Hai, para pengajar muda!

Sejatinya, mengajar adalah sesuatu yang mengasyikkan. Kita bisa menularkan ilmu dan bakat kita, kita bisa bermain dan bercengkrama dengan tingkah kepolosan anak-anak. Namun, ada kala kita dipusingkan dengan kenakalan anak didik kita yang menjengkelkan. Bahkan, terkadang membuat kita terpancing emosi. But, Take it easy guys !

Ini beberapa tips dari penulis yang bisa diaplikasikan untuk menghadapi kenakalan anak didikmu.

1. Peringatkan dengan sikap lemah lembut dan penuh kasih sayang

kelembutan adalah kuncinya via http://www.csagustin.net

Langkah ini adalah langkah awal untuk menghadapi kenakalan anak didikmu. Seringkali ada saja kenakalan-kenakalan yang dibuat oleh anak didik kita. Dari hal kecil seperti menjahili teman, saling ejek, dan yang lain. Peringatkanlah dengan lemah lembut. Gunakan kelembutan yang ada di lubuk hati kita yang terdalam. Ingat! yang kita hadapi adalah seorang manusia yang belum bisa membedakan hal baik dan hal buruk serta masih membutuhkan perhatian dan juga kasih sayang.

2. Ajarkan padanya sikap yang seharusnya dia lakukan

tunjukkan sikap yang benar via http://www.essaywriterhelp.com

Ajarkan dan tunjukkan padanya bagaimana sikap yang seharusnya dia lakukan. Semisal, contoh kasus saling ejek nama orangtua. Si A sering sekali menghina nama orangtua si B. Sampai-sampai si B ini menangis karena tidak tahan dengan ejekan dari si A. Ajarkan dan beritahu pada si A bahwa menghina nama orangtua bukanlah tindakan yang baik, bisa saja orangtua dari temannya ini tidak menerima dengan perlakuannya. Tunjukkan padanya bahwa orangtua adalah sosok yang harus dihormati, bukan untuk dihina.

3. Lakukan sikap tegas jika dia masih mengulangi kesalahan yang sama

sanksi tegas seorang murid via https://media2.wnyc.org

Advertisement

Memberi hukuman atau sanksi tegas terhadap kesalahan anak bukanlah hal yang sepenuhnya keliru. Namun, perlu banyak diperhatikan tentang batasan yang harus dijaga sehingga hukuman ini tidak melampaui batas. Hukuman juga merupakan salah satu bentuk edukasi represif yang bisa dilakukan untuk menanggulangi kenakalan murid di sekolah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya