Kedewasaanmu sebagai pria akan mempengaruhi kualitas jodoh yang kamu dapatkan nanti. Kalau kamu memang menginginkan wanita dengan kualitas dewasa, kamu harus mulai mendewasakan dirimu.

Karena kedewasaan seorang pria adalah harga dirinya sebagai seorang yang harus bisa memimpin dan mengayomi pasangannya dalam hubungan. Sebagai pria kamu dituntut untuk bisa menjadi pemimpin yang tegas.

Pria dewasa adalah mereka yang berani mengambil resiko dan bertanggungjawab untuk setiap keputusan yang mereka buat. Jangan sampai kamu tergolong anak laki-laki hanya karena kamu tidak berani mengambil resiko untuk memutuskan sesuatu.

1. Mulailah dengan berani mengambil keputusan kecil

Kamu sering ragu mengambil keputusan besar karena kamu tidak pernah berani untuk mengambil keputusan kecil mulai dari menu makan malam yang kamu inginkan, ingin nonton film apa dengan pasangan atau ingin pergi berlibur kemana dengan pasangan. Kalau untuk keputusan yang resikonya kecil saja kamu takut, apalagi untuk memutuskan hal yang punya resiko besar?

Kamu sering takut mengambil keputusan kecil itu karena kamu masih takut melakukan kesalahan dan tidak berani menanggung resiko. Kalau kamu terus seperti itu, kamu tidak akan pernah belajar dan mendapatkan pengalaman baru dari kesalahanmu.

Advertisement

Yang perlu kamu sadari adalah semakin banyak kesalahan yang kamu lakukan, semakin banyak pengalaman dan pelajaran yang kamu dapatkan.

Padahal dengan pengalaman dan pelajaran dari kesalahanmu itulah yang bisa membuatmu lebih percaya diri dan berani untuk memutuskan sesuatu.

2. Fokus pada permasalahan yang kamu hadapi sekarang

Ketakutanmu mengambil keputusan selama ini bisa jadi karena kamu masih memikirkan kesalahan yang kamu lakukan di masa lalu dan kamu takut melakukan salah yang sama. Padahal kalau kamu memang sudah belajar dari kesalahan masa lalu mu, kamu harusnya bisa menghindari kesalahan yang sama sekarang.

Advertisement


Jangan sampai ketakutan melakukan kesalahan yang sama di masa lalu menghambat dan menghalangimu untuk membuat keputusan mu sekarang.


3. Belajar menerima semua resiko dan konsekuensi

Tidak masalah kalau kamu salah dalam mengambil keputusan dan pilihan, kamu hanya perlu menerima dan memperbaikinya. Setidaknya kamu pasti mendapatkan pelajaran baru dari kesalahan yang kamu lakukan ini. Jadi, kenapa kamu masih saja meragukan dirimu untuk memutuskan sesuatu?

Karena salah adalah tanda kalau kamu memang sedang belajar. Daripada kamu terus menunda memutuskan sesuatu, lebih baik kamu melakukan kesalahan dan menerima konsekuensi dari pilihanmu.

Terima dengan tangan terbuka dan yang terjadi ya terjadilah. Kamu hanya perlu memikirkan solusi untuk mengatasi kesalahan yang kamu lakukan. Jangan takut, kesalahan yang kamu lakukan tidak akan separah dengan apa yang kamu pikirkan selama ini.

4. Cari tahu situasi seperti apa yang membuatmu tidak percaya diri dan perbaiki

Cari tahu situasi seperti apa yang sering membuatmu meragukan dirimu sendiri saat membuat keputusan dan mulai untuk memperbaikinya dengan keberanianmu untuk berubah dan menolak.

Misalnya saja saat kamu cenderung selalu mengiyakan semua permintaan tolong dari pasanganmu padahal kamu punya kesibukan lain yang lebih penting, kamu harus berani untuk menjelaskan dan berikan alasan pada pasangan mu kalau kamu tidak bisa membantunya.

Kamu harus tahu tingkat kemampuan mu dalam membantu orang lain dan tidak memaksakan dirimu membantu mereka dengan mengorbankan kesibukanmu sendiri.

Dengan begitu kamu bisa tegas untuk tidak memaksakan dirimu melakukan pengorbanan-pengorbanan untuk orang lain.

5. Latih dan biasakan dirimu menjadi seorang pria pemimpin

Kamu harus bisa menjadi pemimpin untuk dirimu sendiri sebelum kamu bisa memimpin wanita. Salah satu tanda kamu bisa memimpin dirimu adalah dengan yakin dan tegas pada semua pilihanmu tanpa mengikuti apa yang orang lain ingin kamu lakukan.

Karena hanya kamu sendirilah yang tahu apa yang terbaik untuk dirimu sendiri, bukan mereka.

Untuk menjadi pria yang tegas dalam memimpin, kamu bisa belajar dari orang yang memang punya pengalaman memimpin, kamu bisa ambil contoh publik figur yang punya jiwa kepemimpinan yang tegas dan cari tahu apa yang dilakukannya sehingga bisa menjadi pemimpin yang tegas.

Salah satu adalah karena dia selalu berani mengambil resiko dan menanggung konsekuensi dari pilihannya. Dan itulah yang harus kamu terapkan dalam dirimu mulai sekarang.

6. Pastikan kamu selalu bisa mengambil pelajaran dari setiap kesalahan

Coba sekarang kamu ingat-ingat lagi kesalahan apa saja yang sudah kamu perbuat di masa lalu agar kamu tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Semakin banyak kesalahan yang kamu lakukan, semakin banyak strategi yang kamu dapatkan untuk mengatasi masalah yang sama ke depannya, kamu pun pasti akan semakin pintar menentukan pilihan dengan berbagai pertimbangan.

Kalau kamu bisa belajar dari setiap kesalahan yang kamu lakukan, bukankah kamu akan semakin sadar dan percaya diri kalau kamu tidak mungkin melakukan kesalahan yang sama untuk kesekian kalinya?

Keberanian dan kepercayaan dirimu itu tidak kamu dapatkan begitu saja, tapi melalui proses melakukan salah yang berulang-ulang dan terus memperbaikinya.

7. Coba fokus pada kelebihan dan apa yang sudah kamu miliki sampai saat ini

Jangan hanya fokus pada ketakutan melakukan kesalahan saat kamu memutuskan sesuatu, cobalah fokus pada kelebihan dan apa saja yang sudah kamu dapatkan sampai saat ini. Ingat-ingat keputusan apa saja yang sudah kamu buat sampai bisa membawamu pada hal-hal baik yang kamu dapatkan sekarang.

Kalau perlu kamu harus belajar memberikan apresiasi pada dirimu sendiri untuk setiap keputusan bagus yang sudah kamu buat dan menjadikan mu bisa sampai seperti sekarang.

Buat dirimu bangga dengan semua pencapaian yang kamu dapatkan dengan keputusan brilian yang sudah kamu ambil. Jadikan itu motivasi untuk lebih percaya diri mengambil keputusan yang lebih besar lagi ke depannya.

8. Mulai kepercayaan dirimu untuk membuat keputusan

Untuk punya kepercayaan diri membuat keputusan, kamu harus yakin dan percaya pada kemampuan mu sendiri. Orang bisa percaya diri karena mereka yakin mereka punya kemampuan yang baik. Dan itulah yang membuat mereka tidak pernah ragu untuk membuat keputusan.

Termasuk untuk membuat keputusan dalam hubunganmu, agar kamu bisa lebih percaya diri saat membuat keputusan, kamu harus mencari tahu apa yang benar-benar kamu inginkan dari hubunganmu dan buat daftar pertimbangan dampak positif dan negatif dari setiap keputusan yang akan kamu buat.

Pastikan mulai sekarang kamu melatih dan membiasakan dirimu dengan sikap tegas untuk menjadikan mu pria dewasa yang punya wibawa dan mandiri dalam memutuskan sesuatu dalam hidupmu.

Sebagai pria dewasa yang harus bisa bertanggungjawab dengan kehidupanmu sendiri, kamu juga akan mendapat tanggungjawab lebih untuk membahagiakan wanita mu. Dan itu bisa kamu mulai dengan kepercayaan diri dan keyakinan mu untuk berani mengambil keputusan untuk setiap permasalahan yang kamu dan hubungan mu nanti akan hadapi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya