Siapa yang tidak pernah mendengar kata Inggris semasa hidupnya? Ya, kata Inggris memang sudah tak asing lagi kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari mata pelajaran di sekolah sampai berbincang dengan turis, ternyata kita sudah terbiasa dengan bahasa Inggris. Bahkan banyak anak kecil yang sudah diajarkan untuk terbiasa bercakap-cakap dalam bahasa Inggris, bukan?

Luar biasa! Inggris telah mendunia, guys! Dan kini saatnya bagi kita untuk membuka mata selebar-lebarnya 🙂 Tak hanya bahasa, kita juga perlu menyadari bahwasannya Inggris memiliki sisi keelokan yang patut kita kunjungi sesegera mungkin. Ada begitu banyak destinasi yang dapat kita kunjungi di sana, tentu saja masing-masing mempunyai keunikannya sendiri. Penasaran? Berikut ulasannya!

1. Big Ben

Amazing Big Ben

Amazing Big Ben via https://www.lonelyplanet.com

Ketika mendengar kata Inggris, pasti yang pertama kali muncul di benak kita adalah sebuah menara jam raksasa yang berdiri kokoh di kota London. Benar kan, guys? Elizabeth Tower atau yang biasa kita sebut sebagai Big Ben terletak di Istana Westminster, London, Britania Raya. Kini, menara setinggi 96,3 meter ini sudah berusia lebih dari 150 tahun.

Wah, sudah lama juga ya! Uniknya, menara ini miring setiap tahun sebanyak beberapa milimiter ke arah timur dan barat akibat efek thermal. Lantas, apakah arti dari Big Ben itu sendiri? Ternyata, Big Ben merupakan nama kecil untuk lonceng yang terletak di dalamnya, guys. So, jangan lupa cantumkan Big Ben dalam destinasi wisata mu nanti ya!

2. Hyde Park

Advertisement

Kata siapa tempat wisata di Inggris cuma bangunan-bangunan saja? Inggris juga memiliki taman kok, guys. Hyde Park, misalnya. Taman ini merupakan salah satu dari 8 Royal Park di London. Taman seluas 142 hektar ini biasanya digunakan sebagai tempat piknik, jogging, menunggang kuda, berenang, dan berbagai aktivitas lainnya. Tak usah diragukan lagi, taman ini memiliki banyak fasilitas yang mumpuni seperti Serpentine, Diana Memorial Fountain, Speaker's Corner, Refreshment Point, Serpentine Bar and Kitchen, Liberty Drives, dan masih banyak lagi.

Apa itu Serpentine? Serpentine merupakan sebuah danau buatan yang terletak di Hyde Park bagian selatan. Danau ini dibuat oleh Charles Bridgeman pada tahun 1730 untuk Queen Caroline, istri King George II. Biasanya, orang-orang berenang dan mendayung perahu di Serpentine. Lalu, apa itu Diana Memorial Fountain? Sama seperti namanya, fasilitas ini sengaja dibuat untuk mengenang Princess Diana. Rancangannya menggambarkan kisah hidup Princess Diana yang mengalami masa bahagia, penuh cobaan, yang kemudian berakhir di peristirahatannya yang tenang.

Sementara itu, Speaker's Corner digunakan oleh kalangan masyarakat setiap hari Minggu untuk menyampaikan aspirasi mereka dari segi politik, agama, dan lainnya. Sangat demokratis, bukan? Fasilitas berikutnya yakni Refreshment Point, merupakan tempat yang menjual minuman dan snack di sejumlah titik dalam Hyde Park. Jadi, kita tidak perlu khawatir apabila lupa membawa minuman atau snack saat berekreasi di sana. Jika snack saja tidak cukup mengenyangkan, ada Serpentine Bar and Kitchen yang bisa jadi andalan kalian, guys. Restoran ini terinspirasi dari kehidupan pedesaan di Inggris, terbayang 'kan suasananya seteduh apa?

Advertisement

Buat kalian-kalian yang kelelahan setelah menyusuri sebagian dari Hyde Park dan mungkin belum sepenuhnya menyusuri, boleh nih memanfaatkan fasilitas Liberty Drives. Fasilitas ini mirip dengan mobil-mobil kecil yang ada di lapangan golf itu loh, guys. Jangan khawatir soal biaya, fasilitas keliling taman ini gratis kok. Dan mantapnya lagi, untuk masuk ke Hyde Park, kita tidak dikenakan biaya tiket masuk apapun, kecuali untuk menikmati fasilitas-fasilitas tertentu di dalamnya. Ingat, tambahkan Hyde Park dalam wishlist destinasi wisatamu ya, guys ;)

3. London Eye

Millennium Wheel

Millennium Wheel via https://www.tiqets.com

Kincir angin ini bukan kincir angin biasa loh, guys. London Eye merupakan kincir angin terbesar kedua yang pernah dibangun di dunia. Letaknya di seberang Houses of Parliament, South Bank. Bentuknya kincir angin, lalu mengapa dinamakan London Eye ya? Hal ini dikarenakan ketika menaiki kincir angin, kita bisa melihat keindahan seisi kota London, jadi London Eye ini diibaratkan seperti mata untuk melihat seisi kota.

Maka tak heran antrian di Millennium Wheel, alias London Eye ini tak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Faktanya, panjangnya antrian tidak menyurutkan animo pengunjung untuk menikmati panorama kota London dari ketinggian 135 meter. Hayo gimana nih, guys? Semakin tertarik ingin pergi ke London, kan? :)

4. British Museum

Oldest Museum in the World

Oldest Museum in the World via https://londonist.com

Lagi-lagi predikat ter- di dunia dicantumkan pada British Museum karena merupakan museum tertua di dunia. Sebagai museum tertua, tentu saja koleksinya tak perlu dipertanyakan lagi. British Museum memiliki 6 juta koleksi yang mencakup 1,8 juta peradaban. Wih, keren banget! Saat memasuki museum ini, jangan lewatkan dekorasi Parthenon Sculptures ya, guys.

Apa sih Parthenon Sculptures itu? Dekorasi ini adalah dekorasi luar biasa yang dibuat pada abad ke-5 SM oleh Parthenon, tepatnya pada masa pemerintahan Pericles. Buat kamu-kamu yang ingin melihat langsung bagaimana rupa mumi sebenarnya, ternyata di British Museum juga ada loh, guys. Di sana ada Mummified Cat, yaitu mumi kucing yang berasal dari Abydos dan tercatat sejak 30 SM. Tambahkan lagi di list destinasi mu ya, British Museum.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya