Kita setuju pastinya jika pohon memiliki banyak manfaat di kehidupan kita. Mulai dari ujung akar sampai ke ujung dahan. Oleh karena itu, melestarikan pohon sangatlah penting. Hal itu bisa di mulai dengan menanam pohon. Menanam pohon bukan berarti kita harus menanam pohon dari ukuran besar tetapi bisa dimulai dari tunas terlebih dahulu, karena dari gerakan kecil kita akan memperoleh manfaat yang besar. Berikut ini adalah manfaat dari menanam pohon dan manfaat pohon itu sendiri.

1. Pohon adalah penghasil oksigen bagi mahkluk hidup

menghasilkan oksigen

menghasilkan oksigen via https://www.pexels.com

Fungsi utama dari pohon adalah untuk menghasilkan oksigen untuk membantu melancarkan pernafasan pada manusia. Kamu pernah kan kalau lagi jalan kaki dan cuacanya sedang terik, terus kamu berteduh di bawah pohon untuk sementara. Ketika kita berteduh di bawah pohon kamu akan merasa sejuk, hal itu disebabkann dari oksigen yang dikeluarkan oleh pohon tersebut.

2. Dia juga bisa menyerap karbondioksida

menyerap karbondioksida

menyerap karbondioksida via https://www.pexels.com

Advertisement

Manfaat pohon yang selanjutnya adalah menyerap karbondioksida (CO2) yang dikeluarkan oleh manusia. Kalau pohon mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida dan manusia sebaliknya menghirup oksegen dan mengeluarkan karbondioksida. Jadi pohon sangat berpengaruh sekali untuk kehidupan kita.

Sekitar 96 batang pohon bisa menyerap karbondioksida yang dihasilkan oleh satu orang dalam satu tahun. Selain itu, pohon berfungsi meynyerap gas polutan dan bau yang kita tidak sukai, serta bisa menyaring potikular dari udara menggunakan kulit dan daun pohon.

3. Tempat berlindung sekaligus rumah bagi hewan-hewan

Photo by Markus Bürkle from Pexels

Photo by Markus Bürkle from Pexels via https://www.pexels.com

Pohon yang ada di hutan ataupun yang ada di dekat kita sangat berguna untuk kelangsungan hidup hewan-hewan, biasanya mereka menjadikan pohon untuk sarang mereka. Apabila hutan sering digunduli, jangan heran jika hewan-hewan liar masuk ke pemukiman. Hal itu karena hewan liar secara perlahan mulai kehilangan hutan yang menjadi tempat tinggal mereka.

Advertisement

Jadi, dari pohon yang kita tanam secara perlahan, kamu menyelamatkan tempat tinggal hewan dalam mengembalikan ekosistem hewan yang tinggal di sekitar lingkungan kita.

4. Menjadi sumber makanan untuk makhluk hidup

sumber makanan

sumber makanan via https://www.pexels.com

Pohon yang berpotensi sebagai makanan untuk kita tanam dapat tumbuh dengan baik di hutan dan juga di pekarangan rumah kita. Apabila kita melempar biji buah secara tidak sadar biji itu akan tumbuh dan berkembang.

Hal tersebut membuktikan bahwa tanaman atau pohon dapat kita tanam di sekitar rumah kita dan sekaligus bisa kita manfaatkan untuk sumber makanan kita. Dari hasil pohon tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan hidup sehari hari, baik itu sebagai sumber konsumsi keluarga ataupun sumber ekonomi dengan cara menjualnya. Cara budidaya buah dan sayur bisa kamu lakukan. Karena budidaya buah dan sayur bisa kita lakukan untuk menambah ekonami kita.

5. Memperindah lingkungan sekitar kita

Photo by Tranmautritam from Pexels

Photo by Tranmautritam from Pexels via https://www.pexels.com

Bayangkan apabila lingkungan di sekitar rumah kamu hanya terdiri dari tanah yang berwarna coklat tanpa ada tumbuhan? Pasti terlihat membosankan dan membuat kita tidak betah. Tetapi jika ada banyak tumbuhan dan pohon di sekitar rumah kamu akan membuat kamu lebih tenang tinggal di tempat itu karena melihat pemandangan yang asri dan indah.

Hal itu membuat masyarakat yang tinggal di kota pada saat liburan datang berbondong bondong pergi ke tempat pegunungan atau tempat yang memiliki tanaman yang indah untuk sekedar refreshing, dengan melihat tumbuhan dan menghirup udara yang segar yang dihasilkan oleh tumbuhan.

Selain itu, pohon yang kita tanam bisa menjadi tempat menyimpan air, karena pada saat hujan turun pasti akan masuk ke dalam tanah dan diserap oleh akar pohon. Apabila tidak ada pohon yang berfungsi untuk tempat penyimpanan air maka air tersebut akan terbuang begitu saja entah itu ke sungai maupun kelaut, hal itu menyebabkan makhluk hidup yang ada disekitarnya kekurangan sumber air.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya