Relawan atau volunteer merupakan seseorang yang melakukan kegiatan tanpa dibayar meski kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan terlihat tidak mudah. Tapi, menjadi relawan dalam suatu kegiatan sosial bisa membuatmu bahagia, kenapa? Ini alasannya!

1. Datang dari hati

volunteer via http://gwisco.org

“Kok mau sih ikut kegiatan kayak gitu? Emang nggak capek?”

“Karena gue suka, jadi ya asyik-asyik aja tuh.”

Biasanya, alasan utama kamu bergabung menjadi relawan karena kamu tertarik atau suka dengan kegiatan tersebut.

2. Hidup adalah pemberian

Advertisement

Menjadi relawan, kita berbagi. Berbagi dalam kebersamaan. Memberi tenaga, pikiran, bahkan uang dalam kegiatan tersebut. Tapi ingat, bahwa hidup ini adalah pemberian Tuhan.

3. Kebahagiaan tidak selalu uang

Uang adalah segalanya. Tentu tidak asing dengan kalimat itu. Tapi, menjadi relawan, meski kamu tidak mendapatkan uang, kamu bisa merasakan kepuasan besar setelahnya. Jika sekali kamu terjun kegiatan kerelawanan, biasanya kamu akan mengikuti kegiatan kerelawanan lagi. Baik di bidang yang sama atau di bidang berbeda. Ketagihan!

4. Bersyukur

Menjadi relawan dibutuhkan dalam kegiatan sosial, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk membantu sesama, membangun, dan menciptakan suatu perubahan. Banyak hal yang tidak diduga yang bakal menyadarkan kamu kalau kamu harus lebih banyak lagi untuk bersyukur.

5. Memperluas Networking

Networking via http://www.edudemic.com

Kalau kamu pernah ikut kegiatan kerelawanan, kamu akan dipertemukan dengan orang-orang baru yang ada di luar wilayah tempat tinggal kamu. Nggak cuma berbeda wilayah aja, tapi bisa berbeda sekolah, pekerjaan, atau pengalaman. Kamu bisa berkenalan bahkan berteman dengan orang-orang hebat dan inspiratif.

6. Bahagia

Volunteer Allison Brown has been welcomed into her community in Jamaica. She’s pictured here with kids at her Jamaican school. via https://peacecorpswest.files.wordpress.com

Penelitian menemukan bahwa orang-orang yang suka terlibat dalam kegiatan sosial untuk membantu orang lain lebih bahagia hidupnya daripada rata-rata. (Rahasia Gadis)

Yuk ajak teman-temanmu untuk mengikuti kegiatan sosial bersama!