Jenuh dalam Hubungan: Jangan Nyerah Dulu, Ini 5 Cara Mengatasinya!

Jenuh itu wajar kok, tapi jangan dibiarin yaaa~

Fase jenuh kerap terjadi dan sah-sah saja dalam sebuah hubungan. Namun, jika ini terus dibiarkan atau tidak segera diatasi, dapat menjadi faktor pemicu berakhirnya suatu hubungan. Rasa jenuh dalam hubungan dapat muncul kapan saja dan seakan diwajari. Tapi, bukan berarti hal ini tidak bisa diatasi. Dear, ada banyak cara untuk atasi rasa jenuh dalam hubungan yang telah Riliv rangkum di bawah ini. Yuk, disimak!

Advertisement

1. Mencoba hal-hal baru setiap harinya bisa membantu atasi jenuh dalam hubungan!

Photo by DreamLens Production from Pexels

Photo by DreamLens Production from Pexels via https://www.pexels.com

Rasa jenuh wajar terjadi karena bisa jadi salah satu penyebabnya adalah melakukan rutinitas yang itu-itu saja. Coba deh, kamu dan pasangan melakukan hal baru yang menantang yang belum pernah kalian lakukan bersama sebelumnya. Misalnya, kamu dan pasangan biasanya kencan di restoran. Kini saatnya kamu mengajak pasanganmu untuk memasak menu favorit kalian bersama.

Lakukan sesuatu yang baru bersama, yang mungkin tidak pernah terlintas di pikiran sama sekali. Kegiatan yang memicu keluar dari comfort zone, dapat menjadi solusi yang baik untuk atasi rasa jenuh dalam hubungan. Sebab, aktivitas yang memberikan tantangan baru ini dapat memberikan warna baru dalam hubungan, mengusir rasa jenuh, dan menghidupkan kembali 'percikan' dalam hubungan kamu!

Advertisement

2. Try a vacation with your partner

Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Photo by Artem Beliaikin from Pexels via https://www.pexels.com

Rasa jenuh bisa jadi datang karena kamu dan pasangan kurang menghabiskan quality time bersama. Seorang pakar hubungan, Jessica Brighton, mengatakan bahwa quality time dengan merencanakan liburan dengan pasangan merupakan sesuatu yang dibutuhkan dalam hubungan. Menurutnya, liburan dengan pasangan dapat mendorong hubungan menjadi lebih kuat.

Akan lebih baik jika kamu dan pasangan merencanakan liburan ke tempat yang belum pernah kalian kunjungi sebelumnya. Hal ini bisa makin sempurna jika kamu bisa menghabiskan waktu yang benar-benar berkualitas tanpa harus bersentuhan dengan gadget masing-masing. Dear, ingin terdengar lebih menarik? Kamu bisa rencanakan liburan tanpa diketahui pasangan sehingga ini bisa menjadi sebuah kejutan untuknya!

3. Replicate your first dates

Advertisement
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Masih ingat bagaimana kencan pertama kalian berjalan? Ya, kamu bisa melakukannya lagi untuk mengingat kembali momen bahagia tersebut. Entah saat kencan sebelum atau sesudah jadian. Mengulang kembali kencan pertama dipercaya dapat mengusir rasa bosan dalam hubungan, lho!

Mengulang kembali momen bahagia dapat memicu rasa kasmaran kembali sehingga kamu ingat betapa berharganya momen tersebut, jadi tidak terlena dalam rasa bosan yang menghantui hubungan.

4. Atasi jenuh dalam hubungan dengan memberi pasanganmu kejutan-kejutan kecil!

Photo by vjapratama from Pexels

Photo by vjapratama from Pexels via https://www.pexels.com

Memberikan kejutan pada pasangan bisa membuat kamu dan dia semakin lengket lho, Dear! Kejutan yang dapat kamu berikan juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Justru kejutan kecil-kecilan yang sederhana dapat membuat pasangan kamu semakin jatuh cinta.

Misalnya, saat pasanganmu sedang akan melakukan ujian, kamu bisa memberi dia sedikit afeksi seperti makanan atau minuman yang bisa menemaninya agar terjaga saat belajar. Mau lebih lucu? Kamu bisa menambahkan tulisan yang memberikan semangat pada sticky notes dan selipkan di hadiahnya!

5. Take time for yourself!

Photo by Sam Lion from Pexels

Photo by Sam Lion from Pexels via https://www.pexels.com

Terkadang, penyebab bosan yang kita rasakan dalam hubungan adalah karena terlalu seringnya waktu bersama. Jadi, cobalah luangkan waktu untuk dirimu sendiri dengan memberi ruang sejenak masing-masing. Tidak harus benar-benar sendiri, kamu bisa menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman.

Kamu bisa melakukan kegiatan baru yang belum pernah terlintas sebelumnya, staycation bersama teman-teman, pergi ke tempat wisata baru bersama keluarga, mengikuti kegiatan relawan dan bertemu orang baru.

Apapun kegiatannya, lakukan hal-hal baru yang dapat kamu nikmati sendiri, tanpa pasangan. Mengisi waktu yang berkualitas untuk diri sendiri, kamu akan mendapat pikiran yang jernih dan hal ini dampaknya baik bagi hubungan. Kamu jadi tidak mudah merasa bosan dengan hubunganmu. Kamu bisa melakukan cara-cara di atas untuk mengatasi fase bosan dengan pasangan!

Disadur dari:

  1. Deitz, Bibi. 2020. 17 Things To Do When You Get Bored In Your Relationship. Retrieved from Bustle: https://www.bustle.com/articles/148328-17-things-to-do-when-you-get-bored-in-your-relationship

Ditulis oleh Tizani Azalia dari Riliv.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE