Hai! Apakah kamu mahasiswa baru? Bingung menyesuaikan jadwal kuliah, jadwal organisasi, dan jadwal nongkrong?

Menjadi mahasiswa baru adalah hal yang menyengankan, bukan? Pada fase ini kamu bakalan mengalami perubahan kehidupan yang signifikan. Pastinya kamu juga bakalan mengalami yang namanya “mencoba hal baru”. Seperti mulai bergabung di UKM-UKM tertentu, daftar di kepanitiaan, gabung dalam organisasi, dan masih banyak hal lain yang pastinya pengin kamu coba. Eitss! Di kampus itu adalah tempat dimana kamu bisa mengeksplor diri kamu sebesar-besarnya. So, jangan sia-siakan hidup kamu hanya dengan menjadi mahasiswa yang ‘kupu-kupu’ (kuliah pulang-kuliah pulang).

Tetapi, bagi sebagian mahasiswa perubahan ini adalah masalah tersendiri. Bagaimana tidak? Kamu harus bisa menyesuaikan diri antara jadwal kuliah dan jadwal kegiatan di luar kuliah. Kamu juga harus bisa mengatur waktu sebaik-baiknya, karena pada fase ini hidup kamu sudah ada di tangan kamu sendiri. Inget ya! Di kampus itu banyak godaan yang bikin kamu males-malesan kuliah.

Bagi kamu, yang pengin jadi aktivis dan tidak mengganggu jadwal kuliah, simak tips trik di bawah ini.

Apa aja sih yang harus dilakukan buat ngatur waktu sebaik-baiknya biar hidupmu nggak terus-terusan ngerasa dikejar deadline?

1. Buat Skala Prioritas

Contoh skala prioritas via http://google.com

Well, kamu pasti sering dengar soal skala prioritas. Ini adalah cara paling ampuh buat mengatur jalannya hidup kamu. Kamu harus bikin jadwal dari mulai kamu bangun tidur sampai tidur lagi. Sertakan waktu-waktu buat ngelakuin aktivitas kamu. Dengan begitu, kamu bakalan tahu hal penting apa saja yang harus dilakukan. Sehingga kamu bisa meminimalisir terjadinya jadwal-jadwal yang bentrok.

2. Jangan Malas-Malasan

Berhenti Malas via http://pexel.com

Jangan malas! Tempelkan tulisan itu di dinding kamar kamu. Tujuannya adalah agar kamu nggak malas-malesan. Kerjakan pekerjaan kamu saat ada waktu senggang, entah itu tugas kuliah, tugas dari organisasi, atau suatu pekerjaan yang timbul dari aktivitas lainnya. Biasanya mereka yang sering menunda pekerjaan adalah orang yang kesulitan memulai mengerjakan suatu hal.

Advertisement

Hindari penyelesaian dalam satu waktu jika kamu benar-benar tidak sanggup. Karena hal ini hanya akan menghambat kinerja otak kamu. Kamu bisa melanjutkan di waktu senggang berikutnya jika hal itu memungkinkan. Itulah gunanya membuat skala prioritas. Jadi, kamu juga tahu tanggal-tanggal deadline. Sehingga sebisa mungkin selesaikan pekerjaan kamu jauh-jauh hari sebelum deadline.

3. Hindari Nongkrong yang Berlebihan

Hindari nongkrong berlebihan via http://google.com

Eits! Godaan di kampus emang banyak banget. Apalagi kalau teman-teman kamu adalah tipe-tipe orang yang suka nongkrong. Eh bukan berarti kamu herus menghindari pertemanan dengan mereka. Ya, sekali-kali bolehlah ikut-ikutan hangout dan nongkrong bareng mereka. Tapi jangan terus-terusan, waktumu bisa terbuang sia-sia.

Kembali ke point pertama, kamu harus lihat jadwal yang udah kamu tulis di skala prioritas. Pilihlah waktu yang tepat buat nongkrong bareng teman-teman kamu.

4. Atur jadwal belajarmu di jauh-jauh hari sebelum ujian

Waktu ujian via http://google.com

Jangan pernah belajar dengan cara SKS (Sistem Kebut Semalam). Hal ini bakalan menyiksa otak kamu. Selain itu, materi kuliah itu banyak banget. Kamu nggak mungkin bisa memahami seluruh bab hanya dalam waktu satu malam. Belajar di jauh-jauh hari sebelum ujian. Kamu bisa check di skala prioritas kaapan kamu bisa menyempatkan diri untuk belajar.

5. Refreshing

Refreshing di pantai via http://google.com

Kamu ngejar jadwal kuliah, organisasi, dan aktivitas lainnya?

Bukan berarti kamu harus melupakan diri kamu, kan? Sayangi dirimu sendiri. Jangan biarkan otak kamu terus-terusan bekerja. Jadi, bagi kamu yang sering mengalami depresi sesaat, itu tandanya otak kamu butuh waktu buat refreshing. Jika semua pekerjaan telah terselesaikan, ini adalah waktu yang tepat buat membahagiakan otak kamu. Cobalah sekali-kali pergi ke tempat yang udaranya segar seperti di pegunungan, di pantai, atau di taman-taman bermain.

Selain itu, bernapas panjang juga merupakan hal yang tepat untuk meringankan beban kamu. Cobalah untuk meresapi di setiap kehidupan, dan syukuri semua yang telah terjadi. Oh ya satu lagi, merefresh otak juga bisa dilakukan dengan cara melakukan hobi kamu. Lakukan aktivitas-aktivitas kecil yang bisa membuatmu bahagia. Dengan begitu kamu akan merasa tidak tenggelam dengan kata “jenuh”.

Yeah, coba lakukan hal-hal di atas. Kamu akan ngerasa hidup kamu bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia. Kamu juga bakal ngerasa hidup tenang, tidak dikejar-kejar deadline. Selain itu, akan ada takaran yang seimbang antara kuliah, organisasi, dan melakukan hal lainnya yang kamu senangi. Semangat! Jangan biarkan waktu yang mengaturmu, tapi jadikan kamu yang mengatur waktu. Ingatlah, hal sukses bermula dari kedisiplinan dalam mengatur waktu.