Pola hidup sehat ternyata berbanding lurus, lho dengan tolak ukur kebahagiaanmu. Ya, ini sangat benar. Salah satu hal yang sering dilupakan oleh kita dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya adalah bagaimana cara kita menjaga pola hidup sehat. Kondisi ini tentunya memengaruhi kesehatan fisik yang mungkin pada tahap awal tidak kita rasakan dampaknya dan akhirnya jelas akan mengganggu kebahagiaan kamu.

Kebiasaan buruk kadang sadar ataupun tidak sadar sudah menjadi hal yang biasa di kehidupan kita sehari-hari. Terutama 5 kebiasaan ini. Apakah salah satunya merupakan kebiasaanmu?

 

1. Makan sembarangan

Makan sembarangan via https://journal.20fit.co.id

Mengapa ini ada di nomor pertama? Karena ini merupakan hal yang sangat sulit untuk semua orang. Masalah yang sering kita alami di kehidupan sehari-hari adalah kita terlalu banyak makan kalori. Kebutuhan kalori kita dipenuhi secara berlebihan sehingga wajar jika banyak dari kita akhirnya menjadi gemuk. Kalori berlebih bisa didapatkan dari makan nasi dan gula putih secara berlebihan serta banyak makan gorengan dan mengonsumsi minuman bersoda dan manis. Kalau kita bisa mengurangi makanan dan minuman ini saja dari menu kita sehari-hari, maka pengurangan kalorinya sudah sangat nyata.

2. Kurang bergerak

Kurang bergerak via https://journal.20fit.co.id

Olahraga kadang menjadi barang langka untuk beberapa orang. Kesibukan yang tinggi membuat banyak orang tidak mampu melakukan olahraga rutin. Padahal dengan bertambahnya usia seseorang, metabolisme dalam tubuh pun akan menurun. Oleh sebab itu melakukan aktivitas fisik yang cukup setiap hari sangat diperlukan. Ingat juga kalau kesehatan fisik sangat memengaruhi kesehatan jiwamu.

3. Menggunakan obat terlarang

Advertisement

Menggunakan obat terlarang via https://journal.20fit.co.id

Banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan obat terlarang sekali-kali tidak masalah–yang penting tidak sering. Padahal, ketergantungan terhadap narkoba sangat tinggi dan pengaruh jangka panjangnya sangat buruk. Banyak pasien mengalami kecemasan berlebihan dan depresi karena riwayat penggunaan narkoba stimulan di masa lampau. Hal ini disebabkan karena narkoba memengaruhi bagian otak yang sama untuk pusat kecemasan dan pengaturan emosi manusia, yaitu di sistem monoamine.

Dan bagi tubuh Anda jelas ini sangat tidak baik. Lihat perubahan ini. Apakah Anda akan memilih sesuatu yang berbahaya bagi tubuh Anda?

4. Minum Alkohol

Minum alkohol via https://journal.20fit.co.id

Banyak ternyata di antara kita memandang alkohol sesuatu yang biasa. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bukan hal yang baik untuk kesehatan. Selain memperberat kerja hati, kesehatan jiwa orang yang mengalami ketergantungan alkohol akan terpengaruhi juga.

5. Kurang tidur

Banyak dari kita yang sering menyepelekan tidur. Ada yang hanya tidur 4-5 jam sehari, ada juga yang tidur terlalu larut sampai baru tidur setelah lewat tengah malam. Hal ini tentunya akan memengaruhi kesehatan fisik, baik langsung maupun tidak langsung. Selain kesehatan fisik, kurang tidur akan mempengaruhi kesehatan jiwa terutama berhubungan dengan konsentrasi, memori, dan kestabilan emosional.

Demikian 5 kebiasaan buruk yang harus Anda hindari demi terciptanya pola hidup yang sehat.