Bagi sebagian orang, terutama kaum pria. Bekerja di malam hari bisa jadi pilihan karena dianggap menyenangkan. Selain bebas dari kemacetan lalu lintas yang dapat memicu stres, bekerja di shift malam memungkinkan kita melakukan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat di rumah atau di luar lingkungan rumah pada siang harinya.

Tapi jangan lupa, kesehatan jiwa dan raga juga tetap harus diperhatikan. Beban kerja bisa jadi pemicu berbagai macam penyakit karena pada dini hari, tingkat konsentrasi dan fokus seseorang pastinya menurun. Pastikan hal-hal berikut dilakukan demi menjaga kebugaran tubuh.

 

1. Pastikan tetap makan 3 kali sehari

Kerja malam hari, sering merasa lapar tanpa henti

Kerja malam hari, sering merasa lapar tanpa henti via http://leanitup.com

Pola makan para pekerja malam pastinya kurang teratur, namun pastikan makan minimal 3 kali sehari. Perlu diperhatikan juga, porsi makan di malam hari tidak perlu banyak. Yang terpenting adalah memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna.

Menyediakan camilan dan kopi sebagai teman kerja di malam hari juga baik, namun jangan berlebihan. Jauhi mie instan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi.

2. Tidur yang cukup, dan jangan ditunda-tunda

Tidur yang cukup, jangan lupa pasang Alarm

Tidur yang cukup, jangan lupa pasang Alarm via http://preapps.com

Ketika jam kerja malam selesai, lalu pulang. Sebaiknya langsung menuju kamar tidur untuk beristirahat, walau terkadang kita terbuai dengan acara-acara televisi di pagi hari. Sebaiknya segera istirahatkan mata, badan, serta pikiran anda dengan berbaring di kasur setelah lelah bekerja. 

3. Jangan makan besar sebelum tidur di pagi hari

Jangan makan yang besar-besar sebelum tidur ya!

Jangan makan yang besar-besar sebelum tidur ya! via http://whitefordsgiantburger.com

Ini juga penting, saat waktu tidur tiba di pagi hari, jangan sarapan terlebih dahulu. Pada saat tidur, kinerja usus dan organ pencernaan lainnya harus diistirahatkan juga. Usahakan makan beberapa jam sebelum tidur pagi. Misalnya, jadwal tidur adalah jam 06.00, sebaiknya makan pagi diganti pada jam 03.00. Kurang lebih sama dengan "makan sahur" di bulan Ramadhan bukan?

4. Jika mengantuk saat bekerja, manfaatkan jam istirahat untuk memejamkan mata sejenak

Tidur sebentar di shift malam (kecuali ada pertandingan Sepakbola yang wajib ditonton)

Tidur sebentar di shift malam (kecuali ada pertandingan Sepakbola yang wajib ditonton) via http://greathdgallery.com

Shift malam juga punya jam istirahat, lho! Jika mata lelah karena beban kerja yang banyak atau terlalu lama asyik duduk di depan komputer. Jam istirahat bisa dimanfaatkan untuk tidur sebentar, tapi jangan kebablasan ya! 

5. Tetap mengatur jadwal istirahat di waktu libur

Aduh! belum tidur tapi harus datang ke Kondangan nih!

Aduh! belum tidur tapi harus datang ke Kondangan nih! via http://ukrainebusiness.com.ua

Jika waktu libur tiba, bukan berarti mengabaikan waktu istirahat, tetap ikuti ritme seperti hari kerja dan lakukan kegiatan di waktu libur pada sore dan malam hari. Jika ingin melakukan perjalanan jauh ke luar kota untuk liburan atau urusan lainnya, pastikan istirahat dan makan yang cukup. Selain itu manfaatkan waktu libur untuk menyegarkan jasmani dan rohani.

6. Konsumsi vitamin atau suplemen makanan bila perlu

Vitamin dan suplemen makanan itu perlu, tapi jangan berlebihan

Vitamin dan suplemen makanan itu perlu, tapi jangan berlebihan via http://www.healthline.com

Vitamin dan suplemen makanan lain bisa jadi alternatif menjaga kebugaran tubuh, namun jangan terlalu sering karena bisa berdampak pada ketergantungan obat. Lebih baik perbanyak minum air putih, minum susu dan makan buah-buahan sebagai asupan vitamin dan nutrisi yang bisa melancarkan pencernaan dan menjaga daya tahan tubuh.

7. Sempatkan berolahraga di sore hari

Lari sore agar kondisi fisik tetap bugar

Lari sore agar kondisi fisik tetap bugar via http://toppixgallery.com

Bekerja di malam hari bukan berarti tidak bisa cari keringat! Sore hari adalah waktu yang tepat untuk olahraga. Bisa dengan bersepeda, jogging, skipping, atau bermain sepak bola. Jika cuaca kurang mendukung, kita bisa melakukan olahraga dalam ruangan seperti latihan di pusat kebugaran. Namun perlu diingat, olahraga outdoor lebih baik dari pada indoor.

 

***

Bagi kamu yang bekerja dengan jadwal shifting, mengatur jadwal istirahat penting bagi kondisi badan yang prima. Manusia pada umumnya butuh 8 jam sehari untuk tidur dan mengembalikan energi setelah seharian beraktifitas. Jika peralihan jadwal kerja pada malam hari menjadi pagi hari atau siang hari tiba, jangan lupa sesuaikan kembali waktu tidur kamu, kembali seperti semula sesuai dengan jadwal masuk kerja.

Selamat bekerja, keep focus and stay healthy!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya