diberikan langsung atau mendownload melalui web kampus.

IPS hampir seperti rapot saparti kalian saat ada dibangku sekolah hanya saja bentuknya saja yang berbeda. Nilai-nilai yang tertulis didalam IPS atau IP berupa huruf A hingga E.

5. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

Biasanya orang tua akan menanyakan IPK setelah semester selesai. IPK merupakan nilai dari setiap mata kuliah yang kalian ambil dari semester pertama hingga semester akhir.

Nilai yang tertulis dalam IPK berupa angka dari 1,00 hingga 4,00 sebagai nilai terbaik atau nilai sempurna.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini