Weekend memang menjadi waktu yang tepat untuk Anda melepas penat bersama setelah 5 hari berkutat dengan aktivitas yang cukup padat. Pastinya kamu sudah tidak sabar bukan untuk berlibur?

Eitts, tunggu dulu..

Sama siapa dulu nih mau habisin waktu liburnya? Sama pacar dan sohib tongkrongan kan udah sering. Kalo sama keluarga sendiri, kapan terakhir kali ngumpul dan bercanda bareng?

Buat kamu yang masih ada di usia produktif dan belum berkeluarga, ada baiknya untuk tetap memperdulikan orang-orang tercinta di keluargamu.

Apalagi kalau kamu itu orangnya agak cuek dan selama ini mungkin kurang menjalin komunikasi yang intens dengan keluarga sendiri. Yuk, mulai perbaiki hal tersebut dengan melakukan quality time bareng.

1. Jalan-Jalan ke museum

Liburan bareng keluarga ke museum

Liburan bareng keluarga ke museum via https://www.secureteen.com

Mungkin bagi sebagian anak milenial, ngapain sih pergi ke museum apalagi sama keluarga, kayak berasa anak kecil banget ya? atau mungkin kayak berasa kuno banget enggak sih?

Advertisement

Padahal, di sana tujuan kamu itu bukan soal untuk cari “pamer di sosmed kan?”

Pergi bareng keluarga yang terpenting itu tujuannya biar kembali merasakan kehangatan dan kumpulnya semua anggota keluarga kamu.

Dari situ, kamu bisa mengabadikan foto bareng keluarga yang mungkin udah lama enggak ada di galeri hp kamu.

Advertisement

Selain itu, kamu dan keluargamu juga bisa belajar hal-hal baru lho, bahkan kalian bisa dapet banyak bahan topik pembicaraan supaya komunikasi jadi lebih cair.

2. Rekreasi ke alam hijau

Ajak keluargamu berlibur di alam hijau

Ajak keluargamu berlibur di alam hijau via https://www.thespruce.com

Oh iya, buat kamu yang punya jatah cuti agak lama, kayaknya bisa deh ngajak keluargamu pergi ke tempat dengan nuansa alam hijau yang segar nan asri, asiikk ga tuh?

Suasana alam dan udara yang menyejukkan dapat membuat seseorang lebih rileks, so buat kamu yang punya segudang target dan deadline, enggak ada salahnya ajak keluarga rekreasi ke daerah pegunungan atau pedesaan sesekali.

Percaya deh, kamu pasti bakalan kangen dan pengen terus ada di sana.

3. Tradisi masak dan makan bersama boleh kamu coba

buat acara masak & makan bersama saat weekend

buat acara masak & makan bersama saat weekend via https://bolakeluarga.com

“Ah, kayaknya lebih enak makan bareng di luar deh, simple dan enggak ribet”

Pasti sebagian dari kalian mikirnya begitu?

Cuman kalau dipikir lebih jauh, dari sini kamu bisa merekatkan kembali komunikasi sekaligus kenal lebih jauh selera makanan dari papa, mama, kakak, dan adikmu kamu sendiri itu seperti apa.

Banyak bahan belanja dan resep yang harus dibeli, nah kamu sama keluarga kan bisa tuh pergi bareng ke supermarket buat beli kebutuhannya.

Jadi, yang sebenernya dicari itu ya kebersamaannya di sini.

Kamu bisa sekalian belajar masak dan minimal tau lah ya apa aja bahan masakan yang mesti dibeli. Apalagi kalo orang tua kamu bisa masak, wiihh pastinya aneka hidangan masakan kesukaan kamu udah siap disantap di meja makan tuh.

Kebayang enggak suasana canda dan tawar di meja makan saat kamu lagi kumpul bareng makan bersama? unforgettable moment ya jadinya…

4. Ajak nonton bareng

ajak keluarga untuk menonton film bersama

ajak keluarga untuk menonton film bersama via https://td-universe.com

Nah, ide yang satu ini cocok nih buat weekend di Sabtu Minggu besok.

Jangan cuma ajak pacar atau teman nongkrong aja buat nonton. Quality time bersama orang tua dan saudara juga perlu dipertahanin biar enggak ada misskomunikasi.

Hampir sebagian besar masalah bagi mereka yang ada di umur 20-30 tahun itu komunikasi sama keluarga. Tunjukkin kalau kamu benar-benar peduli dengan mereka.

Kalau mau lebih berasa “homey“, coba deh bikin konsep Home Theater yang simpel-simpel aja. Tinggal siapin list film yang mau ditonton sama cemilangan ringan, kamu bisa liburan bareng sambil seru-seruan di rumah.

5. Pergi ke tempat wisata keluarga

liburan makin seru dengan bermain di tempat wisata

liburan makin seru dengan bermain di tempat wisata via https://www.janganlupabahagia.com

Melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama keluarga adalah momen-momen terbaik yang bisa kamu lakukan. Melihat orang yang menyangimu tertawa lepas merupakan suatu kebanggan tersendiri dan membuat hati lebih tenang.

Keluargamu adalah orang-orang yang akan selalu ada di sisimu apapun yang terjadi.

Mungkin selama in kamu jarang memperhatikan atau menanyakan bagaimana kondisi mereka di tempat kerja atau di sekolah.

Jangan lupa bahwa sumber kebahagiaan itu berasal dari keluarga sendiri, jadi teruslah pupuk quality time bersama kedua orang tua dan saudara sendiri.

Suatu saat nanti kamu akan sadar bahwa kamu telah melakukan hal yang benar dan kamu bisa menjadi lebih kuat karena selalu alasan kamu berjuang untuk orang yang kamu sayang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya