Indonesia terkenal dengan keanekaragaman suku dan budaya. Setiapa daerah Indonesia pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Tidak terkecuali kota medan nih guys, ibu kota dari Sumatra utara ini memiliki banyak makanan yang enak-enak tentunya. Dan sayang sekali kalau kamu berkunjung ke kota ini belum pernah nyobain salah satu makanan yang ada di Medan .

Di Medan nih guys mayoritas penduduknya berasal dari kerajaan batak atau keturunan orang batak. Maka Medan identik dengan kota batak. Namun bukan berarti hanya orang batak saja yang berada di kota ini, namun suku-suku lainnya seperti jawa, minang, banjar, dan lainnya juga ada loh.

Apa saja sih makanan khas Medan yang bisa kita coba atau juga bisa kita jadikan oleh-oleh untuk keluarga tercinta dirumah? Langsung saja kita simak, ini dia 6 jenis makanan khas Medan yang wajib kalian coba ketika berkunjung kesana.

1. Bolu Meranti

www.OMIYAGO.COM

www.OMIYAGO.COM via https://www.google.com

Kalau kamu hanya bilang “Ahhhh, cuma bolu saja apa bedanya sih dengan bolu lainnya?” eiitss jangan salah sangka guys, bolu meranti ini punya rasa yang khas. Walaupun bentuknya mirip dengan kue lapis dari Surabaya, tapi untuk rasa hmm dijamin kamu nggak akan nyesel deh.

Advertisement

Bolu meranti juga punya varian rasa bahkan terdapat 6 varian rasa loh guys, yaitu rasa kacang, nenas, strawberry, keju,  mocca. Bahkan kalau kamu bosan dengan yang manis kamu juga bisa pilih rasa abon ayam yang gurihnya waduh sadis guys!

Kalau kamu berkunjung ke Medan dan bingung mau bawa oleh-oleh apa coba aja deh beli Bolu Meranti ini. Untuk mendapatkan bolu ini kamu bisa pergi ke daerah Jalan Kruing Medan atau Jalan Sisingamangaraja.

2. Bika Ambon

www.OMIYAGO.COM

www.OMIYAGO.COM via https://www.google.com

Pasti kalian heran kan mendengar namanya, kok bisa Bika Ambon berada di Medan, padahal Ambon kan berada di Maluku? Itu memang masih rahasia mengapa nama kue ini dinamakan Bika Ambon. Namun bukan itu yang menjadi permasalahannya, kalau kamu datang ke Medan wajib banget coba kue satu ini.

Advertisement

Bika Ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukannya terdapat lubang-lubang kecil. Nah untuk rasa kue Bika Ambon ini memiliki varian rasa, yaitu  original, strawberry, durian, dan juga pandan. Kamu tinggal pilih rasa mana yang ingin kamu coba.

3. Soto Medan

Travel.tribunnews.com

Travel.tribunnews.com via http://travel.tribunnews.com

Kuliner satu ini pastinya sudah tidak asing, memiliki rasa yang gurih dari santan dan  warna kuning yang khas membuat makanan satu ini jadi sasaran para wisatawan. Beda banget dengan soto lainnya, soto medan ini terkenal dengan warna kuning yang khas dan juga wajib memakai santan.

Isi dari soto ini juga banyak, mulai dari bihun, suwiran ayam, tauge, irisan tomat lalu di siram dengan kuah kental berwarna kuning dan ditaburi daun bawang serta bawang goreng. Apalagi disajikan dengan nasi putih hangat dan juga perkedel kentang, wah dijamin kamu bakal ketagihan!

4. Kacang Sihobuk

www.OMIYAGO.COM

www.OMIYAGO.COM via https://food.detik.com

Kalau lagi ngumpul nggak enak kan kalau tidak ada cemilan, nah buat kamu yang suka ngemil coba deh cari makanan yang satu ini yapss bener banget kacang sihobuk. Sekedar info aja nih kacang ini berasal dari Desa Sihobuk Tarutung, Tapanuli Utara.

Rasa kacang ini juga khas banget ada manis-manisnya guys, ditambah gurih yang pas. Cara memasaknya juga unik lho, kacang ini dimasak menggunakan pasir. kacang ini memiliki tekstur yang renyah dan akan membuat kamu ketagihan untuk memakannya. Kacang ini juga pas untuk dijadikan oleh-oleh.

5. Kopi Sidikalang

Indonesian.alibaba.com

Indonesian.alibaba.com via https://indonesian.alibaba.com

Buat kalian yang pecinta kopi, jangan sampai melewatkan kopi yang satu ini jika kalian berkunjung ke Medan. Kopi ini berasal dari daerah Sidikalang yang memiliki ketinggian 1472 meter di atas permukaan laut.

Kopi yang dihasilkan dari daerah ini tentu saja memiliki kualitas yang baik. Rasa yang dihasilkan pun juga kuat karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Cocok banget buat kamu yang pecinta kopi.

6. Sirup Markisa

Sirupmarkisagk.com

Sirupmarkisagk.com via https://shopee.co.id

Sirup ini biasanya sangat ramai dicari ketika datangnya bulan suci Ramadhan, untuk sajian buka puasa. Rasanya yang manis dan ada sedikit rasa asam akan membuat tenggorokan kita menjadi segar. Sirup ini terbuat dari buah markisa lalu dicampur dengan gula dan air.

Kamu juga bisa menjadikan sirup ini menjadi buah tangan untuk keluarga tercinta di rumah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya