Teruntuk para Perempuan yang Menjadi Tulang Punggung Keluarga, Kamu Adalah Sebenar-benarnya Perempuan Tangguh!

perempuan tulang punggung keluarga

Hidup memang terkadang tidak seperti yang kita harapkan, tidak semulus yang kita impikan. Apalagi di zaman yang serba sulit ini semua orang berjuang untuk bertahan hidup dengan bekerja. Dahulu, mencari nafkah merupakan kewajiban laki-laki, namun seiring berkembangnya zaman, peran perempuanpun diturut sertakan dalam berbagai bidang. Tak heran bila saat ini banyak pekerja yang rata-rata perempuan. Bahkan ada ibu yang bekerja walaupun suaminya sudah bekerja.

Tapi mungkin ada beberapa perempuan yang bekerja karena keadaan yang menuntutnya. Entah karena dia seorang single parent atau orang tua/suaminya di PHK atau telah meninggal dunia. Mereka terpaksa harus menjalani hidup yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Kamukah salah satunya?

Advertisement

1. Apa yang terjadi padamu saat ini memang bukan keinginanmu, tapi Tuhan memilihmu karena Dia percaya kamu bisa menghadapinya

Photo by Kaboompics .com from Pexels

Photo by Kaboompics .com from Pexels via https://www.pexels.com

Kehilangan seorang tulang punggung memang sangat menyedihkan, pasalnya tumpuan dan biaya hidup kamu selama ini bergantung padanya. Sepertinya kamu tidak pernah membayangkan bahwa ayahmu diberhentikan dari pekerjaannya atau meninggalkan kamu selamanya. Kalau kamu adalah anak perempuan sulung, pasti yang pertama kali ada di benakmu adalah bagaimana dan siapa yang nanti akan menanggung hidup ibu dan adik-adikmu.

Namun dibalik semua cobaan itu, kamu bisa mengambil sisi positif bahwa Tuhan enggan memberi cobaan kepada hambaNya yang lemah. Dia yakin kamu mampu. Itu tandanya bahwa kamu adalah sosok perempuan yang kuat!

Advertisement

2. Kamu terpaksa mengakhiri kuliahmu di tengah jalan demi memprioritaskan pendidikan adik-adikmu

Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Photo by Daria Shevtsova from Pexels via https://www.pexels.com

Di saat kamu sedang giat-giatnya kuliah, sedang senang-senangnya hang out bersama teman-teman, tiba-tiba kamu dikejutkan dengan berita bahwa ayahmu baru saja di PHK rasanya seperti awan seketika runtuh menimpamu. Impianmu untuk lulus kuliah menyandang gelar sarjana lenyap sudah.

Jangankan memikirkan untuk menyelesaikan kuliah, yang kamu pikirkan adalah bagaimana memenuhi kebutuhan keluarga dan pendidikan adik-adikmu sejak ayah di PHK. Kamu rela melepas impianmu demi mencari pekerjaan untuk bertahan hidup.

3. Kamu rela tidak nongkrong bareng teman, tidak beli baju baru sesuka kamu, dan tidak memiliki gadget keren demi menabung untuk biaya hidup

Photo by Startup Stock Photos from Pexels

Photo by Startup Stock Photos from Pexels via https://www.pexels.com

Masa remaja yang biasanya dihiasi dengan kesenangan, harus kamu hadapi dengan sebaliknya. Kalau teman-temanmu masih asik nongkrong di cafe, justru kamu harus lembur di kantor. Kalau teman-temanmu saat ini sudah memiliki gadget keren kamu terpaksa gigit jari karena harus menunda keinginanmu itu.

4. Berbagai peluang usaha sampinganpun kamu lakoni demi menambal kekurangan gajimu sebulan

Photo by LinkedIn Sales Navigator on Unsplash

Photo by LinkedIn Sales Navigator on Unsplash via https://unsplash.com

Buat kamu seorang ibu single parent, pasti kamu akan melakukan apapun demi anakmu. Kebahagiaan anakmu adalah segala-galanya. Kamu rela kerja seharian. Namun terkadang penghasilanmu tak mencukupi untuk keperluan kamu dan sang buah hati.

Alhasil kamu mencoba peruntungan lain misalnya dagang baju, dagang kosmetik, atau apapun yang bisa menghasilkan uang.

5. Namun di balik semua cobaan yang kamu lalui, kamu harus yakin bahwa Tuhan tidak memberi cobaan diluar kapabilitas hamba-Nya

Photo by KAL VISUALS on Unsplash

Photo by KAL VISUALS on Unsplash via https://unsplash.com

Perlahan ujian tersebut melatihmu menjadi perempuan yang semakin dewasa, semakin mengerti makna hidup. Hidup ini memang tak mudah, namun jika tidak kita hadapi dengan gagah maka akan semakin susah. Percayalah, Tuhan sangat sayang padamu wahai perempuan yamg menjadi tulang punggung. Karena kamu adalah perempuan luar biasa yang dipilih olehNya.

Keep going strong, girls! 😉

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Masih berusaha untuk menulis ditengah kesibukan mengurus anak

Editor

une femme libre

CLOSE