Ketika memilih jalan hidup untuk menjadi mahasiswa, biasanya seseorang akan merantau untuk mencari tempat menimba ilmu yang paling ideal menurut mereka. Alhasil mereka harus memiliki tempat menetap untuk beberapa tahun. Rumah kos menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian besar mahasiswa perantau. Dalam kehidupan kos, mahasiswa pasti memiliki lika-liku nya sendiri. Setiap anak kos pasti memiliki kebiasaan buruk mereka masing-masing.

1. Bangun kesiangan

Bangun siang via http://www.gregetan.com

Ngga bisa dipungkiri lagi kalo anak kos pasti akrab dengan kebiasaan buruk yang satu ini. Yap! Bangun kesiangan. Anak kos yang hidup merantau pasti jauh dengan orang tua atau kerabat sehingga mengharuskan mereka mandiri khususnya dalam hal bangun tidur. Anak kos yang bebas keluar malam dan tidur larut malam (biasanya tidur dini hari) membuat dirinya sendiri kecapekan dan akhirnya mengantuk. Alhasil mereka bangun kesiangan, ngga sarapan, ngga mandi, ngga ganti baju langsung meroket ke kampus buat ngejar sks. Perlu banget untuk diketahui guys kalo tidur larut malam itu ngga baik karena akan menurunkan tekanan darah kita… Inget kan kata Bang Rhoma? Begadang jangan begadang, kalau tiada artinyaaa.

2. Boros!

Advertisement

Awal bulan artinya jatah kiriman uang dateng dan bisa makan enak setelah beberapa hari cuma makan obat maag dan minum air putih. Eiittss..ini dia kebiasaan buruk anak kos yang lainnya.. BOROS! Anak kos pada awal bulan ketika uang kiriman dari orang tua mereka dateng pasti akan berpikiran untuk makan enak, jalan sama pacar, beli baju baru, beli aksesoris dan beli ijazah palsu.. Eh! Ini dia lingkaran setan anak kos, pas banyak uang akan dihabiskan untuk seneng-seneng giliran ngga ada uang cuma makan mie instan. Dan buruknya hal ini diulangi lagi terus menerus sampe lebaran kucing. Jangan boros-boros lah ya, itu kan uang orang tua kita harus digunakan dengan bijak.

3. Kebanyakan main dan jalan-jalan

Jalan-Jalan via http://cosmouk.cdnds.net

Anak perantau yang baru mengenal daerah rantaunya pasti akan sangat penasaran dengan seluk beluk kotanya. Hal yang menurut anak kos wajib dilakukan saat di perantuan adalah…main dan jalan-jalan. Dengan memakai embel-embel "biar kenal daerah sini" anak kos pun melakukan aksinya. Walaupun mereka jalan-jalan ngga jelas ke mall dan cafe-cafe tapi tanpa disadari mereka udah menghabiskan banyak waktu dan uang. Selain itu maba (mahasiswa baru) pasti sedang asyik-asyiknya punya temen baru dan main bareng biar akrab katanya. Tapi lama kelamaan main bareng ini jadi kebiasaan nongkrong bareng di cafe dari jam 7 malem sampe jam 12 malem. Finally, waktu mereka terbuang dan tugas-tugas kuliah yang seharusnya udah selesai jadi tertunda.. Aduuhh dasar anak kos.

4. Mengonsumsi makanan yang nggak sehat

Tuntutan keadaan anak kos yang harus serba praktis dan cepet,termasuk dalam hal makanan membuat anak kos sering ngga terkontrol gizinya. Anak kos pasti suka makanan yang praktis seperti fast food, makanan kemasan, makanan kaleng dan makanan instan seperti mie instan. Tapi…ada tapi nya guys, makanan instan atau makanan cepat saji itu mengandung bahan pengawet yang berbahaya. Dalam mie instan terkandung benzoic acid dan sodium yang berperan sebagai pengawet dan pemberi rasa, kalau dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan masalah serius pada kesehatan organ dalam. Begitu juga dengan fast food yang notabene merupakan makanan sampah yang kadar gizinya ngga seimbang. Hati-hati guys sama apa yang dimakan, karena kamu adalah apa yang kamu makan.

5. Jadi tukang… Tukang minjem

Pinjem Dulu Gan via https://pbs.twimg.com

Advertisement

Kehidupan anak kos yang serba minim menjadi penyebab utama hal ini. Yap! Pinjem barang temen. Pinjem barang itu boleh sih asal harus ada tata krama dan aturannya. Jangan minjem diem-diem pas malem hari terus barangnya dijual di pasar gelap dong. Eh! Itu mencuri namanya. Pinjem barang temen harus pake tata krama yang baik jangan asal pinjem aja terus asal pake, ngga baik itu. Jadi harus izin dulu kalau mau pinjem, itu pun kalo dia ngebolehin kalo engga ya yaudah usaha yang lain selain pinjem. Biasanya, anak kos bakalan pinjem benda-benda yang vital seperti alat mandi, alat makan, selimut sampe motor. Nah ini nih yang paling parah, pinjem motor apalagi kalau bensinnya diabisin terus ngga dibeliin lagi… Hadeeuuhh bisa bangkrut dong yang dipinjem.

Itulah beberapa kebiasaan buruk anak kos yang masih menjadi lingkaran setan yang selalu membelenggu kehidupan anak kos.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya