Siapa yang tak kenal dengan sosok Kang Didi Kempot? Pencipta dan pelantun tembang-tembang campursari dengan gaya rambut gondrong ini, lagunya memang dikenal hingga era saat ini. Gimana tidak? Selain sering menyelipkan nama-nama tempat ikonik Jawa Tengah, Didi Kempot juga suka banget mengiringi lagunya dengan musik yang mendayu-dayu.

Ditambah, kebanyakan kalau kamu artikan lirik lagunya yang berbahasa jawa, artinya itu lho bikin menyayat-nyayat hati. Apalagi buat kamu yang pernah atau malah masih mengalaminya~ Duh, nyesek!

1. Tanjung Mas Ninggal Janji

nyatane koe ora bali bali

nyatane koe ora bali bali via https://www.instagram.com


Nanging saiki wes lueh ing janji nyatane koe ora bali bali~

Advertisement

Namun saat ini sudah lebih dari janji, nyatanya kau tak kunjung kembali, Mas…


Duh, lagu tentang penantian ini bikin kita setuju bahwa menunggu itu melelahkan. Apalagi yang pernah mengalami, lalu dikecewakan begitu saja…"Yang kamu lakukan ke aku itu, jahat mas !"

2. Terminal Tirto Nardi

nganti sak elingmu, Mas

nganti sak elingmu, Mas via https://www.instagram.com


Rasane ngitung nganti lali Wes pirang taun anggonku ngenteni, Ngenteni sliramu neng kene tak tunggu Nganti sak elingmu

Advertisement

Rasanya menghitung pun sampai lupa Sudah berapa lama aku menunggu Menunggumu, di sini ku tunggu kau sampai kapanpun kamu ingat..


Masih tentang penantian. Kali ini bercerita tentang orang yang tak pernah lelah menunggu. Apalagi kata-kata dilirik terakhirnya itu lho… nganti sak elingmu, Mas :(

Selama apapun, ku tetap setia menanti huhuhuu…

3. Tangise Ati

koe cidro janji

koe cidro janji via https://www.instagram.com


Udan deres wayahe wis wengi Njur kelingan lungame dek wingi Opo wes dadi garising pesthi Kowe bakal cidro janji

Hujan deras di malam hari mengingatkanku tentang kepergianmu kemari apakah sudah menjadi takdir bahwa kamu akan ingkari janji?


Nah ini lagu buat para hati yang pernah dikecewakan kemudian patah. Lirik ini pas banget buat kamu yang hingga sekarang masih tak percaya bahwa si dia ternyata tega mengingkari janji. Hujan memang slalu bisa mengiringi deru tangis hati yang terluka :(

4. Ketaman Asmoro

kelingan sliramu

kelingan sliramu via https://www.instagram.com


Wes tak lali lali malah samsoyo kelingan Nganti tekan esok kapan nggonku Mendem ora biso turu

Sudah kucoba tuk melupakannya namun semakin teringat, hingga sampai esok aku gila karena tak bisa juga tidur


Kali ini lagunya nggak tentang patah hati, malah jatuh cinta. Tapi sama aja, dirundung galau dan gelisah. Saking terus kepikiran si dia hingga nggak bisa tidur. Tapi ya jangan sampai gila juga hehe

5. Sewu Kutho

senajan sak kedepe moto

senajan sak kedepe moto via https://www.instagram.com


Yo mung siji dadi penyuwunku Aku pengen ketemu Senajan sak kedepe moto Tak nggo tombo kangen jeroning dodo

Hanya satu yang menjadi permintaanku Aku ingin bertemu walaupun hanya sekedip mata untuk mengobati rindu dalam dada


Rindu ! Rindu itu berat ! Apalagi kalau sudah tak bisa memandang. Duh, ingin sekali bisa diberi waktu untuk menatapnya lagi walau hanya sekedipan mata saja ….

6. Lingso Tresno


Indahing ombak segoro parangtritis sak kidule yogja , Eling aku tansah eling Senajan koe ora eling

Indahnya ombak di Parangtritis di Selatan Jogja ingat, aku masih ingat meski kamu tak ingat


Akan selalu ada suatu tempat yang mampu membawa kita seakan kembali ke masa lalu. Aku ingat, dan akan selalu ingat. Tentang kamu. Tentang kita dulu. Meskipun aku tahu, kamu pasti lupa :(

7. Tulung

tegomu ninggal aku

tegomu ninggal aku via https://www.instagram.com


Tulung, tulungono aku Njaluk tulung tulung kantinen tanganku Tego Tegane koe ninggalake aku Tanpo noleh sansoyo adoh playumu

Tolong, tolonglah aku Minta tolong, tolong pegang tanganku Tega teganya kamu meninggalkanku tanpa menoleh malah semakin jauh larimu


Lagu ini mengajari kita, bahwa yang ingin pergi akan tetap pergi. Meski kita meminta, menangis ataupun berjuang. Dia akan tetap meninggalkan T.T

8. Pantai Klayar

aku wis lilo, Dik

aku wis lilo, Dik via https://www.instagram.com


Tulung sawangen, sawangen aku Sing nandang rindu Oh tulung muliho nadyan sedelo Aku wis lilo

Tolong lihat, lihatlah aku yang menanggung rindu Oh tolong kembalilah walau sebentar Aku iklas


Masih tentang kerinduan. Rindu yang mendera-dera. Tak apa kamu tak bersamaku lagi, aku iklas. namun bolehkah aku meminta waktu sedikit saja, untuk menyampaikan rinduku. :'(

9. Iklas


Trimo mundur timbang loro ati Tak oyakko wong kono wis lali

Trimo ngalah aku eis ra betah Tak tangisono mung gawe susah

Lebih baik mundur daripada sakit hati Ku kejar pun, toh kamu sudah lupa lebih baik mengalah aku sudah tak betah Ku tangisi pun, hanya membuat susah


Kalau ini sih lagu untuk hati yang sudah lelah. Lalu pasrah dan menyerah. Ya sudahlah..iklaskan saja :)

10. Suket Teki

aku tak sing ngalah, Nok

aku tak sing ngalah, Nok via https://www.instagram.com


Aku tak sing ngalah Trimo mundur timbang loro ati Tak uyako wong kowe wis lali Ora bakal bali

Biar aku yang mengalah Lebih baik mundur daripada sakit hati Ku kejar pun, toh kamu sudah lupa Tak kan pulang


Lirik yang hampir sama dengan Lagu Iklas. Tentang sebuah penerimaan . Karena dengan menerima setidaknya bisa membuat sakit hati kita tak semakin menganga.

Nah sudah diresapi arti lirik-liriknya kan? Giliran kamu play lagu nya juga ya. Gak cuma baper kok, banyak manfaat yang bisa kamu dapat saat tau lagu ini. Karena selain memperkaya genre musik, sekalian bisa menambah kecintaan kita terhadap Bahasa Jawa, yang tentunya sebuah kekayaan Indonesia 🙂 :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya