Apasih kesan pertama kita ketika melihat sebagaian teman-teman kita yanng berfoto ria di akun Instagram mereka. Iya, mau ngikut seperti mereka juga. Kali ini ada lima hal yang membuka selayak pandang kita tentang kehidupan di dunia luar itu seperti apa. Beberapa hal di bawah ini bisa mewakili perasaan mahasiswa Indonesia yang pernah hidup di luar negeri.

1. Rindu itu Rasa Sakitnya Tak Terbayangkan

Saat Merindukan Kampung Halaman

Saat Merindukan Kampung Halaman via http://www.newhdwallpaper.in

Ini pertama kali yang kamu rasakan apabila memutuskan jauh dari orang-orang yang benar-benar kamu sayangi. Kamu bakal bener-bener kangen dengan orang tua, sahabat, teman, pacar atau siapapun yang mempunyai ikatan denganmu. Harus diakui tidak ada resep yang kuat untuk hal yang satu ini. Kamu seperti mendekam dibalik jeruji besi. Kamu terperangkap oleh tempat, waktu dan keadaan yang tidak memungkinkan.

2. Tidak ada Makanan atau Tempat Nongkrong seperti di Indonesia

Makanan di Indonesia

Makanan di Indonesia via http://bagasnabil.blogspot.com.tr

Suasa Indonesia itu yang bakal bener-bener kamu kangenin. Tidak ada jajanan yang siap kamu beli kapanpun dan dimanapun. Tidak ada suasana seheboh yang ada di Indonesia. Bahkan kamu harus terbiasa jalan kaki jika mau kemana-mana apabila tidak ada bus yang melewati daerah tersebut. Malam di luar negeri tidak sebebas suasana Indonesia.

Advertisement

Kamu akan lebih memilih untuk berdiam diri di rumah atau asrama mahasiswa. Makanan di luar negeri juga tergolong sangat beda dengan masakan Indonesia pada umumnya. jika kamu diberi kesempatan makan makanan Indonesia di kota besar di negara tersebut harganya juga mahal.

3. Peliknya Perkuliahan di Luar Negeri itu Lebih Sulit

Peliknya Perkuliahan

Peliknya Perkuliahan via https://www.theodysseyonline.com

Kuliah di luar negeri yang menggunakan bahasa non Inggris itu memang tingkatan sulitnya luar biasa. Maka tak salah banyak yang harus belajar mati-matian untuk mengejar nilai tinggi. Kamu benar-benar akan merasakan seperti harus mengejar ketertinggalan dengan mahasiswa lainnya yang notabane mahasiswa lokal. Belajar memahami bahasa asing bukanlah suatu hal yang mudah.

4. Beasiswa yang Tak Kunjung Turun

Ketika Harus Bersabar

Ketika Harus Bersabar via https://de.dreamstime.com

Sudah menjadi derita mahasiswa yang datang ke luar negeri dengan beasiswa. Apabila pemberi beasiswa tak kunjung mencairkan beasiswa tepat waktu, kamu harus bersabar mengikat perutmu. Uang yang diberikan Ibumu mungkin saja tidak cukup dengan kebutuhanmu yang serba mahal di sini.

5. Rasa Menggebu-Gebu Menunggu Liburan Semester

Rasa yang Menggebu Balik ke Indonesia

Rasa yang Menggebu Balik ke Indonesia via http://www.dw.com

Advertisement

Liburan menjadi alasan tersendiri untuk mahasiswa untuk mendongkrak semangatnya. Tak hayal uang beasiswa atau uang yang diberikan orangtua disisihkan untuk membeli tiket pesawat yang harganya tentu mahal. Jauh-jauh hari mereka mengumpulkan uang tersebut, kemudian sering kepoin situs tiket-tiket murah untuk memudahkan kepulangan nanti.

Lima alasan yang tadi disebutkan bukan berarti sudah mencakup segala hal yang dialami oleh mahasiswa Indonesia di luar negeri. Setiap mahasiswa mempunyai ceritanya masing masing. Ngerasain kehilangan orang yang benar-benar kita cintai ketika di luar negeri juga merupakan suatu hal yang membuat mental kita terpukul. Serta hal-hal lain yang terjadi apabila kita sudah menikah dan memiliki si buah hati.

Waktu yang kita habiskan tidaklah sedikit. Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di luar Indonesia, sebaiknya memikirkan dulu risiko yang akan kamu alami jika benar kamu akan ke sana.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya